0
58
0
51 Julukan Negara- negara di Dunia dan Alasannya
2 weeks 'ago'
  1. Amerika Serikat – Negara Paman Sam

Mengenai negara dan julukannya ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. ya, Amerika Serikat adalah negara Paman Sam. Sebenarnya apa sih arti dibalik nama Paman Sam ini? Julukan Paman Sam sebenarnya diterima Amerika Serikat pada tanggal 7 September 1813. Nama julukan satu ini berhubungan dengan seorang penyupplai daging di Amerika Serikat, tepatnya di New York yakni Samuel Wilson. Samuel Wilson menyupplai bertong- tong daging daging bagi tentara  Amerika Serikat yang kala itu berperang pada tahun 1812. Samuel Wilson mengecap tong- tong itu dengan huruf US yang berarti United States. Namun para tentara yang berperang tersebut mengira bahwa US adalah singkatan dari Uncle Sam atau Paman Sam. Kemudian setelah kejadian ini Koran lokal mengangkat cerita ini dan “Paman Sam” mulai diterima sebagai panggilan dari negara Amerika Serikat ini.

  1. Saudi Arabia – Negara Minyak

Satu lagi julukan yang amat tersohor dari negara di Timur Tengah, yakni Saudi Arabia. Saudi Arabia mendapatkan julukan sebagai “Negara Minyak” karena kekayaan negaranya yang berupa minyak sangat luar biasa. Saudi Arabia mampu menopang kehidupan negaranya dengan menjadikan minyak sebagai sektor utamanya. Kekayaan minyaknya yang sangat besar ini mampu membentuk permainan dan kekuatan peran dari keluarga kerajaan Saudi Arabia baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan penghasilan minyak yang sangat besar itulah Saudi Arabia dijuluki sebagai “Negara Minyak”. Saudi Arabia memang mengandalkan perekonomiannya di sektor Minyak Bumi dan juga Petrokimia, terutama setelah ditemukan sumber- sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938.

  1. Australia – Negeri Kanguru

Yang tidak kalah terkenal di dunia adalah julukan dari negara tetangga sebelah selatan Indonesia, yakni Australia. Australia mempunyai nama khas yang sangat terkenal, yakni “Negara Kanguru”. Kanguru atau Kangguru ini merupakan nama dari salah satu satwa khas di negara tersebut. Nama Kanguru atau Kangguru diambil dari bahasa suku asli Australia yakni Aborogin yakni Gangguru. Kanguru merupakan hewan yang mempunyai empat kaki, kua kaki panjang di belakang dan dua kaki pendek di depan yang mana kaki ini digunakan untuk meloncat. Kanguru mempunyai bagian tubuh yang sangat unik, yakni berupa kantong yang digunakan untuk melindungi anak- anak Kanguru. Selain ditemukan di Australia, binatang unik ini juga ditemukan di Papua Nugini atau New Guinea dan juga di Papua, Indonesia. Meski demikian, jumlah yang ada di luar Australia hanyalah sedikit, dan kebanyakan ditemukan di Australia. Hal inilah yang menyebabkan Australia dijuluki sebagai negerai Kanguru.

  1. Argentina – Negeri Tango

Julukan Negeri Tango didapatkan Argentina berkat tarian tradisionalnya, yakni Tango. Tari tradisonal Tango ini memang seringkali kita temukan di Argnetina, terutama di kota Buenos Aires. Tarian ini termasuk kategori tarian yang hot dan tarian ini terkenal di seluruh dunia. Argentina termasuk negara yang banyak dipengaruhi oleh benua Eropa , baik kesenian, penulisan dan juga gaya hidup masyarakatnya. Namun meski demikan, Argentina memiliki identitasnya sendiri, Argentina bisa mempertahankan identitas yang dimilikinya. Hal ini tercermin pada tulisan karyawan Argentina yang terkenal seperti Jorge Luis Borges dan Manuel Puig dan juga pemain sepak bolanya yang sangat artistik seperti Diego Maradona dan Messi.

  1. Belanda – Negara Kincir Angin

Negara Kincir Angin, merupakan nama sebuah negara yang tentu tidak asing lagi ditelinga kita. Belanda, ya itulah negara Kincir Angin. Masyarakat Indonesia sering menyebutkan ini karena pentingnya negara ini. Sebenarnya nama Negara Kincir Angin ini diperoleh dari banyaknya jumlah kincir angin yang ada di Belanda. Di Belanda, kincir angin merupakan alat yang sangat penting dan perannya sangat banyak bagi negara itu. Awalnya, 70% wilayah Belanda adalah lautan. Untuk memperlebar wilayah negaranya, pantai di sekeliling wilayah tepi Belanda dikeruk dan kemudian dibuat bendungan . Dalam proyek pembuatan bendungan itu, kincir angin memegang peranan yang sangat besar yakni sebagai alat untuk mengalihkan dan juga membendung air. Selain itu kincir angin juga digunakan untuk menangkap dan mengalihkan banyak angin. Semakin lama, kincir angin sudah tersentuh oleh teknologi modern sehingga lebih banyak lagi fungsi yang bisa dihasilkan. Hingga sekarang ini kincir angin digunakan untuk membantu bidang pertanian dan juga bidang industri.

  1. China – Negeri Tirai Bambu

Siapa yang teka kenal dengan Negara Tirai Bambu? Julukan negara ini sudah sangat terkenal, terebih di wilayah Asia. Negara Tirai Bambu adalah negeri China. Nama Bambu ini didapat karena tanaman Bambu Cina sangat terkenal. Bambu Cina atau Bambusa Multiplex terkenal akan kualitasnya yang diakui terbaik di seluruh dunia. Bambu Cina sangat kuat dan sulit untuk dipatahkan. Negara ini disebut sebagai tirai karena Cina menganut paham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar dan negara- negara di sekitarnya. Maka dari itulah negara Cina dikenal sebagai negara Tirai  Bambu.

  1. Filiphina – Negara Lumbung Padi

Julukan Negara Lumbung Padi didapatkan Filiphina karena negara ini sangat terkenal dengan pertanian padi bukitnya. Pertanian padi Filiphina sudah dikenal kira- kira sejak 2000 tahun yang lalu oleh Suku Batad. Padi- padi Bukit di Filiphina ini terletak pada lereng- lereng Gunung Ifuago yang mempunyai ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan air laut. Luas ladang padi ini mencapai 4000 mil persegi serta diusahakan secara tradisional tanpa menggunakan pupuk. Pertanian padi bukit ini diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995. Dari sinilah nama Negara Lumbung Padi dimiliki oleh Filiphina.

  1. Brazil – Negeri Samba

Sama halnya dengan Argentina yang mempunyai tarian Tangonya, Brazil mempunyai tarian Samba nya. Tarian Samba merupakan tarian khas Brazil. Kebudayaan negara Brazil merupakan warisan kebudayaan dari negara penjajahnya, yakni Portugal. Hal ini tercermin pada kebudayaannya yang kebanyakan berbentuk seperti negara Latin. Namun ada pula yang menyatu dengan kebudayaan Brazil, seperti Tarian Samba ini. Tarian Samba merupakan tarian yang sangat unik dan sangat terkenal di berbagai penjuru dunia. Yang lebih unik lagi, Tari Samba ini banyak diaplikasikan pada berbagai kegiatan, salah satunya adalah sepak bola. Tak heran apabila banyak pemain sepak bola Brazil mempunyai gerakan yang apik seperti tarian Samba. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa tim sepak bola Brazil disebut sebagai Tim Samba.

  1. Indonesia – Zamrud Khatulistiwa

Julukan yang sangat istimewa disandang oleh tanah air tercinta Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Secara astronomis negara Indonesia berada di 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT.  Di wilayah Indonesia, ada sebuah kota yang tepet dilalui oleh garis khatulistiwa, yakni Kota Pontianak yang berada di wilayah Kalimantan Barat. Disebut sebagai zamrud karena Indonesia sangat indah dan zamrud merupakan benda yang sangat pas untuk mencerminkan keindahan Indonesia. Zamrud Khatulistiwa mempunyai makna keindahan batu zamrud yang dilintasi garis khatulistiwa.

  1. India – Anak Benua

India merupakan negara yang berada di benua Asia. India mempunyai julukan unik yakni Negara Anak Benua. Mengapa bisa disebut demikian? Tentu saja hal ini ada alasannya. Secara geologis, sebagian besar negara yang terletak di wilayah Asia bagian Selatan, termasuk India mempunyai lempeng tektonik sendiri, yakni lempeng India yang terpisah dari bagian Eurasia yang dulunya merupakan benua kecil sebelum bertumbukan dengan Lempeng Eurasia. Bahkan hingga kini lempeng India masih terus bergerak ke arah utara sehingga mengakibatkan pegunungan Himalaya semakin tinggi beberapa sentimeter setiap sepuluh tahun. Dengan demikian India disebut sebagai Negara Anak Benua.

  1. Bulgaria – Negeri Kuntum Mawar

Bulgarian merupakan negara peghasil Minyak Mawar yang terbaik dan termahal di dunia. Minyak mawar yang dihasilkan negara Bulgarian merupakan minyak yang bayak digunakan sebagai campuran parfum original yang terbaik di dunia. Maka dari itulah Bulgaria dijuluki sebagai Negeri Kuntum Mawar, meski belum banyak orang yang mengetahuinya.

  1. Inggris – The Black Country

The Black Country mempunyai arti Negara yang hitam. Hal ini didapat oleh United Kingdom atau Inggris karena Inggris sangat terkenal dengan industrinya yang maju. Dari dulu Inggris dikenal sebagai negara yang sangat maju dalam bidang industrinya, bahkan menjadi kiblat industri bagi negara- negara yang disekitarnya. Pusat industri negara Inggris terletak di dua kota yakni Birmingham dan juga Sheffield. Udara di dua kota tersebut selalu berwarna hitam akibat tertutup oleh asap- asap industri yang sangat banyak, sehingga selalu disebut dengan The Black Country.

  1. Irak – Negeri 1001 Malam

1001 malam, jika mendengar kata ini pasti pikiran kita akan mengarah ke negara timur tengah. 1001 malam sangat identik dengan kawasan timur tengah. Dahulu wilayah Irak termasuk ke dalam kawasan Persia. Sebenarnya julukan Negeri 1001 Malam ini diambil dari kisah yang pernah terjadi di Persia pada zaman dahulu. Disebutkan ada seorag sultan di daratan Persia yang bernama Raja Syahriar. Raja tersebut marah besar tatkala menangkap basah istrinya sedang berselingkuh. Istri Raja tersebut bernama Syahrazad. Raja memberikan hukuman pancung kepada Syahrazad dan juga pria yang menjadi selingkuhannya tersebut. Namun sebelum hukuman pancung dilaksanakan, setiap malam Syahrazad menghadiahkan cerita kepada Raja. Cerita yang disampaikan Syahrazad tersebut selalu berakhir dengan menggantung (suspense). Cerita yang disampaikan Syahrazad selalu berbentuk cerita di dalam cerita, sehingga ketika satu cerita selesai maka bingkai ceritanya tak pernah selesai. Cerita- cerita yang  dikisahkan oleh Syahrazad ini adalah dongeng yang kita kenal sepertiA laddin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Ar- Rasyid dan Abunawas dan lain sebagainya. Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung dan dunia pun mendapat 1001 cerita dan Raja Syahriar menarik hukuman tersebut. Dan Syahrazad tetap dicintai sebagai permaisuri oleh Raja dan juga masyarakatnya.

  1. Italia – Negara Spaghetti

Hemm..siapa yang tidak mengenal spaghetti? Makanan yang satu ini memang menjadi primadona di meja makan. Masyarakat di berbagai belahan dunia sudah mengenal makanan ini, bahkan menjadi makanan yang paling diburu. Tanpa mengetahui darimana asal makanan ini, kita sudah menganggapnya sebagai makanan barat yang lezat dan berkelas. Italia dikenal sebagai Negara Spaghetti karena spaghetti merupakan makanan khas dari negara ini. spaghetti merupakan mi negara Italia yang berbentuk seperti lidi. Mi spaghetti ini pada umumnya dimasak selama 9 hingga 12 menit di dalam air mendidih al dente yang berarti tidak lengket di gigi , dan tidak terlalu mentah maupun terlalu matang. Cara memakan mi spaghetti bervariasi dan yang sangat terkenal adalah spagehetti ala bolognesse, yakni mi spaghetti yang disajikan dengan saus dagung cincang lalu ditaburi keju Permesan parut.

  1. Jepang – Negeri Matahari Terbit

Jepang merupakan negara yang sangat terkenal di dunia. Bagaimana tidak, negara ini termasuk negara kecil namun memiliki kemajuan di bidang teknologi yang sangat luar biasa. Negara Jepang memiliki nama julukan yang khas, yakni Negeri Matahari Terbit. Bagaimana julukan itu bisa diperoleh Jepang? Apakah karena kesuksesannya yang membawa dunia ke era modern? Ternyata tidak. Jepang sering disebut sebagai Nippon dan juga Nihon dalam bahasa Jepang. Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, seperti sebutan nama negara dalam mata uang, perangko dan dalam pertandingan olahraga tingkat internasional. Sementara kata Nihon lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari- hari. Kata Nippon dan Nihon keduanya sama- sama memiliki arti Negara Matahari Terbit. Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk pada kedaulatan relatif negara inidi pesisir lautan Pasifik di sebelah timur Benua Asia. Selain itu, menurut legenda, Jepang oleh Dewa Matahari. Kaisar Jepang adalah putra Dewa Matahari. Dan karena itu bendera Jepang juga berasal dari bendera itu, maka Jepang dinamakan sebagai negara matahari terbut.

  1. Jepang – Negeri Sakura

Selain dikenal sebagai Negara Matahari Terbit, Jepang juga mempunyai julukan lain yaitu Negeri Sakura. Nama negeri Sakura sendiri diberikan karena di Jepang mempunyai bunga yang sangat khas, yakni Bunga Sakura. Maka dari itulah Jepang dinamakan sebagai negeri Sakura.

  1. Korea Selatan – Negeri Ginseng

Korea Selatan sangat terkenal dengan masyarakatnya yang mempunyai kulit halus dan juga cantik dan tampan, tak heran jika negara ini sukses mencuri perhatian melalui bidang entertainmentnya. Korea Selatan disebut juga dengan Negeri Ginseng. Julukan ini diberikan kepada Korea Selatan karena banyaknya tanaman ginseng yang dibudidayakan disana. Apabila kita berkunjung ke pasar di Korea Selatan maka kita akan menemukan banyak sekali jenis ginseng sayur. Ginseng biasanya diolah menjadi sayuran untuk makanan sehari- hari, bahkan ada pula yang langsung mengunyahnya saat mentah. Ginseng mempunyai banyak sekali manfaat seperti meningkatkan stamina tubuh, mencegah iritasi, dan lain sebagainya.

  1. Malaysia – Negeri Jiran

Kita pasti sering sekali mendengar negara satu ini dan julukannya. Ya, karena negeri ini sangat dekat dengan kita. Malaysia juga disebut Negeri Jiran. Jiran sendiri mempunyai arti satu atau dekat dengan rumah (tetangga). Julukan ini diberikan kepada Malaysia karena letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia dan merupkana negara tetangga Indonesia.

  1. Kamboja – Hell on Earth

Siapa sangka ternyata negara tetangga kita, yakni Kamboja mempunyai julukan yang sangat mengerikan yakni Hell on Earth yang berarti “Neraka Dunia”. Julukan ini diberikan kepada Kamboja karena peristiwa lampau yag terjadi pada akhir tahun 1970-an. Pada saat itu telah terjadi pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat oleh rezim Khmer Merah. Pada saat itu, kala masa pemerintahannya, terjadi pemusnahan massal terhadap kaum intelektual dan lainnya. Pada November 1978, Vietnam menyerbu Kamboja untuk menghentikan genosida besar- besaran yang sedang terjadi di Kamboja.

  1. Singapura – Negeri 1001 Larangan

Jika Irak merupakan Negeri 1001 Malam, maka Singapura adalah Negeri 1001 Larangan. Sebenarnya tidak banyak larangan, namun peraturan yang dibuat oleh pemerintah Singapura sangatlah ketat, sehingga seolah- olah masyarakatnya tidak leluasa bergerak. Namun karena kepatuhan masyatkat Singapura terhadp hukum, memberikan dampak yag sangat positif bagi kemajuan negaranya. Buktinya Singapura merupakan negara yang sangat bersih, disiplin dan sangat maju meski wilayahnya hanya kecil.

  1. Myanmar – Tanah Emas

Tidak hanya Indonesia negara yang kaya akan hasil alam baik tambang maupun non tambang. Ternyata Myanmar juga merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Saking kayanya, negara ini hingga dijuluki sebagai Tanah Emas. Hal ini karena Myanmar mempunyai kekayaan alam seperti minyak, gas alam, tembaga, timah, perak, tungsen, dan mineral- mineral lain. Batua- batuan yang berharga seperti safir, zamrud, mirah dan giok juga dimiliki Myanmar. Tidak hanya itu, hutan hujan tropis dengan kayu langka juga dimiliki negara ini. hutan- hutan di Myanmar menjadi rumah bagi satwa- satwa liar. Namun dibalik itu semua, ternyata arti dari tanah emas ini sendiri merupakan masyarakat Myanmar itu sendiri.

  1. Nepal – Negeri 1000 Kuil

Negeri 1000 Kuil memang sangat cocok diberikan pada Nepal. Bukan bermaksud berlebihan, namun keberadaan kuil di negara ini memang sangat banyak. Di Lembah Kathmandu saja setidaknya ada 7 kompleks kuil Hindu Budha yang telah berusia ribuan tahun. Dalam satu kompleks saja kita bisa menemukan puluhan bahkan ratusan candi berukuran besar maupun kecil yag dibangun oleh berbagai dinasti monarki yang berbeda yang pernah berkuasa di negeri ini. Semua kuli tersebut masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO.

  1. Perancis- Kota Mode

Siapa yang tak mengenal Perancis dan Julukannya yang sangat terkenal, yakni Kota Mode? Nama ini sudah sangat tersohor ke berbagai belahan dunia. Julukan ini diberikan kepada Perancis karena negara ini merupakan pusat utama industri mode dunia dan juga kegiatannya yang meliputi desain, produksi, ritel, ajang mode, dan juga pameran serta aktivitas perdagangan. Namun ternyata kota yang menjadi pusat mode dunia saat ini tidak hanya Perancis saja, namun juga London, Milan dan New York.

  1. Selandia Baru – Negeri Kiwi

Sama halnya dengan Australi yang mempunyai Kanguru, maka Selandia Baru juga mempunyai Burung Kiwi. Burung Kiwi merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang dan persebarannya hanya terbatas di wilayah Selandia Baru saja. Karena burung ini khas dari Selandia Baru, maka negara ini dijuluki sebagai negeri Kiwi.

Itulah beberapa negara dengan julukannya yang terkenal di dunia beserta sejarah mengapa julukan itu bisa dimiliki oleh negara- negara tersebut. Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi lho negara di dunia beserta julukannya. Berikut merupakan daftar negara di dunia beserta julukannya.ru – Negeri adi pusat mode dunia saat ini tidak hanya Perancis saja, namun juga London, Milan dan New York.

Negara Nama Julukan
Yunani Negeri Peradaban
Yunani Negeri Para Dewa
Finlandia Negeri Seribu Danau
Jerman Negeri Hitler
Kanada Negeri Pecahan Es
Kuba Negeri Cerutu
Mesir Negeri Fir’aun
Rusia Negeri Tirai Besi
Rusia Negeri Beruang Putih
Spanyol Negeri Matador
Taiwan Naga Kecil Asia
Thailand Negeri Gajah Putih
Thailand Negeri Seribu Pagoda
Uganda Mutiara Afrika
Iran Negeri Para Mullah
Skandinavia Negeri Peri
United Kingdom Negeri Matahari yang Tak Pernah Tenggelam
Belanda Negeri Tulip
Laos Tanah yang Terkunci
Timor Leste Bumi Loro Sae
Nepal Negeri 1000 Dewa
Tibet Negeri Atap Benua
Afrika Negeri Benua Hitam
China Negeri Panda
China Tembok Raksasa
Taiwan Negeri yang Sunyi
USA Negara Super Power

Itulah beberapa Negara beserta julukannya. Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow