Home » Kongkow » Tutorial » Cara Alami Basmi Serangga di Rumah

Cara Alami Basmi Serangga di Rumah

- Rabu, 12 Agustus 2020 | 17:00 WIB
Cara Alami Basmi Serangga di Rumah

 

cara alami

Ilustrasi. Foto: pinterest.com

Serangga seperti nyamuk, lalat dan kecoak seringkali “mampir” ke dalam rumah kita tanpa permisi dan membuat para penghuni rumah merasa risih. Untuk mengusir serangga-serangga tersebut secara cepat, biasanya kita akan langsung menyemprotkan obat anti serangga atau insektisida. Obat anti serangga memang bisa membasmi serangga dengan cepat, tapi tahukah kamu jika obat tersebut mengandung zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan? Jika obat anti serangga tidak sengaja terhirup atau termakan, bisa-bisa kita mengalami keracunan.

Alih-alih menggunakan obat anti serangga untuk membasmi serangga di rumah, kita bisa mengusir serangga dengan cara yang alami, lho. Daripada penasaran, yuk kita intip empat cara alami untuk membasmi serangga di rumah!

cara alami

Ilustrasi. Foto: pixabay

1. Usir semut dan kecoak dengan irisan bawang putih

Tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat kita manfaatkan untuk mengusir serangga. Jika kita menemukan gerombolan semut di dalam rumah, cukup letakkan irisan bawang putih dan semut pun akan segera pergi. Selain itu, meletakkan irisan bawang putih di beberapa titik dalam rumah juga dapat mencegah hadirnya kecoak lho.

cara alami

Ilustrasi. Foto: pixabay

2. Basmi lalat dengan daun mint

Kehadiran lalat di dalam rumah sering membuat kita merasa jengkel. Lalat dikenal sebagai serangga yang kotor dan memiliki suara yang mengganggu. Selain itu, lalat juga sering hinggap di atas makanan dan akan meninggalkan kuman serta kotoran. Tak heran jika serangga yang satu ini sering disebut sebagai serangga penyebar penyakit.

Untuk mengusir lalat, kita bisa menggunakan daun mint sebagai insektisida alami. Daun mint memiliki wangi yang cukup kuat dan wangi tersebut dibenci oleh lalat. Cukup letakkan daun mint di dekat makanan, niscaya lalat tidak akan berani untuk mendekati makanan tersebut. Selain dapat dibasmi oleh daun mint, kehadiran lalat juga bisa dicegah dengan menggunakan daun salam.

cara alami

Ilustrasi. Foto: thespruce.com

3. Meletakkan irisan batang serai

Meletakkan irisan batang serai rupanya dapat mengusir nyamuk dari dalam rumah. Serai sudah lama dikenal sebagai pembasmi nyamuk alami karena serai mengandung minyak citronella yang wanginya tidak disukai oleh nyamuk.

Mengusir nyamuk dengan menggunakan serai dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Cukup letakkan irisan batang serai di dalam wadah, lalu simpan wadah tersebut di tempat-tempat yang sering dijadikan sarang nyamuk.

cara alami

Ilustrasi. Foto: pixabay

4. Usir ngengat dengan kulit jeruk lemon

Ngengat merupakan salah satu serangga yang sering ditemukan di lemari pakaian. Keberadaan serangga ini di lemari pakaian dapat merusak pakaian dan membuat lemari menjadi kotor. Bila menjumpai ngengat di dalam lemari pakaian, jangan langsung panik. Kita bisa mengusir ngengat tersebut hanya dengan menggunakan kulit jeruk lemon. Cukup keringkan kulit jeruk lemon, lalu simpan kulit jeruk lemon tersebut di dalam lemari. Selain menggunakan kulit jeruk lemon, ngengat juga bisa kita basmi dengan menggunakan kayu manis ataupun cengkih.

Guna mencegah serangga datang kembali ke dalam rumah, kebersihan rumah tentunya harus selalu kita jaga. Bila rumah rutin dibersihkan setiap waktu, niscaya serangga pun akan enggan bertamu.

Cari Artikel Lainnya