0
20
0
Dua Ada di Indonesia, Ini 5 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia
1 week 'ago'

Actaea Pachypoda atau Mata Boneka

benetd/Flickr Actaea Pachypoda atau Mata Boneka

Buat sejumlah orang, tumbuhan selama ini dianggap sebagai makhluk hidup yang nggak berbahaya karena nggak bisa memberikan ancaman ataupun serangan secara langsung layaknya hewan ataupun manusia.

Hal itu salah besar, beberapa tumbuhan ternyata bisa menjadi bahaya bagi kehidupan manusia ataupun hewan yang berada di sekitarnya, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Tanaman apa aja sih itu?

Daripada kebanyakan basa-basi, langsung aja yuk HAI bagiin buat kalian 5 tanaman paling berbahaya di dunia, yang mana dua di antaranya berada di Indonesia

1. Datura Stramonium

Datura Stramonium

H. Zell / Wikimedia Commons

Datura Stramonium

Meskipun terlihat cantik dengan warna bunga ungu muda ataupun pink dengan bentuk mirip terompet, Datura Stramonium akan otomatis mengeluarkan racun apabila bagian tubuhnya terluka.

Bahkan ada pepatah yang mengatakan kalau kamu akan akan kepanasan seperti kelinci, buta seperti kelelawar, kering seperti tulang, memerah seperti bit, dan menjadi gila seperti orang kehilangan akal apabila makan tanaman berjuluk terompet setan tersebut.

Tanaman ini bisa memberikan efek halusinasi yang kuat dan bisa berujung pada koma dan kematian ketika daunnya diseduh dan dikonsumsi seperti teh.

2. Gympie Gyimpie

Dendrocnide Moroides atau Gympie Gyimpie

CSIRO/Wikimedia Commons

Dendrocnide Moroides atau Gympie Gyimpie

 

Tanaman yang memiliki tinggi sekitar satu hingga dua meter ini mudah sekali ditemukan pada wilayah hutan hujan timur laut Australia dan juga daerah timur Indonesia, khususnya Maluku.

Tanaman ini memiliki daun lebar dengan bentuk hati, serta warna ungu atau pink pada batang ataupun buahnya lengkap dengan bulu kecil seperti jarum suntik yang menyelimutinya.

Bila bulu-bulunya tersentuh, racun moroidin akan langsung menembus tubuh dan menyebabkan sakit luar biasa dalam jangka waktu berbulan-bulan, bahkan tahunan serta menyebabkan kematian.

Nggak cuma itu, apabila bulu-bulunya terbang dan masuk hidung kalian, siap-siap aja merasakan gatal, bersin, dan juga mimisan.

3. Actaea Pachypoda

Actaea Pachypoda atau Mata Boneka

benetd/Flickr

Actaea Pachypoda atau Mata Boneka

Buah ini emang keliatan lucu sih sob karena bentuknya bulat berwarna putih, serta memiliki titik hitam kecil pada bagian tengahnya yang membuatnya mirip seperti mata boneka.

Meskipun lucu tapi jangan dimakan! Menurut Missouri Botancial Garden, buah ini memiliki kandungan racun kardiogenik yang memiliki efek penenang langsung pada jaringan otot.

Nekat buat makan? Siap-siap aja deh kamu terkena serangan jantung dan paling parah bisa menyebabkan kematian.

4. Hippomane Mancinella

Hippomena Mancinella

Jason Hollinger/Flickr

Hippomena Mancinella

 

Di Spanyol, Hippomane Mancinella disebut sebagai pohon kematian karena buahnya yang terlihat mirip seperti apel hijau kecil bisa mematikan bagi orang-orang yang memakannya.

Nggak cuma itu, menurut penelitian dari University of Florida, pohon yang banyak ditemukan di daerah Amerika Tengah dan bagian selatan Amerika Serikat ini getahnya bisa membuat lecet dengan sensasi terbakar serta kebutaan sementara.

 

5. Ricinus Communis

Ricinus Communis atau Jarak

wildlife_encounters/Flickr

Ricinus Communis atau Jarak

 

Terakhir ada Ricinus Communis atau tanaman jarak yang memiliki sebutan berbeda pada masing-masing daerah di Indonesia, seperti Kaliki (Jawa Barat), Dulang atau Gloah (Sumatera), ataupun Kaleke (Madura).

Tanaman yang memiliki buah seperti rambutan ini memang bisa dimanfaatkan menjadi minyak, meskipun begitu jarak juga punya kandungan zat ricin mematikan di dalamnya.

Menurut seorang profesor biologi Union Country College, Tom Ombrello, biji jarak akan menimbulkan gejala seperti iritasi lambung, muntah, diare berdarah, sakit perut, denyut jantung meningkat, tekanan darah rendah, keluar banyak keringat, kolaps, kejang, dan kematian dalam hitungan hari apabila dimakan.

Nah itu dia sob 5 tanaman paling berbahaya di dunia yang sampai bisa menyebabkan kematian, jadi jangan coba-coba dimainin deh kalo besok nemuin tanaman serupa ya. (*)

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow