0
26
0
5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lho
4 weeks 'ago'

Ayo jaga kelestariannya 

5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lhounsplash/Martin Zangerl

Hutan hujan adalah hutan yang memiliki curah hujan yang tinggi, sekitar 250-450 cm setiap tahunnya. Ada 2 jenis hutan hujan, yaitu hutan hujan tropis dan hutan hujan temperate. Hutan hujan tropis terdapat di daerah tropis, sedangkan hutan hujan temperate terdapat di kawasan yang memiliki 4 musim misalnya Eropa Keberadaan hutan hujan sangat penting bagi kelangsungan hidup bukan saja hewan dan tumbuhan, tapi juga manusia. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang memiliki kawasan hutan hujan yang luas. Yuk, kita pelajari 5 manfaat vital hutan hujan supaya kita makin mengerti mengapa kelestariannya perlu kita jaga.

1. Penyimpan cadangan air

5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lhodetourdestinations.com

Kamu tentu sudah tahu bahwa salah satu fungsi utama hutan adalah menyimpan air. Tapi seberapa banyak? Seperlima dari seluruh air tawar yang ada di dunia tersimpan di Hutan Amazon. Itu baru di Amazon saja, belum termasuk di Indonesia dan negara-negara lain. Maka bayangkan ada berapa banyak air yang disimpan oleh hutan di seluruh dunia!

Hutan hujan bisa menyimpan begitu banyak air karena dipenuhi pepohonan yang mampu menahan air di akar-akarnya di dalam tanah. Jika pepohonan terus ditebangi, bukan saja manusia akan kekurangan cadangan air tawar, tapi juga bisa terancam banjir dan tanah longsor.

2. Penyedia oksigen

5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lhopexels/Skitterphoto

Sebagai hutan hujan terbesar di dunia, Hutan Hujan Amazon memang menghasilkan begitu banyak sumber daya bagi manusia. Selain air, jumlah oksigen yang dihasilkan juga gak kalah fantastis. Lebih dari 20 persen oksigen di dunia dihasilkan oleh hutan ini. Sekali lagi, itu belum termasuk hutan hujan lain.

Oksigen yang dihasilkan hutan hujan gak hanya dirasakan oleh makhluk hidup di sekitar hutan itu saja. Kita yang hidup berkilo-kilometer dari hutan hujan pun turut merasakan manfaatnya. Maka bayangkan apa yang akan kita rasakan jika hutan hujan terus berkurang akibat ditebangi.

3. Pengendali iklim dan cuaca

5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lhoupi.com

Hutan hujan berperan penting dalam menjaga iklim, suhu, dan pola cuaca di seluruh dunia. Tanpa adanya hutan hujan, cuaca bisa menjadi tak terkendali, dan perubahan iklim pun akan berlangsung makin cepat. Dan itu akan dirasakan oleh seluruh bagian dunia, gak hanya daerah yang memiliki hutan hujan saja.

4. Surga keanekeragaman hayati

5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lhopexels/Maddie Franz

Hutan hujan adalah rumah bagi ribuan spesies hewan dan tumbuhan. Sekitar 50 persen spesies hewan dan tumbuhan yang ada di dunia tinggal di hutan hujan! Maka keberadaan hutan hujan sangat penting agar mereka bisa tetap lestari pula dan terhindar dari kepunahan.

Memangnya apa manfaat hewan dan tumbuhan itu bagi kita? Selain tentu saja mereka menjaga keseimbangan ekosistem, banyak hewan dan tumbuhan memiliki keunikan genetika yang bisa diambil manfaatnya oleh manusia. Misalnya, 25 persen dari seluruh obat-obatan modern di dunia berasal dari tumbuhan di hutan hujan.

Dari seluruh tumbuhan yang diketahui bermanfaat untuk menangani kanker, 70 persennya hanya bisa ditemukan di hutan hujan, tidak di tempat lain. Dan potensinya masih jauh lebih besar lagi, karena baru kurang dari 1 persen tumbuhan hutan hujan yang benar-benar telah diteliti manfaatnya bagi dunia kesehatan.

5. Tempat hidup manusia

5 Manfaat Hutan Hujan, Berpengaruh Langsung ke Kehidupan Kita Lhogreenarea.me

Bagi banyak orang, hutan hujan bahkan bukan hanya sekadar tempat yang punya banyak manfaat. Hutan hujan itu sendiri adalah tempat tinggal dan tempat hidup mereka. Ya, ada sekitar 50 juta orang di seluruh dunia yang tingga di dalam hutan, dan mereka menggantungkan seluruh hidupnya pada sumber daya dari hutan.

Orang-orang tersebut umumnya hidup dalam suku-suku. Mereka membuat rumah dari kayu-kayu hutan, serta mencari makan dari berburu hewan dan mencari buah-buahan. Bagi mereka, hutan adalah hidup mereka. Maka jika hutan hujan semakin berkurang, tentu mereka akan menderita karena kehilangan tempat hidup bukan?

Itulah 5 manfaat hutan hujan yang perlu kita ketahui. Ternyata manfaatnya jauh lebih besar dari yang kamu kira bukan? Maka tentu kita semua bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian hutan hujan supaya kita dan generasi mendatang bisa terus merasakan manfaatnya yang luar biasa.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow