999 +
0
26
0
Mengenal 5 Jenis Kepiting yang Bisa Dimasak dan Dikonsumsi
3 weeks 'ago'

kepiting

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bagi para pencinta seafood, tentunya sudah tidak asing dengan menu olahan kepiting. Rasa kepiting yang khas dengan daging yang lembut dan dipadukan dengan saus bumbu yang kental, siapa sih yang bisa menolak kelezatan kepiting? Bicara mengenai kepiting, kepiting sendiri ada bermacam-macam. Ada kepiting air laut dan air tawar. Ada kepiting yang aman dan enak buat dimasak serta dikonsumsi, ada pula beberapa jenis kepiting yang beracun dan harus dihindari. sedikitnya ada lima jenis kepiting yang sebaiknya kita kenal. Jenis kepiting ini merupakan jenis kepiting yang bisa dimasak dan dikonsumsi.

Jenis-Jenis Kepiting

Kepiting

Kepiting/copyright: shutterstock

Kepiting Bakau

Ini merupakan jenis kepiting yang mudah ditemukan di Indonesia. Sebagai negara maritim, kepiting adalah spesies yang mudah sekali ditemukan. Kepiting bakau sendiri ada bermacam-macam mulai dari kepiting bakau ungu, hijau, lumpur, oranye dan masih banyak lagi. Kepiting bakau memiliki ukuran yang cukup besar yakni sebesar sejengkal tangan manusia hingga 2 sampai 3 kali lipatnya.

Kepiting Soka

Ini merupakan kepiting bercangkang lunak. Kepiting cangkang lunak bisa dimakan secara langsung tanpa memisahkan cangkang dan dagingnya. Ada beragam masakan yang bisa dibuat dengan bahan utama kepiting soka.

Kepiting Kenari

Ini merupakan kepiting yang disebut juga sebagai kepiting kelapa karena suka makan kelapa. Kepiting kenari memiliki ukuran cangkang yang besar. Dibanding dengan jenis kepiting lainnya, kepiting kenari cukup sulit ditemukan di pasaran.

Kepiting Rajungan

Ini merupakan kepiting yang paling populer dan paling sering dikonsumsi. Kepiting rajungan memiliki daging yang gurih, tekstur daging yang lembut dan ukuran yang cukup besar. Kepiting ini bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Kepiting Yuyu

Ini merupakan kepiting yang banyak ditemukan di sawah. Kepiting yuyu memiliki rasa yang lumayan lezat. Dibandingkan kepiting lainnya, kepiting yuyu memiliki daging yang sedikit. Ini bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Itulah beberapa jenis kepiting yang bisa dimasak dan dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow