999 +
0
20
0
6 Tips Atasi Mulut Terasa Asam Saat Berpuasa
4 weeks 'ago'

Selama kita berpuasa ada beberapa masalah yang sering kali muncul, salah satunya adalah mulut yang terasa asam. Keadaan tersebut terjadi akibat banyak alasan, seperti berkurangnya produksi air liur, sisa makanan yang masih tersisa atau bakteri yang berkembang biak di mulut. 

Kalau kamu merasakan kondisi mulut asam seperti ini artinya harus segera melakukan tindakan untuk mencegahnya terus terjadi nih. Langsung simak 6 tips di bawah ini deh!

1. Mengunyah permen karet tanpa gula saat berbuka puasa

Permen karet mungkin dikenal sebagai makanan favorit anak kecil karena tekstur yang chewy dan enak untuk dikunyah, tapi permen karet ternyata punya sisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan mulut lho. Tepatnya pada permen karet bebas gula yang bisa merangsang produksi air liur. Ketika air liur diproduksi secara cukup maka keadaan mulut akan terhindar dari rasa asam yang bikin gak nyaman. 

2. Menggosok gigi dan membersihkan sisa makanan dengan benar

Karena sisa makanan termasuk ke dalam salah satu penyebab masalah yang satu ini, maka kita wajib untuk membersihkan gigi dengan cara menyikatnya dengan benar. Lakukan gerakan memutar agar setiap sisi atas bawah dan bagian tersembunyi di gigi bisa terjangkau. Tapi ingat untuk tidak menggosok terlalu keras ya agar tidak melukai gusi.

3. Minum cukup air putih saat berbuka dan sahur

Manfaat air putih ini memang tak ada habisnya, selain bisa membantu metabolisme tubuh dan memenuhi cairan yang kita butuhkan sehari-hari air putih juga mampu mencegah rasa asam pada mulut ketika berpuasa. Syaratnya adalah dengan rajin mengonsumsi air putih yang cukup selagi sahur dan berbuka puasa.

4. Hindari mengonsumsi makanan manis yang berlebihan

Makanan manis berkemungkinan besar menyisakan sisa-sisa makanan yang bisa menimbulkan masalah di mulut. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis akan meningkatkan risiko gigi berlubang akibat bakteri bersarang pada mulut yang pada akhirnya menyebabkan rasa asam pada mulut.

5. Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi serat

Sayur dan buah tinggi serat pun gak boleh ketinggalan dari menu berbuka dan sahur selama berpuasa. Gak hanya bikin kamu jadi kenyang lebih lama, berbagai jenis sayuran dan buah bisa membantu mulutmu terhindar dari rasa asam di mulut, karena kondisi mulut asam juga bisa terjadi akibat gangguan pencernaan. Contoh sayur dan buah tinggi serat antara lain bayam, sawi, apel, kurma, dan masih banyak lagi. 

6. Berkumur dengan obat kumur non alkohol atau alami

Berkumur bisa menjadi pelengkap rangkaian perawatan mulut kalian selama bulan puasa. Obat kumur non alkohol atau yang alami seperti terbuat dari baking soda dan air putih bisa jadi pilihan. Dengan rajin berkumur selama setelah sahur dan sebelum tidur malam, bakteri akan enggan bersarang dan membuat mulut tetap terasa segar. 

Bagaimana tips di atas tadi guys? Semoga bermanfaat dan bisa kamu coba di rumah nanti ya!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow