999 +
0
24
0
7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantik
4 weeks 'ago'

Obat ajaib dalam tanah kita

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantiksos-chefs.com

Mungkin sebagian kamu hanya mengenal dandelion sebagai gulma berbunga putih yang bulunya bakal berguguran kala angin menyapa. Faktanya, ada sejumlah manfaat mengesankan dari akar dandelion kalau kita tahu cara meramunya dengan benar. Ternyata semua bagian dari dandelion memang telah digunakan untuk pengobatan tradisional selama berabad-abad. Dalam pengobatan Cina, akar dandelion dikeringkan dalam bentuk bubuk, kapsul dan dibuat menjadi teh. Berikut khasiat selengkapnya dari akar dandelion yang mungkin belum kamu tahu.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantikpexels.com/ Jonas Mohamadi

Akar dandelion merupakan sumber inulin yang kaya dan memiliki efek pencahar yang direkomendasikan untuk membantu pencernaan setelah makan. Akar ini juga dapat mendorong pertumbuhan bioma usus yang sehat. Akar dandelion mampu membantu pencernaan makanan yang berlemak dengan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Meminum ramuan ini dapat juga menambah nafsu makan, mengurangi gas, dan meredakan sembelit. 

2. Mendetoksifikasi dan mencegah kerusakan hati

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantikpexels.com/ Designecologist

Dilansir dari laman sciencedirect.com, hasil penelitian menunjukkan bahwa akar dandelion sebenarnya dapat mencegah fibrosis hati karena menghirup karbon tetraklorida. Ini juga yang dapat mencegah kerusakan hati akibat alkohol. Dalam pengobatan tradisional, akar dandelion adalah tonik untuk kerusakan hati yang populer, sebab kaya akan zat besi, vitamin A dan kalsium. Akar ini diperkirakan mampu meningkatkan produksi empedu, membersihkan hati dan kantong empedu. 

3. Diuretik yang baik untuk tubuh

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantiksos-chefs.com

Penelitian yang dilakukan oleh Bevin A Claire dan Richard S. Conroy di Tai Sophia Institute, Maryland tahun 2009, telah memverifikasi bahwa akar dandelion adalah diuretik tradisional berkualitas yang baik untuk tubuh. Akar ini juga dinilai membantu pembilasan racun dan mendukung kesehatan fungsi ginjal. Kalau kamu merasakan encok, rematik atau pembengkakan sendi lainnya, ramuan akar ini cocok untuk dikonsumsi. Khasiat lain juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih.

4. Mengobati peradangan

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantikpexels.com/rawpixel

Akar dandelion telah lama digunakan untuk mengobati berbagai peradangan seperti radang organ, sendi, dan pembengkakan. Kandungan fitonutrien dan asam lemak esensial dalam akar membuatnya efektif memerangi peradangan. Fitonutrien adalah antioksidan alami yang terkandung dalam tanaman dan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

5. Anti kanker

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantikpexels.com/revac film's&photography

Berdasarkan jurnal Oncotarget  oleh Pamela Ovadje yang diterbitkan tahun 2006 memaparkan bahwa akar dandelion punya reputasi dalam memperlambat sel kanker pankreas, leukemia dan melanoma karena kemampuannya untuk menginduksi apoptosis. Apoptosis adalah suatu proses dimana sel-sel mendaur ulang kemampuan mereka sendiri. Hal ini memungkinkan sel-sel dengan protein yang rusak untuk dibangun kembali sebagai sel-sel baru, proses ini sangat penting untuk menghentikan proliferasi sel kanker dalam tubuh. 

6. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantikpexels.com/rawpixel

Akar dandelion merupakan sumber serat dan kalium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Akar ajaib ini juga dapat mengontrol kadar kolesterol, menurunkan trigliserida dan mempertahankan rasio HDL yang sehat, yaitu kolesterol "baik" yang dapat menjaga sistem kardiovaskular berfungsi normal.

7. Melancarkan produksi ASI

7 Manfaat Tak Terduga Akar Dandelion, Tanaman Gulma Berbunga Cantikpexels.com/Public Domain Pictures

Meskipun bukti ilmiahnya masih sedikit, tapi akar ini telah digunakan oleh ibu menyusui untuk membantu merangsang produksi ASI dan mengatur hormon dari sejak berabad-abad silam. Beberapa ahli berteori bahwa akar dandelion mungkin tidak membantu meningkatkan laktasi itu sendiri, tetapi vitamin dan mineral dari akar mampu berkontribusi pada kesehatan ibu secara keseluruhan sehingga laktasi jadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat menakjubkan dari akar dandelion. Apakah kamu tertarik mencoba? 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow