Home » Kongkow » Kesehatan » 15 Manfaat Kulit Kentang Rebus Yang Tinggi Serat

15 Manfaat Kulit Kentang Rebus Yang Tinggi Serat

- Senin, 05 Agustus 2019 | 11:50 WIB
15 Manfaat Kulit Kentang Rebus Yang Tinggi Serat

Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah mengupas kentang sebelum diolah menjadi bahan makanan. Hal ini dikarenakan memang kentang yang biasanya dijual di pasar tradisional kulitnya sangat kotor dan penuh dengan tanah sehingga cara praktis untuk memprosesnya untuk mendapatkan manfaat kentang bagi kesehatan secara optimal adalah dengan mengupasnya. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak sekali manfaat kulit kentang untuk kesehatan?

Apa Itu Kentang?

Kentang di Eropa merupakan makanan pokok sementara di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok sering menjadikan kentang sebagai alternatif makanan pokok ataupun justru digunakan sebagai tambahan lauk untuk dikonsumsi bersama nasi. Dari segi takaran gizi mengkonsumsi nasi dan kentang berarti mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar tapi sudah lumrah menemukan kentang dalam sup sayuran yang dikonsumsi Bersama nasi. Manfaat Kulit Kentang Rebus

Orang Indonesia tahu betul manfaat makan kentang rebus juga biasanya dikonsumsi bersama somai, batagor, gado-gado dan masih banyak lagi makanan khas Indonesia lainnya yang juga menggunakan kentang rebus. Namun kebanyakan memang semuanya dijasikan dengan kentang yang sudah dikupas kulitnya. Tahukah Anda bahwa di luar negeri sangat lumrah menemukan kentang dimasak langsung dengan kulitnya karena memang banyak sekali kandungan manfaat kulit kentang bagi kesehatan.

  1. Tinggi Kandungan Serat

Ternyata tanpa Anda sadari ketika mengupas kulit kentang, Anda sudah membuang sumber serat yang sangat tinggi di kentang yang tidak bisa didapat dibagian manapun.

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Karena tinggi serat, manfaat serat untuk kesehatan tubuh yang paling utama adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat tidak dapat diserap oleh tubuh tapi memiliki fungsi penting yaitu mengikat zat sisa yang terdapat dalam sistem pencernaan untuk kemudian dibawa keluar untuk dibuang.

  1. Dapat Membantu Mengurangi Berat Badan

Salah satu fungsi serat lainnya adalah untuk mengurangi berat badan. Serat akan mengikat lemak berlebih yang tidak dibutuhkan oleh tubuh untuk kemudian dikeluarkan dari sistem metabolisme.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika tubuh bebas lemak berlebih maka jantung dapat bekerja secara optimal. Selain itu beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat senyawa mineral yang dapat memperlancar peredaran darah yang terdapat pada kulit kentang.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Tidak disangka ternyata kulit kentang juga kaya akan manfaat vitamin C. Fungsi vitamin C sendiri sangat bermacam-macam dan krusial dalam sistem metabolisme manusia.

  1. Mengoptimalkan Penyerapan Nutrisi

Salah satu fungsi utama vitamin C untuk sistem metabolisme adalah mengoptimalkan penyerapan nutrisi dengan begitu semua nutrisi yang terdapat dalam makanan akan diserap secara optimal.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Jangan remehkan kulit kentang untuk kesehatan kulit. Jika Anda tidak ingin mengkonsumsinya, kulit kentang juga bisa digunakan sebagai masker untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Mengapa kulit kentang baik untuk kesehatan kulit karena selain kaya kandungan vitamin C, kulit kentang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

  1. Dapat Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Apakah Anda memiliki masalah dengan mata panda setiap hari padahal Anda sudah merasa tidur dengan cukup? Jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan sembab di mata Anda dengan menggunakan kulit kentang.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik tapi ternyata kulit kentang juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

  1. Mengatasi Hipertensi

Kandungan mineral yang terdapat pada kulit kentang juga dapat mengatasi hipertensi atau darah tinggi. Itu artinya, hanya dengan mengkonsumsi kentang sekaligus kulitnya Anda dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Menurunkan Stress

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit kentang juga mengandung senyawa yang menenangkan. Itu artinya mengkonsumsi kulit kentang juga dapat membantu menurunkan kadar stress.

  1. Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes harus membatasi konsumsi karbohidrat dan kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat. Mengkonsumsi kentang dengan kulitnya justru disarankan untuk penderita diabetes karena kandungan serat, vitamin dan mineralnya dapat menetralisir karbohidrat berlebih yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Karena tinggi kandungan dan manfaat antioksidan serta vitamin C-nya maka dapat disimpulkan ternyata kulit kentang juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dan membuat Anda tidak mudah jatuh sakit.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Beberapa orang juga sering menggunakan kulit kentang untuk mengatasi nyeri otot karena ternyata kulit kentang mengandung kandungan anti inflamasi yang cukup paten.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa banyak sekali manafat kulit kentang rebus bagi kesehatan terutama bagi Anda yang mengkonsumsi karbohidrat berlebih, kandungan serat pada kulit kentang sangat baik untuk menetralisirnya. Namun perlu diingat bahwa jika ingin mengkonsumi kulit kentang sebaiknya pastikan bahwa kulit kentang sudah benar-benar bersih karena jika tidak bersih justru dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang disebabkan oleh cacing, bakteri bahkan virus yang masih menempel di kulit kentang.

Cari Artikel Lainnya