0
30
0
8 Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia di Bumi
3 days 'ago'

Kita semua pasti tentunya telah mengetahui bahwa matahari merupakan pusat tata surya kita. Bahkan banyak juga sumber yang menyebutkan bahwa salah satu faktor yang membuat bumi kita ini bisa ditinggali, yaitu karena bumi mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.


Oleh karena itu, energi matahari sendiri mempunyai manfaat yang begitu penting bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Nah, berbicara mengenai manfaat matahari. Sebenarnya banyak yang bisa kita bahas, seperti pembahasan mengenai manfaat energi matahari bagi hewan, tumbuhan, maupun alam.

Namun, yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu pembahasan mengenai beberapa manfaat energi matahari bagi manusia di bumi kita ini.

Lalu apa saja manfaat energi matahari bagi manusia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa manfaat energi matahari bagi manusia di bawah ini.

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

1. Membantu proses pengeringan

Untuk manfaat energi matahari bagi kehidupan sehari hari ini tidak perlu diragukan lagi. Kita semua telah mengetahui secara pasti. Dengan adanya panas matahari, kita bisa mengeringkan pakaian yang kita cuci dan mendapatkan manfaat berlebih jika kita juga memanfaatkan matahari untuk membantu proses pengeringan kerupuk, ikan asin, membantu proses pemanenan garam, dan lain-lainnya.

Selain itu, matahari juga membantu proses terbentuknya awan dengan menguapkan permukaan yang berair sehingga air tersebut menguap dan mengkristal membentuk awan. Setelah awan terbentuk, matahari terus menyinarinya dan membuatnya kembali mencair menjadi peristiwa alam yang kita sebut hujan.

 

2. Mengatur tata surya

Karena matahari merupakan pusat dari tata surya, jadi planet dan satelitnya berevolusi sambil berotasi mengelilingi matahari. Hal tersebut dikarenakan oleh gaya gravitasi matahari yang menarik planet sedemikian hingga planet-planet berevolusi mengelilinginya dan membentuk tatanan tata surya yang kita sebut galaksi Bimasakti.
 

3. Membantu kita beristirahat dengan lebih baik

Beberapa sumber menyebutkan bahwa jika seseorang terpapar sinar matahari selama kurang lebih 6 jam setiap harinya, individu tersebut akan menjadi segar di petang hari, terutama jika individu tersebut terpapar sinar matahari di sore hari.

Sedangkan setelah petang, semakin malam agak larut, individu akan merasa mengantuk seiring dengan mereka terpapar cahaya lampu atau cahaya buatan lain yag membuat mereka merasa mengantuk, sehingga dapat beristirahat dengan baik.

 

4. Berperan sebagai analgesik atau pereda rasa sakit

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh universitas-universitas, terutama universitas barat telah mencapai suatu penemuan bahwa sinar matahari juga dapat digunakan sebagai obat pereda rasa sakit.

Penelitian menunjukkan bahwa pasien pasca operasi yang terpapar matahari di kamar rawatnya merasa lebih nyaman dan tidak mudah stress serta merasakan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan dengan pasien yang kamarnya tidak terkena paparan matahari. Pasien juga dapat sedikit berhemat dengan lebih sedikit mengkonsumsi obat pereda rasa sakit.

 

5. Membantu membakar lemak

Manfaat matahari bagi kehidupan yang lainnya adalah dapat membantu membakar lemak. Lemak yang dimaksud tidak hanya lemak yang berada di bawah jaringan kulit, tetapi juga lemak yang pada akhirnya akan berujung pada penyakit jantung dan kolesterol.

Lemak akan perlahan luruh dan menjauhkan pula berbagai macam penyakit akibat lemak. Selain itu, cahaya matahari ini juga sedang diteliti, karena terdapat asumsi bahwa matahari bisa memaksimalkan fungsi metabolisme tubuh.

 

6. Membantu mengatur masa hidup manusia

Seperti topik yang kita bahas dalam bahasan ini yaitu manfaat matahari bagi kehidupan, matahari juga mempunyai manfaat untuk mengatur masa hidup manusia. Bagaimanakah maksudnya? Yang  dimaksud mengatur masa hidup manusia disini yaitu melalui siklus matahari.

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa siklus matahari yang nantinya mempengaruhi intensitas cahaya matahari yang sampai ke bumi. Hal ini sekaligus juga mempengaruhi genom manusia yang menentukan lamanya seseorang hidup, berdasarkan pada di siklus matahari yang mana seseorang lahir.

 

7. Sumber energi paling besar

Matahari merupakan sumber energi paling besar bagi alam semesta/tata surya, terutama bagi bumi, seluruh makhluk yang ada di bumi tidak akan dapat hidup tanpa matahari. Oleh karena itu, matahari merupakan sumber energi yang paling besar.

8. Matahari sumber energi untuk tumbuhan

Contoh manfaat energi matahari bagi manusia yaitu sebagai sumber energi bagi setiap tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Karena tanpa matahari maka tumbuhan akan mati karena tidak dapat “memasak” untuk kebutuhan dirinya. Jika tidak ada tumbuhan maka manusia juga akan binasa karena tidak ada oksigen yang dihasilkan di bumi.

Oleh karena itu, siklus hidup manusia dan semua makhluk hidup sangat bergantung pada matahari. Contoh sederhananya adalah dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan. Oksigen yang dihasilkan akan membawa dampak bagi kehidupan yang ada di bumi. Bahkan jika dibandingkan, matahari sama pentingnya dengan manfaat air bagi kehidupan kita.

Demikian penjelasan diatas tentang beberapa manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow