0
55
0
Siapa Sangka Si Bunga Santet Sedap Malam Bisa Sembuhkan Rematik, Radang Tenggorokan, dan Insomnia
3 weeks 'ago'

Salah satu bunga yang banyak dikenal masyarakat adalah sedap malam. Bunga berwarna putih dan beraroma harum ini mempunyai sifat yang lain dibanding bunga lainnya. Pasalnya sedap malam hanya mekar dan mengeluarkan aroma wangi pada malam hari.

Itulah sebabnya bunga ini kental dengan mitos mistis. Beberapa orang percaya bahwa jika kita menerima pemberian atau bingkisan berupa bunga sedap malam, artinya pemberi bingkisan tidak senang kepada kita bahkan benci. Mitos lain juga mengaitkan bunga sedap malam dengan ilmu hitam. Bunga sedap malam dikatakan dapat menjadi sarana mengirimkan teluh atau santet.

Padahal bunga sedap malam, seperti bunga lain, tidak ada kaitannya dengan mistis apalagi hantu, setan, santet dan ilmu hitam. Ternyata bunga sedap malam justru memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga sedap malam bagi kesehatan

Salah satu manfaat bunga sedap malam adalah untuk mengobati bisul dan bengkak. Caranya ambil akar sedap malam secukupnya. Cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang bengkak atau bisul. Lakukan secara teratur hingga bengkak atau bisulnya sembuh.

Bunga sedap malam juga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Pasalnya sedap malam dipercaya dapat mencegah anemia atau kurang darah. Selain itu ramuan sedap malam juga bisa menghilangkan gejala lemas dan mudah lelah serta mencegah tubuh terserang penyakit.

Caranya ambil 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gram kacang kapri, 100 gram udang, sebutir telur ayam, 10 gram jahe, dan dua siung bawang putih. Tumis semua bahan tersebut menggunakan minyak goreng non-kolesterol. Tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan lalu masak hingga matang. Hidangkan sebagai lauk makan sehari-hari.

Jika Anda memiliki masalah susah tidur atau insomnia tidak ada salahnya mencoba ramuan bunga sedap malam. Insomnia umumnya disebabkan beban pikiran yang membuat seseorang tidak tenang. Jika dibiarkan dan terjadi terus menerus, insomnia bisa mengganggu kesehatan dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Bunga sedap malam diyakini dapat mengatasi kondisi ini. Pasalnya wangi bunga sedap malam dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Caranya cukup mudah, bisa dengan menggunakan bunga sedap malam sebagai aromatherapy. Selain itu bisa juga mengolahnya menjadi tumisan sedap malam.

Siapkan 30 kuntum bunga sedap malam dan 15 gram buah kie cie. Buah ini bisa dibeli di toko obat China. Siapkan pula dua siung bawang putih, empat siung bawang merah, 10 gram jahe, satu atau dua buah hati ayam, merica dan garam. Iris bawang putih dan merah lalu tumis  bersama semua bahan menggunakan minyak goreng non-kolesterol. Tambahkan tepung tapioka yang telah diencerkan secukupnya. Masaklah sampai matang.

Bungan sedap malam juga bisa digunakan untuk menyembuhkan katarak. Caranya ambil sekitar 50 kuntum bungan sedap malam. Tambahkan sekitar 1.500 cc air, rebus hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci mata yang terserang katarak.

Cara membuat: rebuslah bunga-bunga tersebut dengan takaran air 1.500 cc sampai mendidih. Tunggulah sampai dingin. Setelah dingin baru kemudian digunakan untuk mencuci mata.

Campuran bunga sedap malam, jahe, dan daun bawang putih ternyata sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan influenza. Caranya, campur 20 gram akar sedap malam, 15 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Rebus dengan 600 cc air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah agak dingin minum air ramuan tersebut dua kali, masing-masing 150 cc.

Bunga sedap malam juga bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Caranya, siapkan 20 gram akar sedap malam dan 25 gram sambiloto segar. Rebus bersama 600 cc air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum sebanyak dua kali, masing-masing 150 cc.

Bunga sedap malam juga bisa digunakan untuk mengatasi rematik. Caranya, sediakan 30 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe merah dan gula merah secukupnya. Rebus dengan 400 cc air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum dalam dua kali.  

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat bunga sedap malam adalah dengan mencapurkannya pada makanan. Beberapa jenis sayuran, seperti sup akan terasa lebih gurih dan wangi setelah ditambahkan bunga sedap malam.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow