999 +
0
30
0
Aman dan Hemat, Begini Cara Membuat Kompos Sendiri
4 weeks 'ago'

Aman dan Hemat, Begini Cara Membuat Kompos Sendiri

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Ada begitu banyak kelebihan menggunakan kompos sebagai pupuk tanaman. Selain baik untuk menutrisi tumbuhan, efek samping yang diberikan oleh kompos jauh lebih sedikit dan tentunya lebih aman dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia. Bagi anda yang menyenangi tanaman, pasti sudah tak asing dengan penggunaan pupuk kompos. Memakai pupuk kompos sebagai pengganti pupuk berbahan kimia akan memberikan hasil yang baik. Menggunakan pupuk kompos bisa membuat tanaman tumbuh sehat, kuat, dan hasil panen yang banyak. Selain itu, penggunaan kompos sebagai pupuk juga tidak akan merusak tanah.

 Cara Membuat Kompos


Dan yang terpenting adalah, dengan menggunakan kompos, biaya untuk merawat tanaman jauh lebih murah. Bahkan, bagi yang ingin membuat pupuk kompos sendiri di rumah, bisa memanfaatkan sisa-sisa sampah dapur. Cara membuat kompos terbilang cukup mudah dilakukan oleh siapa dan di mana saja. Selain ramah lingkungan, pupuk kompos juga memiliki nilai ekonomis tersendiri. Yuk intip cara membuat kompos berikut ini:

Menyiapkan Wadah

Bagi sebagian orang, membuat kompos sangat melelahkan dan membutuhkan banyak waktu. Sebenarnya dalam membuat kompos, kita bisa memanfaatkan wadah atau tempat yang lebih kecil, dibandingkan membuat kompos dengan menggali tanah.  tips cara membuat kompos yang mudah dilakukan di rumah, seperti menggunakan sebuah wadah. Wadah kompos bisa menggunakan tempat sampah, ember besar, atau dengan menggunakan wadah khusus soil saver. Membuat kompos identik dengan pembusukan bahan organik, sehingga  bisa memanfaatkan sampah sisa dapur, seperti daun bawang, tomat, potongan sayur, dan sampah organik lainnya. Dan, yang diperlukan hanyalah mengumpulkan sampah-sampah organik tersebut dalam wadah dan menunggu bakteri baik yang akan mengurainya.

 Cara Membuat Kompos


Ada dua tipe wadah atau tempat sampah yang bisa digunakan sebagai cara membuat kompos, model stationer dan model berputar. Umumnya, wadah-wadah tersebut bisa digunakan untuk membuat kompos, yang terpenting adalah adanya rongga udara. Selain itu, juga harus memperhatikan sebelum membuat kompos, yakni wadah kompos harus mampu mempertahankan kelembaban dan panas yang ada di dalam, sehingga kompos akan lebih cepat dibuat.

Mencampurkan Bahan

Setelah menemukan wadah yang pas untuk melakukan pengkomposan, berikut tahap selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat kompos. Ada beberapa lapisan yang harus di ketahui terlebih dahulu sebelum melanjutkan cara membuat kompos ini. Sebelum menumpuk dan mencampurkan semua bahan kompos, wadah kompos yang sudah disediakan harus diberi lapisan untuk menjaga kelembabannya. Lapisannya bisa memakai koran yang sudah dihaluskan, serpihan kayu, atau bisa juga daun kering.

 Cara Membuat Kompos


Kombinasi lapisan terbawah ini bisa juga menambahkan potongan rumput atau sampah dapur yang berwarna hijau. Untuk sampah dapur, jangan campurkan bahan organik sayur dengan sisa makanan seperti daging, tulang ikan dan sejenisnya, karena bisa mengundang hewan lain dan merusak wadah kompos. Mulai dengan menumpuk dengan bahan kompos yang berukuran besar seperti ranting atau bahan kayu. Lalu tambahkan bahan hijau, seperti dedaunan dan sampah dapur hijau. Setelahnya kita bisa menumpuk bahan lainnya.

Jangan Lupa Mengecek Kompos

Apabila bahan semua sudah tertumpuk, jangan lupa untuk selalu menutup wadah dan beri sedikit rongga untuk keluar masuknya udara. Menjaga kelembaban menjadi kunci untuk membuat kompos dengan hasil yang baik. Usahakan untuk melakukan pengecekan kompos setiap harinya, jangan lupa juga untuk menambahkan baru dan mengaduk kompos. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meratakan bakteri pengurai dan untuk memastikan proses pembusukan berlangsung dengan baik.

 Cara Membuat Kompos
Dalam beberapa hari setelah membuat kompos, tidak boleh lupa untuk mengecek kondisi kompos dengan menyentuh bahan kompos bagian bawah. Apakah hangat atau tidak, berbau atau tidak. Tinggalkan kompos dalam beberapa waktu dengan pengecekan rutin. Dalam beberapa bulan, bahan-bahan kompos akan berubah menjadi gelap dengan tekstur menyerupai tanah. Bahkan berbau seperti tanah lho.

Hindari Beberapa Hal ini
Sebelum mencoba cara membuat kompos, harus mengetahui beberapa hal ini:

-    Jangan mencoba dalam skala terlalu kecil. Jika ingin membuat kompos yang efektif, kita harus memperhatikan seberapa banyak bahannya, kalau jumlahnya masih sedikit, maka akan semakin sulit.
-    Jangan hanya mengandalkan satu bahan saja. Untuk menghasilkan kompos dengan tekstur dan 
nutrisi yang baik, usahakan banyak bahan yang digunakan.
-    Jaga kelembaban. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kelembaban adalah hal terpenting dalam membuat kompos. Usahakan wadah kompos selalu lembab ya. 

 Cara Membuat Kompos


Kompos akan membuat tanaman Sahabat Dream tumbuh dengan baik, dan memiliki nilai tambah lainnya. Aman dan hemat, kenapa tidak? 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow