999 +
0
33
0
Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Manfaat dan Rasa 5 Bumbu Dapur Ini
3 weeks 'ago'

Tak biasa memasak? bisa saja bingung membedakan bumbu dapur ini. Sama-sama tanaman rimpang, jahe, kunyit hingga temu kunci punya rasa dan fungsi yang berbeda. Masakan Indonesia dikenal dengan citarasa yang enak. Ini dihasilkan dari pencampuran aneka rempah serta bumbu dapur. Beberapa tanaman rimpang ini memiliki ciri tersendiri untuk masakan tertentu. Misalnya saja kunyit yang bisa membuat masakan berwarna kuning hingga temu kunci yang punya aroma segar untuk sayur bayam. Masih bingung membedakan bumbu dapur ini? Yuk, kenali 5 bumbu dapur yang sering digunakan dalam memasak.

1. Jahe

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Manfaat dan Rasa 5 Bumbu Dapur IniFoto: iStock

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah dan obat. Bumbu rimpang ini berbentuk jemari yang mengembung di ruas-ruas bagian tengahnya. Rasanya dominan pedas yang hangat dengan aroma khas jahe yang menyegarkan. Bagian daging jahe yang digunakan untuk memasak ini memiliki warna kuning dengan serat lembut dibagian dalamnya. Ada tiga jenis jahe yang bisa Anda temukan. Mulai dari jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah. Jahe ini dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Selain itu, jahe juga bisa dibuat menjadi minuman yang dapat membantu hangatkan badan. Masakan yang biasa menggunakan jahe adalah sup serta aneka olahan ikan.

2. Lengkuas

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Manfaat dan Rasa 5 Bumbu Dapur IniFoto: iStock

Bumbu dapur yang satu ini memiliki nama lain laos. Jenis tumbuhan temu-temuan ini biasanya hidup di dataran tinggi ataupun rendah. Berbeda dengan jahe yang tekstur kulit dan dagingnya lembut, lengkuas memiliki tekstur yang lebih kasar dengan aroma yang tak terlalu kuat. Dagingnya cenderung lebih keras dan lebih berserat.  Lengkuas biasa digunakan sebagai bumbu masakan untuk sayur santan hingga tumisan.

3. Kunyit

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Manfaat dan Rasa 5 Bumbu Dapur IniFoto: iStock

Kunyit, tanaman rimpang yang memberikan warna kuning pada masakan. Kandungan kurkumin di dalamnya tidak hanya memberikan warna kuning tapi juga memberikan rasa unik seperti rasa tanah dan sedikit pahit. Kunyit selalu hadir dalam masakan Minang seperti gulai hingga kari.  Kunyit memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah diiris dan diparut. Selain dijadikan sebagai pewarna makanan alami, kunyit juga berkhasiat sebagai obat penyakit pencernaan.

4. Kencur

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Manfaat dan Rasa 5 Bumbu Dapur IniFoto: iStock


Ada yang tahu apa perbedaan kencur dengan jahe dan kunyit? Banyak orang yang keliru antara kencur dan jahe karena warnanya yang mirip. Padahal ini bisa dibedakan dari segi bentuknya. Kencur punya ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jahe. Ukuran kencur kecil dengan bentuk agak bulat, warna permukaan kulitnya sedikit keunguan dan ketika dipotong akan terlihat daging yang berwarna putih.  Kencur memiliki aroma yang tidak terlalu kuat. Bumbu dapur ini sering dipadukan dalam makanan seperti lotek.

5. Temu kunci

 

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Manfaat dan Rasa 5 Bumbu Dapur Ini


Sekilas bentuk temu kunci mirip sekali dengan ginseng. Yang membedakannya adalah aromanya. Temu kunci punya aroma khas yang segar. Sangat mirip ketika Anda menghirup kuah sayur bayam yang baru matang. Temu kunci memang dijadikan sebagai bumbu pelengkap sayur bayam. 
 Bentuknya memanjang dengan daging bagian dalam yang berwarna putih kekuningan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow