999 +
0
18
0
Format Penyusunan dan Contoh Cover Makalah yang Benar
3 weeks 'ago'

Format Penyusunan dan Contoh Cover Makalah yang Benar

Dalam sebuah karya ilmiah pastinya harus ada cover atau sampul yang berada pada bagian terdepan dari karya ilmiah tersebut. Pastinya sebagai pelajar tentu tidak lepas dari tugas yang diberikan guru atau dosen, entah tugas tulis atau tugas membuat makalah. Tentunya anda memerlukan contoh cover makalah yang benar agar dapat menunjang kesempurnaan makalah. Cover ini dijadikan bagian yang wajib ada dan tidak boleh terlewatkan saat membuat makalah. Untuk anda yang sedang mencari contoh cover makalah Bahasa Inggris pun ada, contoh cover makalah tulis tangan juga ada, anda bisa melihatnya pada artikel ini. Namun sebelum melihat contoh cover makalah yang benar, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu beberapa poin dalam penyusunan cover makalah.

Format membuat cover makalah

Menyusun makalah itu juga tidak sembarangan, ada beberapa poin yang harus anda perhatikan dalam penyusunan cover makalah, ada 6 point sebagai berikut :

1. Judul makalah / proposal

Membuat cover makalah yang harus pertama diperhatikan adalah judul. Judul diletakkan pada tengah cover. Serta perhatikan pada judul yang hendak anda tulis, karena judul akan memberikan informasi secara singkat mengenai isi makalah yang anda buat. Jadi pertama buatlah judul yang menarik terlebih dahulu sehingga jelas dan dapat dengan mudah untuk dipahami. Gunakan huruf yang benar pada judul, seperti menggunakan font standart bisa arial, times new roman atau calibri. Dan jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital. Kemudian juga diberi cetak tebal atau Bold serta peletakan judul anda taruh pada bagian tengah atas cover makalah.

2. Tujuan makalah / proposal 

Selanjutnya tujuan makalah, nah tujuan makalah ini harus diletakkan setelah judul atau pada bagian sub judul. Gunakan huruf yang lebih kecil dari pada huruf judul. Misalkan anda tadi pada judul menggunakan huruf ukuran font 14. Maka pada penulisan tujuan makalah anda bisa gunakan ukuran huruf 12 dengan huruf kapital juga. Contoh dalam penulisan tujuan makalah sebagai berikut "Makalah ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Sekolah SMA Malang" seperti ini pembuatan tujuan makalah tersebut.

3. Logo atau gambar makalah

Pada ketiga ini yaitu menambahkan gambar atau logo. Letakkan pada posisi tengah cover sampul, dengan ukuran panjang dan lebar kalau bisa sama. Tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar dalam pemberian logo pada sampul makalah. Pada contoh cover makalah, gambar adalah bagian yang paling mencolok. Jadi jangan salah dalam memilih ukuran dan warna yang digunakan pada logo harus sesuai dengan makalah. Pada umumnya penggunaan logo makalah sudah menggunakan logo sekolah masing-masing.

4. Data penulisan penyusunan makalah

Untuk langkah ke 4 adalah informasi dalam penulisan dan penyusunan sebuah makalah. Informasi ini juga harus sesuai dengan proses pembuatan makalah itu sendiri. Jika dalam pembuatannya lingkup kelompok, maka tulis siapa saja anggota-anggota yang bersangkutan dalam menyusun makalah tersebut. Dalam sebuah makalah sebagai syarat dalam pembuatan makalah, maka penulisan penyusun juga berfungsi sebagai menjaga makalah tersebut agar tidak diklaim pembuatan oleh orang lain.

5. Nama fakultas/sekolah dan jurusan 

Anda harus bisa menulis tentang keterangan, mulai dari nama fakultas/sekolah dan jurusan yang sedang dijalani pada saat ini, anda bisa menulisnya pada bagian bawah cover makalah. Gunakan huruf kapital sama halnya ketika menulis judul makalah. Dan jika anda sedang kuliah di sebuah Universitas maka pada bagian ini juga anda harus menuliskan berdasarkan dengan jurusan yang dimiliki. Dan seandainya penulis masih SMP atau SMA juga sama untuk mencantumkan nama sekolah

6. Tahun pembuatan 

Pada langkah terakhir ini anda harus mencantumkan tahun pembuatan makalah. Data ini harus ditulis kapan pembuatan dan kapan diselesaikan. Kenapa harus diberi data tahun pembuatan? Untuk memudahkan pembaca tahu kapan makalah tersebut dibuat.

Contoh cover makalah

Setelah langkah-langkah diatas sudah anda ketahui, maka tentunya anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas dalam membuat cover makalah. Tetapi jika kamu masih kesulitan, maka beberapa contoh cover makalah ini akan membantu menyelesaikan masalah cover makalah anda.

1. Contoh cover makalah mahasiswa


Image from : romadecade.org

2. Contoh cover makalah SMA


Image from : romadecade.org

3. Contoh cover makalah SMP


Image from : romadecade.org

4. Contoh cover makalah kelompok


Image from : romadecade.org

5. Contoh cover makalah individu


Image from : romadecade.org

6. Contoh cover makalah Bahasa Inggris


Image from : romadecade.org

Nah itulah beberapa contoh cover makalah yang bisa diperuntukkan untuk kelompok, atau individu. Jadi Anda tak perlu khawatir dan kebingungan lagi membuat cover makalah.

Follow Us On :
Ranking
1
jalil
20
Lencana
Kongkow