Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Macam-Macam Gerakan Dasar Tari Jawa

Macam-Macam Gerakan Dasar Tari Jawa

- Selasa, 08 Desember 2020 | 09:20 WIB
Macam-Macam Gerakan Dasar Tari Jawa

Gerakan tari merupakan unsur utama dari tari. Dalam menari tentunya kita membutuhkan gerakan-gerakan untuk mengekspresikan perihal maksut dari tarian yang akan kita pertunjukan melalui gerakan. Dalam menari kita juga harus mengetahui dasar-dasar gerakannya terlebih dahulu, Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan membahas perihal Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa.

Nonton Video Kita Kuy : Gerakan Dasar Tari Jawa

Gerak Dasar Tari Daerah Jawa

Gerak dasar tarian tempat Jawa mempunyai keragaman yang berbeda-beda. Keragaman gerak tari tempat Jawa yakni sebagai berikut:
a. Gerak tari tempat Surakarta bersifat dinamis dan komunikatif.
b. Gerak tari tempat Yogyakarta bersifat kaku dan berwibawa.
c. Gerak tari tempat Jawa Timur bersifat lincah dan keras.

Berikut ini akan diuraikan gerak-gerak dasar tari tempat Jawa.

a. Ngiting dan Ukel

Ngiting dan ukel yakni gerakan tangan dalam tarian Jawa. Gerakan tangan tersebut berupa putaran tangan pada pergelangan tangan.

Gerakan tari merupakan unsur utama dari tari Materi Sekolah | <a href= Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa" src="https://2.bp.blogspot.com/-4wTfpHIfFbw/V80W5hw92DI/AAAAAAAAC7A/56DtPCabDJ4eQQN6QlDd1ACYzgj3CawAQCLcB/s320/ngiting%2Bdan%2Bukel.jpg" style="height:239px; width:400px" title="Materi Sekolah | Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa" />

b. Seblak
Seblak yakni gerakan tangan yang membuang selendang dari pangkal ikatan selendang hingga merentang lurus di samping badan. Kemudian, arahkan selendang ke arah belakang.

c. Kebyok
Gerak kebyok yakni gerakan tangan dengan memakai selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan sehingga selendang menyangkut di pergelangan tangan.

d. Kebyak
Gerak kebyak yakni gerakan tangan dengan memakai selendang yang dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi menyangkut di pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan sehabis gerakan kebyok.

e. Ngembat
Gerak ngembat yakni gerakan tangan dengan memegang selendang dengan perilaku jari-jari ngiting.

f. Ulap-ulap
Gerak ulap-ulap terdiri atas gerak ulap-ulap kanan dan ulap-ulap kiri.

Gerakan tari merupakan unsur utama dari tari Materi Sekolah | <a href= Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa" src="https://4.bp.blogspot.com/-jl3kK2KblRU/V80ZHgpTRDI/AAAAAAAAC7M/uSzacZIJrJINq1O1CsF9Y0n3UE1yuWr0ACLcB/s1600/ulap%2Bulap.jpg" title="Materi Sekolah | Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa" />

  • Gerak ulap-ulap kanan yakni gerakan ajudan menekuk di depan kening (pergelangan tangan menekuk dan jari-jari melenting), sedangkan tangan kiri menekuk di depan pinggang.
  • Gerak ulap-ulap kiri yakni gerakan tangan kiri yang menekuk di depan kening (pergelangan tangan menekuk dan jari-jari melenting), sedangkan ajudan menekuk di depan pinggang.

g. Kenser

Gerak kenser yakni gerakan kaki dengan cara mengingsut (geser dan buka tutup) telapak kaki ke arah kanan dan ke kiri.

Demikian itu saja yang sanggup saya sampaikan mengenai Seni Budaya khususnya Seni Tari. Semoga sanggup menambah ilmu pengetahuan anda semua dengan adanya Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa ini, mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.

Cari Artikel Lainnya