Home » Kongkow » Materi » Contoh Campuran Homogen dan Ciri-Ciri Campuran Homogen

Contoh Campuran Homogen dan Ciri-Ciri Campuran Homogen

- Selasa, 14 Mei 2019 | 10:24 WIB
Contoh Campuran Homogen dan Ciri-Ciri Campuran Homogen
Contoh campuran homogen dan karakteristik campuran homogen: zat dapat didefinisikan sebagai homogen jika mengandung hanya satu jenis senyawa atau satu elemen. Homogen adalah bahasa Latin untuk "tipe yang sama". Contoh zat homogen adalah silikon murni, yang hanya mengandung atom silikon. Contoh lain adalah air murni, yang hanya bisa mengandung senyawa H2O, dan garam meja, yang hanya bisa mengandung senyawa NaCl. Untuk informasi lebih lanjut, lihat diskusi kami tentang materi kertas. Contoh campuran homogen dan karakteristik campuran homogen di bawah ini.

Contoh campuran homogen.

Campuran homogen hanya mengandung campuran apa saja yang memiliki komposisi seragam. Di bawah ini adalah beberapa contoh campuran homogen.

Berikut adalah beberapa campuran yang homogen:

Air adalah contoh campuran homogen. Air mengandung mineral dan gas terlarut, tetapi ini sepenuhnya larut oleh air. Air keran dan air hujan bersifat homogen, meskipun keduanya dapat larut ke berbagai tingkat dan mengandung gas mineral.
Deterjen juga merupakan campuran homogen berbagai sabun dan bahan kimia yang membuat pakaian wangi dan bersih.
Botol cuka adalah campuran homogen yang dibuat oleh orang-orang. Banyak orang menggunakannya untuk mencampur bahan saat memasak dan juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih.
Obat kumur adalah contoh campuran homogen. Obat kumur biasanya mengandung persentase alkohol dan disertai dengan berbagai bahan kimia yang dirancang untuk menjaga gigi dan gusi tetap bersih dan napas segar.
Udara yang kita hirup adalah campuran oksigen, argon, nitrogen, dan karbon dioksida yang homogen, bersama dengan unsur-unsur lain dalam jumlah yang lebih kecil. Kemacetan, lapisan atmosfer bumi memiliki kepadatan yang berbeda, setiap lapisan udara adalah campuran yang homogen.
Parfum yang kita gunakan sering campuran homogen sempurna dari bahan kimia dan pewarna.
Banyak asam dan larutan merupakan campuran homogen, seperti larutan asam hidroklorat encer.
Digunakan dalam berbagai bahan peledak, mesin ini merupakan campuran unsur-unsur yang homogen seperti sulfur, karbon, dan asam nitrat.
Botol alkohol adalah campuran homogen yang dibuat oleh orang-orang.
Dalam tubuh manusia, plasma darah adalah contoh campuran yang homogen. di mana plasma darah adalah cairan berwarna yang membuat sel-sel darah dalam suspensi. Plasma darah mewakili lebih dari setengah volume darah manusia.
Secangkir kopi dengan gula, kopi dan air dianggap campuran homogen. Bagaimana jika gula larut di dalamnya? Ketika gula sepenuhnya larut, kopi masih dianggap homogen karena campuran kopi dan gula seragam di seluruh cangkir.
Seringkali, minuman juga merupakan contoh campuran homogen, jambu biji yang diminum di pagi hari, segelas air bening yang diminum di sore hari dan secangkir teh yang diminum sebelum tidur.
Kombinasi logam yang terdiri dari 2 logam murni. Baja paduan dengan perunggu adalah campuran homogen dari 2 logam.
Gelatin gelatin adalah koloid, suatu jenis khusus campuran homogen di mana partikel-partikel kecil secara mikroskopis tersebar di seluruh bahan. Contoh lain dari jenis campuran ini adalah homogen, yang seperti awan debu, segelas susu dan madu yang dibuat oleh lebah.

Karakteristik campuran homogen.

Bentuknya cair, padat, gas, dll.
Pencampuran itu tidak dapat dipisahkan dengan cara biasa karena hanya dapat dipisahkan dengan cara yang lebih sulit, khususnya dengan metode distilasi.
Partikel-partikel tidak dapat dibedakan satu sama lain
Ada perbandingan yang sebanding dengan zat campuran
Tingkat konsentrasi adalah sama.
Warna yang sama
Ada rasa yang sama
Cari Artikel Lainnya