Home » Kongkow » Kesehatan » 9 MANFAAT JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN | PLUS CARA PINTAR MENIKMATINYA

9 MANFAAT JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN | PLUS CARA PINTAR MENIKMATINYA

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:20 WIB
9 MANFAAT JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN | PLUS CARA PINTAR MENIKMATINYA

manfaat jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Di balik rasanya yang menyegarkan, ternyata tersimpan kebaikan-kebaikan yang bermanfaat bagi tubuh. Sudah tahu apa saja manfaat jambu biji bagi kesehatan? Jambu biji mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan jambu biji yang cukup tinggi meliputi

  • vitamin A,
  • vitamin C,
  • asam folat,
  • vitamin B6,
  • vitamin B3,
  • kalium,
  • mangan,
  • magnesium, dan
  • tembaga.

Selain itu, rupanya kandungan vitamin C pada jambu biji malah lebih besar daripada yang terkandung dalam buah jeruk. Mau tahu manfaatnya untuk kesehatan? Langsung disimak saja ulasan lengkapnya!

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada 1 buah jambu biji memenuhi kurang lebih 12% dari kebutuhan serat harian. Selain itu, efek antimikroba yang terkandung di dalamnya pun bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Maka dari itu, tidak aneh jika buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat jambu biji

Seiring bertambahnya umur, kemampuan melihat manusia akan terus menurun. Namun, dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin A dan C, kamu bisa menjaga agar kemampuan melihatmu tetap setajam biasanya. Mengonsumsinya secara rutin pun akan membuatmu terhindar dari katarak serta degenerasi makula.

3. Meredakan Batuk dan Flu

Manfaat jambu batu yang kedua adalah untuk meredakan penyakit sejuta umat seperti flu dan batuk. Cukup makan daun jambu biji dengan mentah atau buat buahnya menjadi jus. Racikan “ramuan” ini bisa mengurangi pembentukan lendir dan membuat saluran pernapasan bebas infeksi.

4. Mencegah Sembelit

manfaat jambu biji

Karena buah yang satu ini menyumbang banyak sekali kebutuhan serat yang direkomendasikan. Perlu kamu tahu, kandungan dari jambu batu sangat efektif untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain itu, bijinya pun sangat efektif untuk membersihkan sistem pembuangan, yakni usus.

5. Mengatasi Gejala Diabetes

Karena kandungan seratnya yang tinggi, jambu batu juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula merah. Pasalnya, serat yang kita konsumsi tidak akan diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan terjadi kenaikan gula darah. Selain itu, serat juga memberikan efek kenyang yang lebih lama, sangat cocok untuk penderita diabetes yang pantang gula.

6. Meningkatkan Trombosit

manfaat jambu biji

Para penderita demam berdarah biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi jus jambu batu karena bisa meningkatkan kadar trombosit. Selain buahnya, ternyata daun dari jambu biji juga bisa digunakan untuk tujuan serupa.

7. Menambah Imunitas Tubuh

Jambu adalah buah yang mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk memelihara imunitas tubuh. Penyakit ringan biasanya bisa dihindari dengan cara mengonsumsi vitamin C saja. Selain itu, mengonsumsi vitamin C sangat penting karena vitamin ini tidak akan tersimpan dan menumpuk di dalam tubuh.

Cara Menikmati Jambu Biji

Banyak sekali cara yang bisa kamu coba untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Pertama, kamu bisa langsung saja memakannya. Selain itu, kamu juga bisa membuat jus dari dagingnya yang tentunya rasanya sangat menyegarkan. Namun, kamu harus mengonsumsi jusnya tanpa menambah gula untuk mendapatkan khasiat terbaiknya.

manfaat jambu biji

Jika dirasa tidak sesuai selera, kamu bisa menambah madu sebagai pemanis tambahan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat daun jambu biji dengan cara meminum rebusan daunnya. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa membeli ekstrak dalam bentuk kapsul yang sudah banyak tersedia di toko terdekat.

Itulah beberapa manfaat jambu biji yang harus kamu ketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat, 

Cari Artikel Lainnya