Home » Kongkow » Inspiratif » Inilah Tokoh Inspirasi Startup Indonesia yang Sukses Hingga Ranah Internasional

Inilah Tokoh Inspirasi Startup Indonesia yang Sukses Hingga Ranah Internasional

- Jumat, 30 Agustus 2019 | 09:32 WIB
Inilah Tokoh Inspirasi Startup Indonesia yang Sukses Hingga Ranah Internasional

tokoh inspirasi startup

foto: finansialku

Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis startup ini sangat diincar banyak anak muda. Apa sih sebenarnya startup? Buat kamu yang masih asing dengan istilah ini, startup adalah perusahaan yang baru dirintis namun punya potensi untuk berkembang secara cepat serta mampu memenuhi kebutuhan pasar. Misalnya saja bisnis tentang inovasi jasa, produk, atau platform. Kesempatan sukses di bisnis startup ini sangat besar jika kamu mampu membaca kebutuhan pasar saat ini dan dipadu dengan kreativitas. Apalagi sekarang ini teknologi sudah berkembang sangat pesat sehingga kamu bisa memanfaatkannya. Sampai saat ini, sudah ada deretan tokoh inspirasi startup sukses asal Indonesia yang telah melebarkan sayapnya hingga ranah Internasional. Penasaran siapa saha? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut.

Tokoh Inspirasi Startup yang Sukses dalam Skala Internasional

Gojek

foto: orisinal

Siapa yang tak kenal aplikasi smartphone satu ini. Ya, perusahaan Gojek yang didirikan oleh  Nadiem Makarim ini telah sukses besar dan membawa dampak positif pada kehidupan sehari-hari. Bagaiamana tidak, aplikasi ini menawarkan berbagai fasilitas seperti Go-send, Go-clean, Go-box, Go-food, dan masih banyak lagi. Bermula dari layanan Go-ride, perusahaan ini menyediakan fitur berupa ojek daring yang bisa dipesan kapan saja dan dimana saja hanya dengan satu sentuhan dilayar handphone-mu. Tentu untuk menikmati fasilitas tersebut kamu harus download aplikasinya terlebih dulu di Google Play Store dan buat akun pribadimu. Saking suksesnya, bisnis ini dijuluki Unicorn Startup dan bernilai jual paling tidak $1 milyar lho. Tinggi sekali, bukan? Gojek juga pernah mendapatkan suntikan dana dari sebuah konsorsium internasional sejumlah US$550 juta untuk pengembangannya. Berbagai penghargaan juga telah diperoleh seperti ASEAN Entrepreneur Award dari World Knowledge Forum di Korea Selatan. Wah, hebat sekali ya?

Traveloka

foto: alona

Salah satu startup sukses Indonesia yang lain adalah Traveloka. Siapa sih yang tidak kenal dengan slogan “Traveloka dulu” ini? Perusahaan yang baru berdiri tahun 2012 tersebut nyatanya menjadi salah satu aplikasi pemesanan tiket transportasi pesawat, kereta api, sampai hotel yang banyak dinikmati masyarakat Indonesia. Hal itu karena penawaran jasanya yang cukup mudah dan tidak perlu antri lama. Kamu hanya perlu download aplikasinya dan daftar akun pribadimu. Karena kesuksesan yang diperolehnya, perusahaan yang didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang ini berhasil menerima suntikan dana investor asing. Total investasinya pun mencapai US$500 juta atau setara dengan Rp 6,75 triliun, lho. Tak hanya di Indonesia, kamu juga bisa menikmati fasilitas Traveloka di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Tokopedia

foto: invebis

Salah satu e-commerce atau situs belanja online Tokopedia ini menjadi startup Indonesia yang sukses dan laris sejak pertama kali diluncurkan 2009 silam. Karena kesuksesannya tersebut, perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison tersebut memperoleh investasi dari perusahaan internasional.

Nah, itu dia beberapa tokoh inspirasi startup sukses dari Indonesia yang telah memperoleh nama di dunia internasional. Ingin menjadi salah satu dari mereka di waktu mendatang? Yuk, mulai berkreasi dari hal-hal kecil yang kamu minati!

Cari Artikel Lainnya