Home » Kongkow » kongkow » Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?

Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?

- Kamis, 13 Juni 2019 | 10:40 WIB
Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?

Foto: IstockFoto: Istock

 Mentimun sebenarnya masuk dalam kategori buah atau sayur? Karena mentimun enak dinikmati sebagai minuman ataupun lalapan. Mentimun sering menjadi lalapan yang disajikan bersamaan dengan kol atau daun kemangi. Memiliki rasa yang renyah, mentimun memang cocok dijadikan sebagai makanan pelengkap yang memberi sensasi segar. Bagi Anda yang gemar memakan mentimun, tentu Anda juga ingin tahu apakah mentimun jenis buah atau sayuran, dan apa nutrisinya.
 

Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?Foto: Istimewa


Menurut ilmu pengetahuan, buah diartikan sebagai bagian dari tanaman yang berkembang dari bunga dan juga mengandung biji tanaman. Karena mentimun termasuk yang berkembang dari bunga dan mengandung biji, maka mentimun bisa dikatakan sebagai buah. Bukan hanya mentimun, jenis lain seperti kacang, paprika, labu dan tomat ternyata juga dapat dikategorikan sebagai buah. 

Namun dalam pandangan ahli dan bidang kuliner, buah-buahan dan sayuran dapat dibedakan berdasarkan rasa dan tekstur. Karena mentimun biasa digunakan menjadi hidangan yang gurih dan rendah kadar gula, itulah mengapa mentimun dianggap sebagai sayuran oleh para ahli dan chef.

 

Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?Foto: Istock


Maka apa perbedaan dari buah dan sayuran? Para ahli kuliner percaya bahwa cara membedakan buah dan sayuran adalah dari rasa, tekstur, dan penggunaannya dalam hidangan tertentu. 

Buah biasanya memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut. Sedangkan sayuran, biasanya memiliki tekstur yang keras dan memiliki rasa pahit.

Terlepas dari pertanyaan apakah mentimun jenis buah atau sayuran, ternyata mentimun adalah jenis tanaman yang dapat dimakan, kaya nutrisi dan rendah kalori, serta mengandung banyak air yang dapat meningkatkan hidrasi, dan efektif dalam penurunan berat badan.

Bukan hanya itu, menurut para ahli kecantikan, mentimun adalah bahan kecantikan yang efektif untuk kulit. Mentimun dapat menghilangkan lingkaran hitam dan mata bengkak atau bisa digunakan sebagai masker wajah, toner atau sabun.

Cari Artikel Lainnya