0
23
0
Ketahuilah, Ini 7 Penyebab Mata Sering Berair di Saat Tak Seharusnya
4 weeks 'ago'

Air mata merupakan salah satu cara tubuh untuk melindungi permukaan mata dan menghalangi benda asing masuk ke mata. Akan tetapi, meskipun mata berair adalah hal yang wajar, namun mata yang terlalu banyak memproduksi air mata atau bahkan air mata yang sulit mengalir keluar bisa menjadi masalah yang serius. Oleh karenanya, ketahui beberapa penyebab mata berair berikut ini.

1. Mata kering

Meski terdengar aneh, mata berair bisa jadi pentanda dari kondisi mata yang kering. Kondisi ini merupakan hal yang wajar sebagai respons tubuh yang mendeteksi bahwa permukaan mata terlalu kering. Sebab, dalam kondisi tersebut otak akan memerintahkan kelenjar air mata untuk memproduksi air mata untuk melindungi mata kamu dari masuknya benda asing ke dalam mata, serta hal-hal lain.

2. Saluran air mata tersumbat

Saluran air mata pada dasarnya memiliki fungsi untuk menyalurkan air mata yang diproduksi dalam kelenjar air mata ke seluruh permukaan mata. Akibatnya, jika saluran ini tersumbat maka air mata akan menumpuk berlebihan dan menyebabkan mata berair pada sebagian mata atau seluruhnya. Biasanya, hal ini disebabkan oleh cedera pada area mata, peradangan, atau infeksi tertentu, bahkan adanya tumor di sekitar bagian mata.

3. Alergi

Saat tubuh mengalami alergi, mata bisa menjadi salah satu penandanya lho. Sebab, mata yang berair, merah, dan gatal merupakan reaksi alergi yang umum terjadi. Mata yang berair karena alergi biasanya akan disertai dengan gejala khas alergi lainnya seperti bersin-bersin, gatal, kulit ruam, hingga hidung tersumbat atau pilek.

4. Infeksi

Mata berair bisa menjadi tanda jika kamu mengalami infeksi mata seperti konjungtivitis (mata merah), bintitan, dan infeksi lainnya. Hal ini merupakan reaksi dari sistem imun tubuh untuk menyerang bakteri, kuman, atau virus yang menyebabkan infeksi tersebut. Untuk menanganinya kamu bisa konsultasikan lebih lanjut dengan dokter agar mendapatkan obat yang tepat.

5. Kelilipan

Kelilipan atau kemasukan benda asing akan memicu kelenjar mata memproduksi lebih banyak air mata. Hal ini merupakan salah satu respons mata untuk mendorong keluar benda asing yang masuk terebut. Umumnya, kelilipan akan disertai dengan rasa gatal di seputar mata. Jika kondisi ini terjadi pada kamu, sebaiknya jangan menggaruk mata karena dapat memicu terjadinya iritasi pada mata.

6. Adanya masalah pada kornea

Kornea merupakan lapisan bening terluar mata yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama terhadap kuman, kotoran, atau apapun yang akan masuk ke mata. Oleh karenanya, hal apapun yang mengganggu kornea dapat membuat mata menjadi berair. Bahkan, kondisi tersebut biasanya disertai dengan rasa sakit dan kemerahan.

7. Adanya masalah pada kelopak mata

Masalah kelopak mata yang bisa menyebabkan mata berair adalah ektropion dan entropion. Di mana, ektropion adalah keadaan kelopak mata yang membalik ke arah luar sehingga tepinya tidak menyentuh bola mata. Sedangkan, entropion adalah kondisi kulit kelopak mata yang terbalik atau terlipat ke arah dalam mata sehingga menyebabkan bulu mata menggesek bola mata. Untuk mengatasi kondisi tersebut, coba gunakan obat tetes mata hingga keadaan mata kembali nyaman.

Jangan meremehkan keadaan mata yang berair. Sebab, jika mata berair tidak segera diatasi dengan cara yang benar, mata bisa menjadi iritasi dan menyebabkan gangguan pada penglihatan. Parahnya, mata bahkan bisa menjadi buta.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow