999 +
0
38
0
Perbedaan Cuaca dan Iklim Lengkap Beserta Unsur-unsurnya
1 month 'ago'

Banyak orang yang beranggapan bahwa cuaca dan iklim merupakan keadaan yang sama. Kedua peristiwa alam tersebut masing-masing memang mempunyai kesamaan. Namun apakah anda tahu kalau kenyataannya cuaca dan iklim memiliki perbedaan yang mendasar.

Cuaca dan iklim merupakan peristiwa alam yang sangat dekat dan berkaitan dengan kehidupan manusia. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai pebedaan cuaca dan iklim, lengkap beserta penjelasan dan contohnya.

Definisi Cuaca dan Iklim

cuaca dan iklim

pingpdf.com

Cuaca merupakan kondisi atau keadaan udara, yang terjadi di suatu tempat tertentu yang relatif sempit dalam periode waktu tertentu. Cuaca yang ada tersebut ditandai dengan perbedaan siang dan malam, serta bisa berubah sewaktu-waktu dengan singkat hanya membutuhkan beberapa jam saja.

Cuaca tersebut terjadi akibat perbedaan suhu serta kelembaban udara antara suatu tempat dengan tempat lainya. Ilmu pelajaran yang mempelajari tentang cuaca adalah meteorologi.

Indonesia telah mempunyai lembaga yang khusus mengamati cuaca yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Lembaga tersebut mempunyai tugas untuk mencatat dan mengamati aktifitas udara. Meliputi suhu dan tekanan udara, curah hujan, angin serta aktifitas awan.

Tidak hanya berpusat di Jakarta saja. BMKG juga mempunyai stasiun-stasiun pemantau cuaca yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Iklim merupakan kondisi atau keadaan rata-rata cuaca di suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan berdasarkan perhitungan waktu yang biasanya mencapai 10-30 tahun. Iklim di suatu wilayah dipengaruhi oleh letak geografis wilayah itu sendiri. Yang berarti, perbedaan iklim pada suatu wilayah dipengaruhi oleh posisi relatif matahari terhadap wilayah tersebut di bumi.

Matahari merupakan sumber energi sekaligus pengendali iklim yang terjadi di bumi. Sehingga posisi relatif matahari dapat membuat gerak udara dan arus laut, sama dengan cuaca ilmu yang mempelajari tentang iklim adalah Klimatologi.

Perbedaan Cuaca dan Iklim

perbedaan cuaca dan iklim

gentlemancode.id

Dari pengertian di atas sudah terlihat cuaca dan iklim mempunyai perbedaan yang mendasar. Yaitu perbedaan dari luas wilayah cakupan dan waktu pengamatannya. Dari kedua perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan cuaca dan iklim, sebagai berikut :

  • Cakupan wilayah dan waktu pengamatan tentang cuaca lebih sempit dan terbatas, sedangkan cakupan wilayah dan waktu pengamatan iklim lebih luas.
  • Waktu pengamatan terhadap cuaca di suatu wilayah dapat dilakukan selama 24 jam, sementara itu waktu pengamatan iklim dilakukan selama kurun waktu 10-30 tahun.
  • Cuaca memiliki sifat cepat berubah dan tidak stabil, sedangkan iklim memiliki sifat yang stabil dan sulit berubah.
  • Prediksi atau prakiraan cuaca lebih mudah dilakukan daripada melakukan prediksi atau prakiraan iklim.

Unsur Cuaca dan Iklim

unsur cuaca dan iklim

trapratam.wordpress.com

Setelah membahas dan mengetahui tentang pengertian cuaca dan iklim serta perbedaannya. Sekarang mari kita belajar mengenai pengetahuan unsur-unsur cuaca dan iklim. Cuaca dan iklim memiliki kesamaan dalam unsur-unsurnya yaitu, sinar matahari, suhu, kelembaban udara, tekanan udara, angin, awan dan curah hujan.

Pengetahuan tentang unsur-unsur cuaca dan iklim ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Seperti pertanian, penerbangan, komunikasi, pelayaran, dan perdagangan. Serta bermanfaat untuk mengurangi Penyebab Pemanasan Global yang sedang terjadi di bumi.

Sinar Matahari


xinar matahari unsur cuaca dan iklim

cara-praktis-belajar-geografi.blogspot.com

Unsur yang pertama ialah sinar matahari. Matahari menjadi pusat dalam sistem tata surya, yang mana seluruh planet-planet di tata surya berputar mengelilingi matahari.

Proses perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi, sedangkan proses bumi beredar mengelilingi matahari dikenal dengan nama revolusi. Kedua hal tersebut berpengaruh bagi perubahan cuaca maupun iklim yang ada di bumi.

Matahari memancarkan sinarnya ke setiap sudut bumi dengan dibantu oleh proses rotasi dan revolusi bumi. Sehingga mempengaruhi cuaca serta iklim yang ada di bumi.

Suhu

Selanjutnya adalah suhu, suhu juga masih berhubungan dengan sinar matahari. Karena perbedaan suhu di bumi disebabkan oleh perbedaan tingkat radiasi sinar matahari ke permukaan bumi. Radiasi yang masuk ke permukaan bumi tersebut akan diserap oleh bumi yang sebagian juga akan di pantulkan.

Nah, pantulan radiasi sinar matahari inilah yang mempengaruhi perbedaan suhu di bumi. Selain itu lamanya radiasi matahari yang masuk ke permukaan tadi juga mempengaruhi suhu pada suatu wilayah.

Kelembaban Udara

suhu cuaca dan iklim

id.kisspng.com

Kelembaban udara adalah jumlah uap air yang terkandung dalam udara. kelembaban ini berpengaruh pada pengendapan air di dalam udara yang dapat terbentuk awan, kabut, embun serta hujan. Kelembaban udara terdiri dari dua macam yaitu kelembaban relatif dan absolut. Pada suatu daerah dapat diukur kelembaban udaranya dengan menggunakan alat yang bernama hidrografi.

Angin

Angin adalah udara yang bergerak yang disebabkan oleh adanya perbedaan suhu pada suatu daerah. Perbedaan suhu di bumi akan membuat tekanan udara berubah sehingga akan menimbulkan terjadinya angin. Tekanan udara di suatu tempat akan naik jika suhunya rendah, begitu juga sebaliknya.

Awan

kelembaban cuaca dan iklim

id.kisspng.com

Awan ialah suatu titik-titik air atau kristal es halus di atmosfer yang berkumpul menjadi satu. Udara dari permukaan bumi yang naik akan berubah menjadi dingin dan akan menambah kelembaban udara. Setelah udara sampai pada titik jenuh dengan air akan menjadi awan ketika mencapai ketinggian tertentu.

Jumlah awan ini sangat di pengaruhi oleh perbedaan musim di suatu wilayah. Misalnya pada musim kemarau jumlah awan akan sedikit dan ketika musim penghujan jumlah awan akan meningkat.

Curah Hujan

Unsur cuaca dan iklim yang selanjutnya dan terakhir adalah curah hujan. Curah hujan merupakan tingkat intensitas hujan dalam suatu wilayah.

Proses terjadinya hujan akan diawali dengan penguapan air pada sumber-sumber air, yakni sungai, danau, laut dan samudera. Uap air tersebut akan naik ke udara dan semakin tinggi terbawa oleh angin sehingga berubah menjadi awan.

Contoh Pernyataan Cuaca dan Iklim di Kehidupan Sehari-hari

Perbedaan cuaca dan iklim akan lebih mudah kita pahami jika berbentuk pernyataan, kalimat yang dipakai untuk menerangkan kondisi fisis atmosfer tersebut. Berikut konteks pernyataan kalimat cuaca dan iklim yang sering kita temui sehari-hari.

Contoh Pernyataan Cuaca di Kehidupan Sehari-hari

  • Suhu udara di Surabaya hari ini mencapai 30 °C.
  • Besok diprakirakan hujan terjadi di Bogor, arah angin dari selatan dengan kecepatan mencapai 25 km/jam.
  • Kemarin di Jakarta hanya gerimis saja.
  • Telah terjadi cuaca ekstrem tiga hari yang lalu.
  • Cuaca pagi hari di Yogyakarta hujan dan cuaca pada sore harinya diprakirakan cerah.

Contoh Pernyataan Iklim di Kehidupan Sehari-hari

  • Suhu udara di Semarang sepanjang tahun berkisar 27 °C.
  • Curah hujan di Yogyakarta berkisar 200 – 500 mm pada bulan Maret.
  • 10 tahun terakhir cuaca ekstrem semakin sering terjadi.
  • Musim hujan 2018 diprakirakan lebih awal daripada tahun sebelumnya.
  • Musim kemarau pada tahun ini lebih kering daripada sebelum-sebelumnya.
  • Indonesia dan negara lain yang berada di garis katulistiwa memiliki iklim tropis.

demikian ulasan tentang cuaca dan iklim meliputi definisi cuaca dan iklim, perbedaan keduanya, dan tentang unsur-unsur dan beberapa contohnya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow