999 +
0
25
0
Biar Gak Cepat Layu, Gunakan Teknik Ini Saat Menyiram Tanaman!
2 weeks 'ago'

Ternyata, menyiram tanaman juga gak boleh sembarangan loh! Ada teknik yang harus diikuti supaya tanaman  bisa tumbuh subur.

Kamu punya banyak tanaman di rumah? Pastinya kamu mau tanaman tersebut selalu sehat kan? Akhirnya kamu pun merawatnya secara ekstra, seperti menyiramnya secara berlebihan, atau menyiramnya saat panas terik supaya tanaman terus terlihat segar dan tidak layu. Nah, sebenarnya, kamu keliru selama ini. Alih-alih membuat tanaman sehat, perawatan yang berlebihan dan salah justru bisa membuat tanaman cepat layu dan mati. Ternyata, ada teknik dan waktu khusus untuk menyiram tanaman. Dengan mengikuti cara berikut, dijamin tanaman di rumahmu akan sehat dan tampak segar terus-terusan!

Bagaimana teknik menyiram tanaman yang tepat?

menyiram tanaman - rumah123.com

Perhatikan jumlah air

Banyak orang yang menyangka bahwa dengan memberikan banyak air, maka tanaman bisa tumbuh subur. Padahal, air yang terlalu banyak dapat membuat daun menjadi busuk. Untuk itu, jangan berlebihan, dan jangan juga terlalu sedikit saat menyiram air ke tanaman. Perhatikan pada pot tanaman-mu. Siramlah air hingga muncul rembesan air yang keluar dari dalam pot. Bila rembesan itu sudah muncul, maka hal itu sudah cukup dan jangan ditambah lagi.

Perhatian bagian yang perlu disiram

Meski tanaman menyerap air melalui akar, bukan berarti kamu hanya berfokus pada bagian bawah saja saat menyiram tanaman.  Kamu tetap perlu menyiram ke seluruh bagian tanaman. Kamu bisa menyiramnya mulai dari ujun, hingga pangkal batang. Pastikan air mengenai daun karena kondisi daun yang basah, dapat menghindari daun menjadi kering saat musim kemarau tiba.

Perhatikan cuaca

menyiram tanaman - rumah123.com

Beda cuaca, tentu beda jumlah air yang diberikan. Misalnya di musim kemarau, tentu volume air yang disiram akan lebih banyak ketimbang di musim hujan.

Perhatikan waktu menyiram

Mungkin banyak dari kamu yang mengira bahwa menyiram tanaman pada siang hari adalah hal yang tepat. Padahal, hal tersebut justru bisa merusak tanaman. ternyata waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi atau sore hari. Sementara saat sore hari, idealnya setelah pukul 3 sore.

Alasannya, pada waktu-waktu ini tanaman sedang dalam suhu yang tidak terlalu tinggi. Menyiram tanaman pada saat suhu di sekitarnya sedang tinggi adalah tindakan sia-sia dan berbahaya. Sia-sia karena lebih dari 30% air akan menguap. Bahaya, karena air akan menurunkan suhu tanaman secara drastis dan ini bisa mengganggu aktivitas kimia yang sedang terjadi di tubuhnya.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara merawat tanaman yang baik dan benar?

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow