Home » Kongkow » Tips & Trik » TIPS TOEFL & IELTS: Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu yang Masih SMA

TIPS TOEFL & IELTS: Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu yang Masih SMA

- Jumat, 12 Juli 2019 | 11:23 WIB
TIPS TOEFL & IELTS: Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu yang Masih SMA

Ingin kuliah di luar negeri berarti kamu harus bisa berbicara menggunakan bahasa di negara tersebut ya. Minimal kamu harus bisa menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Mungkin buat kamu yang sudah berpenghasilan kamu bisa dengan mudah pergi ke tempat kursus. Tapi bagaimana dengan kamu yang mungkin masih SMA atau tidak punya penghasilan namun tidak ingin membebani orang tua? Menjawab pertanyaan di atas, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak. Waktunya pun bisa menyesuaikan dengan kamu yang masih sekolah. Kira-kira bagaimana sih cara buat kita yang masih SMA untuk belajar bahasa Inggris? Berikut kami rangkumkan buatmu!

1. Bulatkan tekad
Kamu tidak akan serius belajar apapun ketika tekadmu belum kuat. Tanyakan dulu kepada dirimu sendiri mengenai tujuan atau goal-mu. Misalnya saja tujuanmu adalah untuk bisa meneruskan kuliah sarjana ke luar negeri. Selanjutnya tanyakan kepada dirimu seberapa besar kamu menginginkannya. Kalau kamu benar-benar menginginkannya maka kamu akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Karena tujuanmu adalah kuliah ke luar negeri tentu kamu harus bisa bahasa Inggris. Ini kemudian yang menjadi dasar kuatnya tekadmu untuk bisa berbahasa Inggris. Jadi, apa alasanmu ingin bisa berbahasa Inggris?

2. Belajar mulai dari yang dasar
Sebagai siswa SMA, tentu kamu sudah pernah mengalami belajar bahasa Inggris mulai dari tingkat SD dan SMP. Biasanya yang diajarkan adaah bahasa Inggris dasar. Contohnya seperti bagaimana menyebut benda dalam bahasa Inggris, perkenalan, berterima kasih, dan lain sebagainya. Nah, untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar kamu perlu mengetahui dasar-dasar ini terlebih dahulu. Tidak ada salahnya mengulang pelajaran bahasa Inggris saat kamu SD dan SMP lho!

3. Tambah vocabulary pakai flash card
Agar kamu bisa lancar berbahasa Inggris, maka kamu harus mempunyai banyak kosakata atau vocabulary. Semakin banyak kosakata yang kamu mengerti akan semakin baik. Namun sayangnya menambah kosakata sering jadi kendala karena membosankan. Bisa kamu bayangkan jika kamu membaca kamus bahasa Inggris yang tulisannya kecil dan tidak ada gambar. Uh, gak menarik banget kan? Untuk menyiasati itu, kamu bisa menggunakan flash card. Apa sih itu flash card? Flash card adalah kartu bergambar yang di bawahnya aa keterangan kosakata bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya. Kamu bisa membuat sendiri flash card-mu lho!

4. Luangkan waktu 2 jam sehari untuk belajar
Kalau kamu sudah bertekad untuk belajar bahasa Inggris, maka selanjutnya kamu harus membuat sebuah komitmen dengan dirimu sendiri. Buatlah jadwal belajar bahasa Inggris yang menyesuaikan dengan kegiatanmu. Selain itu, luangkan waktumu selama beberapa jam khusus untuk belajar bahasa Inggris. Dengan begitu kamu akan focus ketika belajar.

5. Belajar grammar
Sudah punya banyak vocabulary  dan sudah tahu dasar bahasa Inggris? Selanjutnya, kamu perlu belajar grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa harus belajar grammar. Itu karena tata bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia yang sehari-hari kita gunakan. Maka dari itu, kamu perlu membiasakan diri dengan tata bahasa Inggris jika ingin lancar berbicara.

6. Pakai musik dan film
Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan music dan film. Lagu dan film Hollywood akan membantu kamu untuk terbiasa mendengar bahasa Inggris. Selain itu, ketika kamu mendengar lagu atau menonton film kamu “dipaksa” untuk mengerti jalan ceritanya. Maka kamu akan terpacu untuk mengetahui arti lirik atau percakapan yang terjadi.

7. Sering baca artikel berbahasa Inggris dengan lantang
Membaca adalah salah satu cara membuka pikiran. Tapi dalam kasus belajar bahasa Inggris, membaca akan membantumu terbiasa dengan teks berbahasa Inggris dan menambah kosakata baru. Selain itu, untuk melatih kemampuanmu berbicara bahasa Inggris, kamu bisa membaca artikel atau buku berbahasa Inggris dengan lantang.

8. Gunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari
Ketika kamu sudah punya komitmen dan tekad yang kuat untuk segera bisa berbahasa Inggris maka kamu juga perlu melakukan hal ini. Pilihlah satu hari dalam seminggu untuk kamu seharian berbahasa Inggris. Ini akan membantu kamu terbiasa dengan bahasa yang baru kamu pelajari. Selain itu, belajar bahasa memang harus selalu disertai dengan praktek. Tanpa praktek maka pelajaranmu selama ini tidak akan ada kemajuannya.

9. Pantang menyerah
Saat kamu menggunakan bahasa Inggris dengan temanmu yang sudah lebih jago berbahasa Inggris, mungkin kamu akan mendapat kritik atau ditertawakan. Eits, jangan buru-buru menyerah jika mendapatkan hal tersebut. Meski kamu diolok-olok kamu harus tetap bersemangat. Ingat, ketika belajar kamu tidak akan langsung mahir. Contohnya saja bayi yang belajar berjalan, ia akan jatuh dulu baru bisa berjalan dengan lancar. Jadi, kumpulkan semangatmu untuk terus belajar ya!

10. Coba bicara dengan bule
Berbicara mengenai praktek berbahasa Inggris sehari-hari, mungkin kamu akan melatihnya dengan temanmu. Tapi ada baiknya jika kamu juga belajar untuk berbiacara bahasa Inggris dengan native speaker atau penutur asli. Dengan kata lain, kami menantang kamu untuk berbicara bahasa Inggris dengan bule. Cara ini akan sangat efektif buat meningkatkan pelajaranmu lho! Jadi, berani mengambil tantangan ini?

Cari Artikel Lainnya