999 +
0
42
0
Sering Dibuang, Bagian dari Buah dan Sayur Ini Punya Manfaat Tersembunyi buat Tubuh!
4 months 'ago'

Apakah kamu jadi salah satu pecinta sayur dan buah-buahan? Kalau iya, mungkin tanpa kamu sadari kamu pernah atau selalu membuang beberapa bagian dari sayur dan buah tanpa pikir panjang. Alasannya sesederhana tidak berguna atau dan enak untuk dimakan.

Ternyata, beberapa bagian yang seringkali dinilai tidak berguna itu memiliki banyak sekali manfaat yang jarang bahkan tidak pernah diketahui sebelumnya. Maka dari itu, bagian tersebut jangan dibuang lagi ya setelah mencerna informasi ini. Lantas, bagian dari sayur dan buah apa saja yang sering dianggap tidak berguna namun nyatanya memiliki beragam manfaat untuk tubuh?

1. Biji labu kuning yang dapat menurunkan kolesterol

pexels.com

Apakah kamu salah satunya yang suka mengonsumsi labu kuning? Pernah kepikiran untuk mengolah biji labu kuning itu menjadi sebuah masakan? Sebagian besar orang akan membuang biji labu kuning karena dinilai tidak berguna lagi. Namun sebagian orang justru gemar mengonsumsi makanan dari biji labu kuning ini.

Rasanya yang manis membuat sebagian orang mengolah biji labu kuning ini sebagai campuran kolak. Selain enak, biji labu ini memiliki manfaat untuk tubuh di antaranya adalah magnesium, zat besi, protein dan fitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Batang brokoli yang kaya akan vitamin dan nutrisi

pexels.com

Tekstur batang brokoli yang keras biasanya membuat orang berpikir untuk membuangnya saja daripada mengolahnya menjadi makanan. Namun, batang brokoli ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu jika kamu ignin mengonsumsi bagian batang brokoli. Ini karena kekhawatiran memiliki senyawa yang tidak cocok di masing tubuh orang.

3. Kulit semangka bisa mengurangi nyeri otot

pexels.com

Kalau yang satu ini mungkin sudah banyak orang yang sadar.Keajaiban semangka nggak cuma terletak pada daging buah dan bijinya, tapi juga pada kulitnya. Walaupun mungkin kurang enak untuk dikonsumsi, tapi kulit semangka ini memiliki kandungan asam amino. Asam ini mampu menurunkan kadar nitrogen dalam darah dan mengurangi rasa nyeri pada otot.

4. Daun lobak kaya akan vitamin, zat besi, kalium dan serat

pexels.com

Kamu harus mencoba varian masakan baru dengan bahan daun lobak. Pasalnya daun lobak ini memiliki kandungan vitamin A, K, zat besi, kalium dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sama seperti memasak sayur pada umumnya, jangan masak sayur daun lobak terlalu lama kalau nggak mau kandungan vitamin dan mineralnya hilang.

5. Kulit kentang kaya akan vitamin, kalsium, kalium dan zat besi

pexels.com

Kulit kentang memang memiliki kandungan vitamin, mineral dan zat besi. Meskipun begitu, ternyata masih banyak dari kita yang kerap kali mengolah kentang dengan membuang kulitnya dan mengambil dagingnya saja. Padahal beberapa restoran besar justru senang menghidangkan kentang beserta kulitnya.

6. Kulit apel bermanfaat untuk menjaga otak dan paru-paru

pexels.com

Ada baiknya memakan apel sama kulitnya, tidak hanya dagingnya. Kulit apel ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, kulit apel mengandung antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan paru-paru dan otak.

Selain itu, kulit apel juga memiliki kandungan vitamin dan serat tinggi. Sebelum mengkonsumsi apel beserta kulitnya, ada baiknya kamu mencuci bersih apel tersebut. Bisa jadi buah tersebut pernah terpapar zat kimia, pengawet bahkan lapisan lilin untuk melapisi kulitnya.

7. Kulit sitrus dapat mencegah penyakit jantung

pexels.com

Kulit dari buah sitrus juga termasuk dalam daftar ini. Buah yang masih satu keluarga dengan lemon dan jeruk ini agaknya juga memiliki manfaat luar biasa yang terletak pada kulitnya. Pasalnya, kulit sitrus ini memiliki kandungan senyawa flavon polmoksilasi di dalamnya yang mampu mencegah penyakit jantung dan radang dalam tubuh.

Kulit sitrus juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Rasa kulitnya yang pahit mungkin membuat kita berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Maka dari itu, kita bisa mengkonsumsi kulit sitrus dengan cara mencampurkannya dengan makanan dan jus.

Mengonsumsi buah dan sayur bukan hanya baik kandungan daging dan isinya, kulit bahkan bijiinya juga kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Meskipun sering dibuang, ada baiknya setelah ini mencobanya untuk mengolah bagian tersebut untuk memaksimalkan asupan vitamin, zat besi dan nutrisi untuk tubuh.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow