Home » Kongkow » Materi » Paragraf Deskripsi Beserta Contohnya Dalam Bahasa Indonesia

Paragraf Deskripsi Beserta Contohnya Dalam Bahasa Indonesia

- Senin, 09 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Paragraf Deskripsi Beserta Contohnya Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Paragraf Deskripsi

Berbicara tentang paragraf deskripsi, tidak akan luput dari kalimat deskripsi. Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang disusun dengan topik tertentu. Sehingga dapat dikatakan bahwa paragraf deskripsi merupakan kumpulan kalimat deskripsi dengan topik tertentu.

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang dapat menggambarkan atau menjelaskan suatu objek sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat atau merasakan objek tersebut. Kalimat deskripsi berkaitan dengan panca indera, maka paragraf deskripsi pun berkaitan dengan panca indera dalam mendeskripsikan suatu objek.

Melalui paragraf deskripsi, karakteristik suatu objek digambarkan secara rinci. Hal ini bertujuan agar pembaca mengetahui objek yang dibicarakan dengan jelas tanpa melihat secara langsung. Penggambaran karakteristik ini biasanya berasal dari hasil observasi atau pengamatan terlebih dahulu. Observasi diperlukan agar informasi yang dikemukakan adalah valid dan berdasar fakta.

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Setiap jenis paragraf mempunyai kekhasan masing-masing. Kekhasan inilah yang menjadi ciri suatu paragraf agar dapat dibedakan dengan jenis paragraf lainnya. Berikut ciri cirinya :

  1. Mendeskripsikan suatu objek, misalnya benda, orang, tempat, atau keadaan tertentu
  2. Melibatkan fungsi panca indera dalam proses deskripsi
  3. Melibatkan ciri-ciri fisik dan sifat objek tersebut, misalnya warna, ukuran, bentuk, sifat tertentu
  4. Mengandung banyak kata sifat
  5. Dijelaskan secara rinsi
  6. Ketika dibaca, pembaca seolah-olah dapat melihat secara langsung objek yang dibicarakan

Jenis Jenis Paragraf Deskripsi

Terdapat tiga jenis paragraf deskripsi, yaitu paragraf deskripsi spasial, paragraf deskripsi subjektif, dan paragraf deskripsi objektif. Agar lebih memahami dan dapat membedakan ketiga jenisnya ini, berikut penjelasannya:

Baca Juga :

Teks Narasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui

1. Paragraf Deskripsi Subjektif

Berdasarkan tafsiran dalam kamus besar bahasa Indonesia, subjektif berkenaan dengan pandangan (perasaan) sendiri. Berkaitan dengan topik kali ini, maka paragraf ini merupakan paragraf yang disusun berdasarkan pandangan atau perasaan penulis. Segala hal yang dituangkan dalam paragraf merupakan hasil opini pribadi penulis. Walaupun hasil dari opini penulis, tetapi paragraf ini masih ditujukan agar pembaca seolah-olah dapat melihat apa yang sedang dibicarakan oleh penulis.

2. Paragraf Deskripsi Objektif

Berlawanan dengan makna dari subjektif, objektif berkenaan dengan keadaan sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau perasaan sendiri. Paragraf ini diartikan sebagai paragraf yang menggambarkan keadaan suatu objek sesuai dengan kondisi sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh opini penulis.

3. Paragraf Deskripsi Spasial

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, spasial (bahasa Inggris: spatial) berarti hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Sehingga paragraf ini dapat diartikan sebagai paragraf yang mendeskripsikan ruang atau tempat. Objek yang berupa ruang atau tempat dijelaskan sesuai dengan ciri khasnya sehingga pembaca dapat dengan mudah membayangkannya.

Contoh Paragraf Deskripsi

Agar tidak ada kerancuan dari setiap jenis paragrafnya, berikut disajikan contoh dari masing-masing jenis paragraf:

1. Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Ibu Sri adalah guru paling tegas di sekolahku. Selain itu, beliau adalah guru yang paling ditakuti oleh hampir semua murid dari kelas 1 sampai kelas 6. Beliau mengajar mata pelajaran matematika. Beliau memiliki tinggi sekitar 165 cm dengan berat badan sekitar 60 kg. Ibu Sri berkulit sawo matang dan berambut hitam ikal. Ke manapun beliau pergi selalu membawa pulpen tinta hitam di tangan kanannya. Ketika mengajar beliau selalu menggunakan kacamata berlensa kecil dengan frame warna putih. Walaupun hampir semua murid takut kepada beliau, akan tetapi beliau tidak pernah marah-marah ke murid tanpa alasan yang jelas. Beliau selalu mengajarkan matematika dengan sabar sampai semua mengerti. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai ujian matematika sekolahku menduduki peringkat pertama se-provinsi.

2. Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibandingkan dengan pantai lainnya di sepanjang pantai selatan, pantai ini lebih dikenal turis. Pantai Parangtritis terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Tepatnya pantai ini terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan sawah , sungai, dan bukit. Pantai Parangtritis memiliki ombak yang besar. Ombak pantai dapat mencapai ketinggian 2 – 3 meter pada musim kemarau. Daya tarik lainnya adalah terdapat gunung-gunung pasir di sekitar kawasan pantai. Gunung-gunung pasir ini lebih dikenal dengan nama gumuk. Di pinggir pantai disediakan payung-payung besar yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Selain itu terdapat wisata naik kuda, dokar, ataupun motor ATV (All Terrain Vehicle) di sepanjang pinggir pantai. Warung makan dan pakaian berjejer rapi dengan hidangan khas laut. Bagi anak-anak  disediakan pula pemandian umum dengan aneka permainan yang menarik. Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi mandi air hangat, maka tak jauh di sebelah utara pantai terdapat Pemandian Parang Wedang.

3. Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

Ruangan berukuran 5m x 5m ini terlihat tidak layak untuk ditempati. Tidak ada dinding. Hanya ada anyaman bambu untuk menghalau angin yang menusuk ke tulang. Tidak ada penyekat. Hanya ada sebuah kasur ukuran single di pojok depan. Terdapat kompor dan alat memasak lainnya di pojok belakang, berdampingan dengan pintu yang mengarah ke kamar mandi. Almari yang sudah tidak kokoh lagi merapat ke dinding dan di isi penuh dengan pakaian. Sajadah, mukena, dan Al Quran diletakkan berjejer di atas almari. Karpet direntang di sekitar kasur dengan satu meja kecil di samping kasur itu. Buku-buku tertata rapi di atas meja. Tidak ada foto atau hiasan dinding apapun yang digantung, kecuali satu buah kaligrafi perak dengan gambar Ka’bah. Tempat tinggal bapak dan ibu Anis ini memperlihatkan sebuah kesederhanaan dalam hidup.

Cari Artikel Lainnya