Home » Kongkow » WOW » 10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Burung Bangau Untuk Anda Ketahui

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Burung Bangau Untuk Anda Ketahui

- Rabu, 07 Agustus 2019 | 11:49 WIB
10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Burung Bangau Untuk Anda Ketahui

Burung Bangau masuk dalam famili Ciconiidae. Burung ini memiliki karakteristik fisik badan besar, kaki dan leher yang panjang, serta memiliki parruh tebal dan kuat. Sayap burung bangau dapat direntangkan dengan lebar. Habitat burung Bangau adalah daerah yang beriklim hangat. Makanan burung Bangau biasanya ikan-ikan kecil serangga, burung kecil, cacing, dan katak. Bangau memiliki sarang yang cukup besar dan lebar dengan diameter sektar dua metrer. Sarang yang dibangun bangau tersebut akan dimanfaatkan hingga beberapa lama, bahkan tahunan. Bangau juga dikenal sebagai hewan yang setia dengan pasangannya, sehingga sering dijadikan sebagai simbol kebahagiaan di beberapa negara Berikut ini 10 fakta unik dan menarik tentang burung Bangau untuk Anda ketahui, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bangau terbang dengan menerapkan prinsip aerodinamis

Burung bangau saat terbang akan menerapkan prinsip aerodinamis. Burung Bangau menjulurkan kepalanya ke arah depan dan kakinya didorong ke belakang. Teknik terbang melayang ini digunakan burung Bangau untuk menghemat energi.

2. Polandia menjadi negara tuan rumah bagi Bangau

Polandia adalah negara yang menampung sekitar 25 persen jenis bangau di dunia. Masyarakat Polandia juga sangat mencintai burung tersebut, sehingga Bangau dapat hidup dengan baik. Kecintaan terhadap burung Bangau ini dapat dilihat dari penggunaan lambang negara Polandia yang berbentuk angsa.

3. Kawanan Bangau memiliki kebiasan terbang unik

Kawanan burung Bangau memiliki kebiasaan terbang unik, yaitu dengan membentuk formasi V. Formasi ini menempatkan dua burung di barisan paling depan dan satu  burung dibarisan paling belakang. Berdasarkan penelitian terbukti bahwa formasi tersebut dapat menghemat tenaga hingga 71 persen energi, sehingga kawanan burung Bangau dapat terbang lebih jauh lagi.

4. Burung Bangau sering dijadikan model origami di Jepang

Bagi penduduk Jepang, burung Bangau memiliki arti filosofi mendalam. Burung ini sering dijadikan sebagai model dalam seni melipat kertas di Jepang (origami). Hasil dari origami tersebut kemudian digunakan untuk keperluan dekorasi rumah, seperti kamar tidur, ruang tamu, dan bahkan jendela. Penduduk Jepang percaya jika kita mampu menyusun seribu origami pada jendela rumah, maka cita-cita kita akan tercapai.

5. Tongtong adalah jenis Bangau yang paling terancam punah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Bangau Tongtong adalah jenis burung yang paling terancam punah. Hal ini disebabkan Bangau Tongtong memiliki jumlah paling sedikit dibandingkan jenis bangau lainnya.

6. Paruh Bangau dapat menyaring makanan berukuran kecil

Bangau memiliki paruh yang mampu menyaring makanan berukuran kecil sekali pun, sehingga tidak ada makanan yang terlewatkan.

Cara makan berbeda ini dikarenakan bentuk paruh burung Bangau yang unik, dimana ada semacam kelokan di tengah paruh untuk memudahkan menyaring makanan kecil di dalam air.

7. Bangau mampu berdiri lama dengan satu kaki

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang relatif besar, ternyata bangau mampu berdiri di atas satu kaki dalam waktu yang lama.

Selain untuk mengurangi rasa dingin akibat kaki yang terendam air, teknik berdiri dengan satu kaki ini juga berguna untuk menyembunyikan kaki Bangau, sehingga ikan-ikan yang lengah akan mudah untuk ditangkap.

8. Induk Bangau tidak pernah memberi makan ikan anaknya

Pada saat anaknya masih kecil, induk Bangau tidak akan memberikan makanan anaknya dengan ikan. Hal ini disadari oleh induk Bangau, karena jika hal itu dilakukan maka anaknya akan mengalami kesulitan dalam mencerna tulang ikan yang keras.

Untuk makanan anaknya, induk Bangau menyiapkan makanan berbentuk susu dari proses metabolisme tubuhnya.

9. Burung Bangau senang bermigrasi

Burung Bangau dikenal senang melakukan migrasi dalam jarak jauh dan waktu yang lama. Salah satu alasan migrasi tersebut adalah untuk menemukan tempat dengan suhu yang ideal, karena suhu yang ekstrim akan berakibat buruk pada kesehatannya. Pada zaman dahulu dimana manusia belum menemukan alat untuk mengukur suhu, mereka akan menggunakan kedatangan burung angsa sebagai  tanda bahwa musim panas sebentar lagi tiba, karena bangau selalu mencari tempat yang hangat.

10. Saat musim kawin tiba, betina Bangau akan menari indah

Pada saat musim kawin tiba, maka semua Bangau betina akan melakukan atraksi berupa tarian indah untuk merebut hati Bangau Jantan. Setelah semua mendapatkan pasangan, maka proses kawin dilakukan. Selanjutnya, Bangau betina akan pergi ke tempat yang cocok untuk  bertelur dan mengumpulkan ranting-ranting untuk membuat sarang yang nyaman bagi calon anak mereka.

Demikian 10 fakta unik dan menarik tentang burung Bangau untuk Anda ketahui. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya