0
39
0
3 Kegiatan Ramadhan Ala Rasulullah SAW yang Mudah Diikuti
4 months 'ago'

Jika Anda mengetikkan kegiatan Ramadhan disearch engine google, maka akan menemukan banyak sekali ide, tips, cara, dan inspirasi. Mulai dari kegiatan yang menciptakan suasana seru bersama orang tercinta hingga kegiatan yang mendatangkan banyak pahala di bulan suci ini.

Anda bebas mengikuti berbagai tips dan informasi seputar Ramadhan tersebut, untuk menghidupkan bulan penuh berkah yang datang hanya setahun sekali ini. Namun, di antara deretan kegiatan tersebut adakah yang penasaran seperti apa kira-kira aktivitas yang dilakukan Nabi Muhammad SAW selama Bulan Ramadhan.

Jika ya, coba simak sejenak ulasan di bawah ini. Ada beberapa hal menarik yang bisa dicontoh dengan mudah dari Rasulullah SAW tersebut.

Menurut berbagai sumber, Nabi Muhammad SAW berpuasa sebanyak 9 kali Ramadhan di sepanjang hayatnya. Delapan kali berpuasa selama 29 hari dan sekali berpuasa selama 30 hari. Beliau dikenal sangat memuliakan, merindukan, dan mengistimewakan datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Berbagai hal positif dan amal ibadah ditingkatkan selama Ramadhan, baik sebelum atau sesudah beliau diangkat menjadi Rasulullah SAW. Nah, untuk Anda yang ingin mengikuti beliau, berikut beberapa kegiatan Ramadhan yang mudah diikuti dan dikerjakan.

Tadarus Alquran

Selama Ramadhan, Malaikat Jibril diketahui selalu menemui Nabi Muhammad SAW setiap malamnya. Kesempatan ini tidak disia-siakan begitu saja oleh beliau. Rasulullah SAW pun selalu mentadaruskan Alquran di hadapan Jibril setiap malam di bulan Ramadhan.

Kegiatan tadarus tersebut baru berhenti, ketika beliau melaksanakan i’tikaf terakhir di Masjid Nabawi. Saat itu, Nabi menyampaikan pada putrinya bahwa Malaikat Jibril tidak akan datang lagi di Bulan Ramadhan berikutnya. Itu adalah isyarat bahwa beliau tidak akan bertemu Ramadhan berikutnya dan benar Nabi Muhammad SAW wafat setelah musim haji selesai.

Ya, membaca Alquran di malam-malam Ramadhan memang akan memberikan banyak syafaat pada umat muslim yang mengerjakannya. Jika Anda ingin mengikuti tuntunan Beliau, yuk perbanyak membaca Alquran.

Sedekah

Ibadah lain yang digiatkan Rasulullah SAW selama Ramadhan adalah sedekah kepada sesama. Dalam satu hadits riwayat Tirmidzi, Beliau menegaskan bahwa sedekah yang paling baik adalah sedekah pada Bulan Ramadhan. Macam-macam sedekah ini beragam seperti infaq, berbagi makanan, memberi pada yang membutuhkan, dan sebagainya.

Selain itu, Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa siapa saja umat muslim yang memberi makan kepada orang yang sedang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala sama dengan orang yang berpuasa itu. Dengan kata lain pahala yang didapat akan berlipat-lipat. Subhanallah, dan semoga kita menjadi salah satu yang mendapatkan berlimpah pahala tersebut.

Umrah

Satu lagi kegiatan Ramadhan yang ditingkatkan oleh Rasulullah SAW adalah melaksanakan ibadah umrah. Beliau menekankan bahwa pahala umrah di Bulan Ramadhan itu sama dengan pahala Haji.

Luar biasa bukan? Begitu banyaknya manfaat, berkah, dan pahala yang dibagikan Allah kepada umat Islam di bulan nan suci ini. Kesempatan emas untuk memperbaiki diri dan menjadi hamba terbaik di mata Allah SWT.

Untuk itu, jika ada rezeki dan waktu coba ikuti tuntutan Rasulullah yang satu ini dan berangkat umrah bersama muhrim-nya. Insya Allah kita akan mendapatkan berlimpah pahala, diampuni segala dosa, dan menjadi insan yang kembali suci di akhir Ramadhan nanti. Aamiin…

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak sekali kegiatan Ramadhan ala Rasulullah SAW yang bisa diikuti. Anda bisa mencarinya di Google, tanya pada ahli Agama Islam, atau membaca buku Agama Islam. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow