Home » Kongkow » Kesehatan » Ini Macam-macam Sayuran Berwarna Hijau dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ini Macam-macam Sayuran Berwarna Hijau dan Manfaatnya untuk Kesehatan

- Kamis, 27 Juni 2019 | 15:35 WIB
Ini Macam-macam Sayuran Berwarna Hijau dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Macam-macam Sayuran

Aneka sayuran hijau / Sumber: iStockphoto.com

Sayuran merupakan salah satu bahan pangan dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Beberapa jenis sayuran sangat mudah ditemui. Kemudahan dalam menemukan ragam sayuran ini membuat banyak orang suka mengonsumsi sayuran dengan diolah ke berbagai macam masakan. Tak hanya mudah ditemukan dan rasanya yang lezat, di setiap macam-macam sayuran memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan kesehatanmu. Apalagi pada sayuran berwarna hijau. Segudang manfaat ada di balik sayuran berwarna hijau. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui macam-macam sayuran dengan segudang manfaat baiknya untuk tubuh, berikut ini  beberapa macam-macam sayuran beserta manfaatnya

Brokoli dan Kubis

Macam-macam Sayuran

Brokoli dan Kubis / Sumber: iStockphoto

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu dari macam-macam sayuran berwarna hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya kaya akan serat, vitamin, dan mineral saja. Brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Kandungan vitamin C di dalamnya, juga sangat baik untuk kebutuhan tubuh Anda. Sayur brokoli juga dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, ada manfaat brokoli lainnya untuk kesehatan tubuh seperti membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita yang sedang hamil, membantu penderita depresi, dan lain sebagainya.

Kubis

Sayur kubis juga termasuk ke dalam macam-macam sayuran yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kubis untuk kesehatan seperi bisa melawan kanker, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan, baik untuk tulang gigi, ginjal, jantung, dan kesehatan kulit.

Bayam dan Kangkung

Macam-macam Sayuran

Bayam / Sumber: iStockphoto

Bayam

Macam-macam sayuran berwarna hijau selanjutnya adalah bayam. Sayuran yang sangat mudah ditemukan dan mudah dibuat ke dalam aneka masakan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu, bayam juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk darah. Bayam juga memiliki kandungan lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, bayam juga memiliki beraneka macam vitamin seperti A, C, K, dan juga folat.

Kangkung

Sama seperti bayam, kangkung juga termasuk ke dalam macam-macam sayuran yang sangat mudah ditemukan dan diolah ke berbagai macam jenis masakan. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan mengonsumsi olahan kangkung, bisa membuat ngantuk. Namun Anda jangan langsung menghapus sayuran ini ke dalam daftar bahan untuk memasak, ya. Soalnya, di dalam sayur kangkung memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti vitamin A dan vitamin C. Selain itu, ada juga vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan hormon sehingga mampu menciptakan suasana nyaman. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kangkung bisa bikin ngantuk. Masih ada lagi, kangkung juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Banyak sekali nutrisi di dalam sayur kangskung ini. Maka tak heran kalau mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa merasakan manfaat kangkung yang luar biasa untuk kesehatan seperti mengobati anemia, menurunkan kolesterol, anti diabetes, anti penuaan, mencegah radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Pare dan Daun Singkong

Macam-macam Sayuran

ilustrasi pare (sumber: iStockphoto)

Pare

Banyak orang yang menghindari mengonsumsi sayuran hijau satu ini. Ya, pare merupakan salah satu sayuran berwarna hijau yang memiliki rasa pahit saat sudah diolah sekalipun. Namun siapa sangka, pahitnya sayur ini ternyata memiliki segudang serat yang tinggi. Selain itu, terdapat kandungan kalsium, kalium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A di dalamnya. Maka tak heran kalau pare memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.

Daun Singkong

Sayuran berwarna hijau yang satu ini sangat mudah ditemui. Selain mudah ditemui, daun singkong juga sangat mudah diolah menjadi berbagai olahan masakan sederhana. Untuk itu, jangan sampai kamu tidak mengonsumsi sayuran ini. Soalnya, pada daun singkong memiliki kandungan protein dan zat besi yang cukup tinggi. Selain itu, ada juga vitamin A dan vitamin C. Jika diabndingkan dengan sayur bayam, daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara. Bahkan kandungan protein pada daun singkong empat kali lipat dan vitamin A dua kali lipat dari bayam.

Seledri dan Selada

Macam-macam Sayuran

seledri (Adrian Putra/Bintang.com).

Seledri

Seledri merupakan sumber mineral yang sangat kaya seperti kalsium, zat besi, dan kalium. Selain mineral, dalam seledri juga terkandung vitamin A dan vitamin C. Komponen aktif dengan nama phthalides di dalam seledri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Daun seledri ini memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan bila dikonsumsi secara rutin. Adapun manfaat daun seledri ini seperti peluruh urine, peluruh haid, menurunkan tekanan darah, penghenti pendarahan, pembersih darah (detoks), anti kejang, menghentikan kanker, serta mampu menghambat pertumbuhan sel tumor.

Selada

Selada juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mampu mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, mencegah kanker, membantu sembelit, serta meningkatkan kesehatan hati. 

Cari Artikel Lainnya