999 +
0
56
0
Bagaimana Kecanggihan Pertanian Indonesia Di Masa Depan?
3 months 'ago'

 

Pernah membayangkan akan jadi seperti apa pertanian Indonesia di masa depan? Apakah akan tetap ada sawah mengingat lahan semakin sempit?

Apakah akan tetap menggunakan sapi dan traktor untuk membajak sawah? Apakah para petani akan tetap menguras tenaga mereka sepanjang waktu setiap harinya?

Mari kita lihat, akan jadi apa pertanian indonesia di masa depan!

1. Memanen tidak lagi menggunakan tangan

Kabar gembira untuk seluruh petani Indonesia! Di masa depan, petani tidak perlu lagi berpanas-panasan seharian untuk memanen hasil panennya.

Karena ternyata di Belanda sudah ada kendaraan pemanen yang dapat memanen hasil panen bahkan hingga ratusan hektar.

Kendaraan ini akan didampingi oleh sebuah truk barang besar yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan hasil panen yang didapat.

Kerja alat ini sangat luar biasa! Tanaman gandum yang ada di sawah terlihat seperti disantap habis dan kemudian langsung keluar dalam bentuk bulir-bulir gandum. Save energy and save time!

2. Menanam Tanpa Tanah Tanah dan Matahari

Pernah terbayangkan bagaimana menanam tanpa adanya sinar matahari? Atau lebih ekstrim lagi, bagaimana menanam tanpa adanya media tanah?

Ini jawabannya! Di tengah-tengah perkotaan yaitu di Newark, terdapat perkebunan vertikal raksasa yang berada di dalam ruangan, yaitu AeroFarms!

Perkebunan ini menanam banyak sekali sayur-sayuran segar yang nantinya akan dipasarkan di berbagai restoran dan juga pasar.

Tidak hanya itu, adanya AeroFarms dapat menjadi solusi untuk lahan yang semakin sedikit dan populasi manusia yang semakin banyak loh nantinya.

Sehingga jumlah makanan yang diproduksi tetap dapat memenuhi kebutuhan semua individu yang ada di dunia.

Perkebunan vertikal yang mencapai 30 kaki ini ditanam dengan menggunakan teknik aeroponik, yang berarti akar-akar tanamannya menggunakan media air sebagai pengganti media tanah.

Menggunakan sinar LED, mereka dapat membuat AeroFarms tumbuh bahkan tambah adanya bantuan sinar matahari.

3. Cek Status Kesehatan Tanaman dalam Layar

Menggunakan bantuan drown, sebuah software dapat memetakan daerah-daerah vegetasi yang sedang dalam kondisi tidak sehat.

Ini sangat menguntungkan, mengingat saat ini banyak sekali masalah pertanian yang disebabkan oleh hama dan pestisida.

Informasi yang cepat dan tepat tentu saja dibutuhkan untuk dapat memberikan penanganan yang baik secepat mungkin pada lahan tanam kita.

Asyiknya lagi, informasi ini dapat di akses langsung dari media seluler pemilik lahan. Jadi sangat mudah untuk di akses.

4. Laser Pembunuh Gulma

Bingung mengatasi gulma yang sangat mewabah di lahan sawah anda? Padi atau pun tanaman pada lahan anda tidak tumbuh dengan baik dikarenakan gulma-gulma tersebut? Tidak menemukan solusi yang cepat dan efektif?

Inovasi ini dapat menjadi salah satu solusi yang cemerlang! Laser ini dapat langsung menghancurkan gulma-gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman dalam waktu singkat.

Ketika laser ditembakan, maka saat itu juga gulma akan mati. Masalah gulma pun dapat terselesaikan.

5. Bonirob – Robot Penganalisis Tanah

Tanah adalah salah satu media tumbuh yang saat ini banyak digunakan. Permasalahan yang ada saat ini seringkali dikarenakan kurang suburnya tanah, sehingga mengakibatkan tanaman yang tumbuh pun kurang sempurna.

Kesuburan tanah di antaranya ditentukan oleh nilai pH tanah dan kandungan fosfor yang ada pada tanah. Robot ini dapat membantu kita untuk mengetahui kondisi kimiawi tanah pada lahan kita.

Kondisi pH dan kandungan fosfor dapat dideteksi oleh alat ini, sehingga dapat membantu kita untuk menentukan lahan yang tepat untuk ditanami, atau pun mengatasi masalah tanah pada lahan kita agar tanaman kita dapat tumbuh dengan baik nantinya.

Nah, ternyata begitu wajah pertanian di masa depan!

Agar semakin cepat terwujud, tuas kita sebagai pemuda lah berkreasi untuk menciptakan berbagai inovasi-inovasi baru yang dapat mendukung perkembangan pertanian di Indonesia.

Jika pertanian kita di masa depan nanti maju, semoga kita adalah salah satu sebab adanya kemajuan tersebut”

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow