Home » Kongkow » Materi » Apa Itu Teks Eksplanasi ?

Apa Itu Teks Eksplanasi ?

- Rabu, 03 Juli 2019 | 06:38 WIB
Apa Itu Teks Eksplanasi ?

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa sih yang dimaksud dengan teks eksplanasi “explanatory text” itu ??? teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses atau tahapan “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah dan budaya.

Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi ialah suatu paragraf atau teks yang isinya menjelaskan sebuah informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena, yang dimana baik itu fenomena alam, ilmu pengetahuan, maupun kehidupan sosial dan budaya. Jenis teks ini pun sering ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah.
Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, adapun ciri-ciri teks eksplanasi ialah sebagai berikut:

Semua informasi yang disampaikan di dalam teks ialah berdasarkan fakta “faktual” tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
Topik yang dibahas di dalamnya ialah fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
Jenis teks ini bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis yaitu pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat dan interpretasi.
Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga dan lainnya.

Cari Artikel Lainnya