Home » Kongkow » Tips & Trik » 7 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

7 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

- Sabtu, 20 Juli 2019 | 09:16 WIB
7 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

Jika tidur Anda berkualitas maka saat tidur akan terasa nyenyak dan tentu saja dapat membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidur, diantaranya berolahraga dan menjaga pola tidur agar tetap teratur. Namun tidak hanya itu, makanan yang kita konsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur, lho. Berikut adalah 7 makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

1. Cherry

Buah yang identik dengan hiasan atau toping kue ini ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Cherry mengandung senyawa yang menghambat produksi bahan kimia di otak yang menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Hasil penelitian dari Louisiana State University  menemukan bahwa orang dewasa yang menderita insomnia yang meminum 8 ons jus cherry dua kali sehari selama dua minggu memiliki waktu tidur lebih lama 84 menit setiap malamnya. Selain itu, mengonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kynurenine dalam darah yang berkaitan dengan gangguan tidur.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

2. Kiwi

Buah kiwi selama ini dikenal sebagai buah yang meningkatkan kesuburan dan sangat disukai oleh ibu hamil. Sebuah penelitian dari Taipei Medical University menemukan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi sekitar satu jam sebelum tidur memiliki hasil yang mengejutkan.  bahwa peserta studi tertidur lebih cepat, dengan penurunan waktu tidur sekitar 35,4 persen. Mereka juga tidur 28,9 persen lebih nyenyak dan tidur lebih baik, dengan peningkatan 42,4 persen pada kuesioner kualitas tidur standar. Secara keseluruhan, total waktu tidur untuk subjek penelitian meningkat sebesar 13,4 persen.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

3.Rumput laut

kadar omega-3 DHA (asam lemak yang ditemukan dalam alga dan seafood) yang lebih tinggi berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih baik. Dalam penelitian yang dilakukan secara acak, setelah 16 minggu mengonsumsi suplemen ganggang 600 mg, anak-anak mengalami tidur yang lebih baik, mengurangi parasomnia dan gangguan tidur total

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

4. Kacang kenari

Kacang Kenari atau Walnut merupakan sumber melatonin yang sangat baik. Menurut sebuah studi dari University of Texas, memakan beberapa kacang kenari dapat meningkatkan kadar hormon darah dan mengendalikan siklus tidur-bangun yang lebih baik.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

5. Kacang almond

Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak ditemukan dalam produk cokelat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa jika tubuh kekurangan magnesium, masalah tidur sering terjadi. Untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, National Institutes of Health menyarankan untuk mengonsumsi kacang almond karena mengandung magnesium yang tinggi.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

6.Teh chamomile

Terlalu banyak mengonsumsi kafein mengakibatkan anda mengalami gangguan tidur. Sudah saatnya mengganti kopi anda dengan teh chamomile untuk diminum di malam hari. teh chamomile adalah obat tradisional untuk mengobati insomnia dan membuat rileks. Selain itu, jika anda meminum 2-3 cangkir teh chamomile per hari khasiatnya sangat baik untuk meredakan stress.

kualitas tidur

Ilustrasi. Foto: pixabay

7. Roti dan selai kacang

makanan terbaik untuk mendorong tidur yaitu menggabungkan protein dengan karbohidrat. Mengonsumsi roti gandum dan selai kacang tanah atau selai almond sebelum tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh dan menyiapkannya untuk tidur.

Cari Artikel Lainnya