Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Makanan Kaya Serat untuk Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa

5 Makanan Kaya Serat untuk Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa

- Kamis, 10 Desember 2020 | 10:00 WIB
5 Makanan Kaya Serat untuk Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa

Rekomendasi makanan-makanan sehat yang kaya dengan serat yang cocok disantap saat sahur sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Beberapa penelitian menyebut puasa Ramadan bisa menurunkan berat badan, meski berat badan akan bertambah drastis setelah Ramadan.

Oleh karena itu kamu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa agar tetap sehat dan bugar. Makanan untuk sahur haruslah yang mengandung banyak air dan berserat tinggi yang mengenyangkan serta lama dicerna.

Berikut adalah rekomendasi makanan sehat dan berserat yang baik untuk sahur yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama ketika berpuasa.

1. Oats

Oats terbuat dari gandum utuh dan mudah kamu temukan di toko terdekat. Kamu bisa membeli oats instan dalam kemasan sachet yang tinggal diseduh dan menjadi bubur. Selain air putih hangat, kamu bisa mengencerkan oats dengan susu segar atau yogurt.

2. Sereal

Sereal biasanya juga mengandung serat tinggi seperti oats dan juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang memberikan nutrisi tambahan. Jika dikonsumsi dengan susu, kamu juga bisa mendapat manfaat seperti kalsium, yodium, dan Vitamin B.

3. Nasi

Makanan yang terbuat dari unsur beras seperti nasi juga mengandung serat tinggi. Untuk lauk, usahakan jangan mengombinasikan nasi dengan makanan yang terlalu asin karena bisa membuat kamu mudah haus. Kamu juga bisa bereksperimen dengan hidangan lain yang terbuat dari tepung beras seperti puding.

4. Yogurt

Yogurt bisa menjadi penutup saat sahur karena mengandung beragam nutrisi seperti potrein, kalsium, yodium, dan vitamin B. Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan sereal dan buah saat mengkonsumsi youghurt.

5. Roti

Ketika sahur, kamu juga bisa memilih menu makanan yang terbuat dari gandum lantaran mengandung banyak serat. Hindari menggabungkan roti dengan makanan asin seperti keju keras atau daging olahan karena akan membuat kamu menjadi mudah haus. Kamu juga bisa mencoba selai kacang, keju lunak, atau buah pisang. Karena roti cukup kering, pastikan kamu meminum banyak air untuk membuat cairan tubuh Anda stabil.

Cari Artikel Lainnya