0
66
0
7 Fungsi Lapisan Ozon Bagi Kehidupan
3 months 'ago'

Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20−35 km di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon pada lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen.
Peristiwa ini sudah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.

Nah, berbicara mengenai lapisan ozon, sebenarnya banyak hal yang bisa dibahas. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas mengenai apa fungsi lapisan ozon bagi bumi.

Pada umumnya salah satu fungsi lapisan ozon terhadap kehidupan di bumi adalah untuk melindungi kita dari sinar ultraviolet matahari yang dapat menyebabkan kanker. Dalam hal ini lapisan ozon berfungsi sebagai tabir surya untuk bumi dan menyerap sekitar 98% dari sinar UV yang terkenal berbahaya.

Namun tak hanya itu saja, masih banyak lagi fungsi-fungsi lapizan ozon. Lalu apa saja fungsi lapisan ozon bagi kehidupan? Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa fungsi fungsi lapisan ozon dibawah ini.

1. Mencegah Kanker Kulit

Seperti yang sudaah sedikit dijelaskan di atas, lapisan ozon berfungsi untuk menyerap radiasi berbahaya sinar UV-A dan UV-B. Jika terkena radiasi dari sinar UV-A dan UV-B, bukan hal yang mustahil jika anda akan terkena kanker kulit.

Diketahui bahwa sinar UV-B mempunyai panjang gelombang 280-315 nm, meski demikian dengan bantuan lapisan ozon, jumlah UV-B yang sampai ke bumi jauh lebih sedikit.

Itu sebabnya meskipun telah ada lapisan ozon yang melindungi kita, tapi ingat bahwa lapisan ozon hanya menyerap sekitar 90% radiasi dari sinar UV-A dan UV-B, jadi masih ada sedikit radiasi tersebut yang sampai ke bumi. Kita disarankan untuk mengenakan krim tabir surya untuk mencegah radiasi tersebut.

 

2. Mencegah Katarak

Selain berbahaya bagi kulit, ternyata sinar ultraviolet juga dapat mempengaruhi kesehatan mata. Akibat yang paling ditakutkan adalah terjadinya katarak. Akan sangat mengganggu jika panmdangan kita terhalang.

Seperti sebuah kaca yang terkena cat putih, tentu saja pemandangan di dalam kaca tersebut tidak akan terlihat. Atau seperti kabut yang terus-terusan berada di mata. Sangat mengganggu bukan?

Untungnya bumi dianugerahi lapisan ozon yang mampu menyerap dan menghidari kita dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan katarak.

 

3. Mengobati Kulit Terbakar

Di Jerman, para pasien yang mengalami kulit terbakar dapat dibantu dengan gas ozon ini. Tentu saja penggunaannya juga tetap diawasi oleh pemerintah setempat, karena jika gas ozon terhirup justru berbahaya bagi paru-paru.

Dengan dosis dan dibantu dengan obat-obatan lain para penderita kulit terbakar dapat dipulihkan kembali. Penggunaan gas ozon untuk perawatan penderita kulit terbakar sudah sangat meluas di Jerman.

 

4. Mencegah Kerusakan Tumbuhan

Sinar UV-B ternyata juga mempunyai dampak negatif bagi tumbuhan, organisme bersel satu, dan ekosistem perairan.  Dan lagi-lagi berkat adanya lapisan ozon, 90% masalah yang ditimbulkan dari sinar UV-B dapat dicegah.

1. Membersihkan Air yang Tercemar

Selain berfungsi bagi kesehatan, ternyata gas ozon kini juga mempunyai banyak fungsi yang dimanfaatkan untuk kegiatan industri. Gas ozon sering kali digunakan untuk membersihkan air yang tercemar.

Lebih jelasnya adalah untuk membantu proses flokulasi, yang dapat membantu untuk menyaring dan menghilangkan besi dan arsenik dari air, sehingga air tidak lagi tercemar dengan kandungan berbahaya seperti serpiha, logam dan racun.

2. Pembuatan Antiseptik

Dalam industri obat, gas ozon juga berfungsi sebagai alat pengenyah kuman sebelum dibotolkan yang nantinya akan digunakan menjadi antiseptik.
 

3. Mewarnai Plastik

Selain itu ozon juga bisa digunakan untuk memberikan warna plastik. Gas ozon pada umumnya digunakan dalam proses pewarnaan bahan plastik. Karena dengan gas ozon warna bahan plastik akan lebih merata, dan menghemat biaya produksi.

Demikian penjelasan diatas mengenai fungsi lapisan ozon bagi kehidupan di muka bumi. Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow