999 +
0
36
0
4 Cara Manfaatkan Sampah Dapur Supaya Berguna Kembali
5 months 'ago'

Sampah menjadi masalah yang sulit untuk dituntaskan. Seperti dilansir dari Conserve Energy Future, ketika sampah dapur sudah sampai ke pembuangan, lapisan tanah akan mengurai dan menghasilkan gas rumah kaca yang lebih kuat menangkap karbondioksida. Akan tetapi, ada beberapa cara manfaatkan sampah dapur supaya berguna kembali.

cara manfaatkan sampah dapur supaya berguna kembali

Foto: Pixabay

Pengomposan

The United States Environmental Protection Agency mengatakan, hampir 90 persen sampah yang dibuang oleh rumah tangga, restoran, hingga supermarket terdiri atas sisa-sisa makanan yang sebenarnya dapat didaur ulang. Pengomposan menjadi salah satu cara mendaur ulang sampah dapur yang paling mudah dan ramah lingkungan. Pengomposan sejatinya bisa Anda lakukan sendiri di rumah, dengan memisahkan sampah di halaman rumah. Membaginya menjadi 4 bagian, yaitu sampah dapur hijau, sampah dapur cokelat, sisa makanan, dan kemasan daur ulang.

Donasi sampah dapur untuk pakan hewan

PBB pernah memperkirakan, jika petani dan pemilik ternak memberi makan hewan mereka dengan sisa makanan yang diizinkan hukum, produksi dan konsumsi gandum bisa dialihkan pada 3 miliar orang di seluruh dunia. Bahkan, pengalihan sisa makanan untuk hewan menjadi strategi yang aman dan efektif untuk mendaur ulang sampah dapur dan makanan. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan peternak lokal. Atau, bisa juga mengumpulkan dan memilah sampah dapur yang kemudian diberikan pada hewan peliharaan kita, itu kalau memelihara hewan di rumah.

Mengubah sampah dapur menjadi biogas

Biogas merupakan salah satu sumber energi terbarukan dan berkelanjutan yang dapat dikembangkan dari bahan organik yang terkandung dalam sampah dapur. Para peneliti menemukan sebuah cara mendaur ulang sampah dapur menjadi biogas. Dalam proses ini, limbah dibakar untuk menghasilkan cairan mentah yang bisa dikonversi menjadi biofuel. Kemudian, residunya diolah dan akan menghasilkan metana yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik dan panas.

Menggunakan kembali kemasan makanan

Cara mendaur ulang sampah dapur lainnya adalah dengan menggunakan kembali kemasan makanan dan bahan dapur lainnya yang sudah kita pergunakan. Walau ketika memilah kemasan yang bisa digunakan kembali akan sulit, cara mendaur ulang seperti ini cukup efektif dilakukan untuk mengurangi produksi sampah. Bahan kemasan seperti karton, pembungkus, dan wadah lainnya dapat kita pilah. Mana sekiranya yang bisa digunakan kembali dan mana yang harus benar-benar dibuang karena mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow