999 +
0
47
0
Yuk, terapkan 6 tips meningkatkan produktivitas kerja berikut!
3 months 'ago'

Meningkatkan produktivitas kerja dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Produktivitas ini juga berperan penting dalam menunjang kontinuitas operasional sistem dalam perusahaan. Lalu, bagaimanakah caranya meningkatkan produktivitas kerja?

1. Tentukan prioritas dengan mempertimbangkan efisiensi

Salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas adalah bekerja secara efisien. Jika ada beberapa tugas yang harus kamu selesaikan, tentukan prioritas pekerjaan yang perlu kamu kerjakan segera.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam menentukan prioritas.

  • Buatlah prioritas tugas yang tidak kamu sukai. Jika kamu mulai bekerja dengan menyelesaikan tugas yang menyenangkan, kamu sudah lelah saat harus mengerjakan tugas yang kurang menyenangkan dan cenderung menundanya. Jadi, cobalah untuk melakukan sebaliknya.
  • Kerjakan tugas secara teratur, cobalah fokuskan energimu untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jika perhatianmu harus terbagi, berusahalah mengerjakan setiap tugas setidaknya selama satu jam. Bekerja hanya lima atau sepuluh menit untuk satu tugas adalah cara kerja yang tidak efisien.

2. Menyiapkan to-do list untuk hari berikutnya setiap malam

To-do list atau catatan mengenai daftar hal apa saja yang akan dilakukan, merupakan hal penting dalam meningkatkan produktivitas kerja. Hal ini karena kamu akan merasa lebih terorganisir, membuatmu lebih fokus, dan memberikanmu rasa puas ketika kamu sudah mengerjalan semua tugas tersebut. 

Setelah itu, cobalah untuk membuat dan memperbarui to-do-list setiap malam. Dengan begini, kamu akan lebih di hari berikutnya kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menuliskan apa yang perlu kamu kerjakan.

3. Beristirahat sejenak kemudian berolahraga

Seringkali seharian bekerja membuat badan terasa pegal dan letih, sesekali kamu juga boleh meluangkan waktu kerja dengan istirahat sejenak atau berolahraga kecil. Menurut sebuah penelitian berolahraga kecil di jam istirahat kerja atau di sela-sela waktu kerja berpotensi meningkatkan produktivitas kerja.

Kenapa? Pasalnya, dengan berolahraga dapat membantu memompa darah kamu dan menjadi hal yang diperlukan untuk menjernihkan pikiran dan mengembalikan fokus.

4. Bersikap proaktif, bukan reaktif

Untuk meningkatkan produktivitas kerja tentunya diperlukan sikap proaktif, jika perlu cobalah untuk menyusun strategi baru di timmu atau memberikan ide, dan lakukan sharing bermanfaat pada divisi lain.

Tak jarang sikap proaktif tersebut menjadi awal dari relasi yang baik antar divisi yang membuat kerja sama semakin terjalin erat.

5. Minimalkan interupsi

Meminimalkan interupsi ataupun gangguan dapat berarti mengatur jam kantor, memastikan pintu kantormu tertutup, atau bekerja dari rumah untuk proyek yang sensitif terhadap waktu.

Jika kamu merasa perlu meningkatkan produktivitas di tempat kerja, cobalah menahan interupsi atau gangguan dari orang-orang yang mengunjungimu selama jam kerja atau berbagai godaan lain yang bisa membuat konsentrasimu buyar.

6. Beri reward pada diri sendiri

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang setiap tugas, setelah itu berikan hadiah kepada diri sendiri jika tujuanmu tercapai. Misalnya saja, untuk tujuan kecil seperti menyelesaikan tugas sehari-hari, kamu bisa memberikan hadiah es krim untuk diri sendiri atau setengah jam memanjakan diri dengan bersantai.

Sedangkan untuk tujuan yang lebih besar, seperti mendapatkan promosi, pergilah berlibur dengan menikmati petualangan akhir pekan sebagai hadiah untuk diri sendiri.

Itulah beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja yang bisa kamu lakukan. Dengan begini, kamu akan lebih mampu memberikan hasil kerja yang maksimal, dan tentunya mencapai tujuan karirmu. Ingatlah untuk tetap positif, percaya diri, dan tingkatkan keterampilan untuk meningkatkan profil karirmu.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow