999 +
0
29
0
Tips Menjadi Dosen Muda Yang Profesional dan Disenangi Para Mahasiswa
1 week 'ago'

Di Indonesia menjadi dosen muda bukan lagi hal yang baru. Kamu pasti akan menemukan beberapa dosen muda di kampusmu. Memang tidak bisa di pungkiri bahwa semakin berkembangnya zaman begitupun dengan perkembangan ilmu pengetahuan tingkat keingintahuan dan semangat menuntut ilmu para generasi Indonesia juga semakin tinggi. Mendapatkan gelar sarjana bukan lagi hal yang terlalu sulit bagi mahasiswa yang giat dan tekun belajar. Tak jarang mereka sudah mendapatkan gelar sarjana di usia yang sangat muda.

Banyak diantara para sarjana muda yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat doktoral atau master dan setelah itu tak sedikit juga yang memilih untuk menjadi dosen muda di universitas – universitas negeri maupun swasta. Banyak yang bilang menjadi dosen muda bukanlah perkara gampang. Mengajar di depan mahasiswa yang masih seumuran dan bahkan ada juga yang lebih tua membuat para dosen muda harus tetap tampil percaya diri.

Bagi kamu yang sekarang sudah menjadi dosen muda atau yang bercita-cita menjadi dosen muda, berikut beberapa tips agar kamu bisa professional dan disenangi para mahasiswa.

1. Jadilah Dosen Muda Yang Serius Tapi Humoris

Satu hal yang dituntut ada dalam diri dosen muda adalah bagaimana menjadi sosok teman baik bagi mahasiswanya meski adanya perbedaan jabatan. Mungkin bagi sebagian dosen muda hari pertama mengajar adalah pengalaman yang tidak akan kamu lupakan dalam hidupmu.

Berdiri di depan puluhan mahasiswa selama berjam-jam pasti akan membuatmu sedikit deg-degan. Belum lagi kalau salah satu mahasiswa kamu ada yang jail. Emang harus banyak bersabar. Tunjukkan kalau kamu memang dosen muda yang berbakat. Nggak usah mengajar terlalu kaku. Kamu bisa memberikan sedikit Ice Breaker disela – sela materi kuliah yang kamu sampaikan.

Bisanya mahasiswa akan merasa bosan kalau dosen terlalu lama berceloteh di depan kelas. Belum lagi kalau materi yang kamu bawakan terlalu berat untuk dimengerti. Nggak usah gunakan bahasa yang terlalu tinggi. Cukup yang simple aja dan bisa di mengerti oleh para mahasiswa.

2. Berteman Baik Dengan Mahasiswa

Meski kamu seorang dosen tidak ada salahnya berteman baik dengan mahasiswa yang kamu ajar. Salah satu tipe dosen yang sukai mahasiswa adalah yang bisa berbaur dan akrab dengan mahasiswanya. Tentu kamu sudah pernah merasakannya bukan? sebaiknya kamu belajar banyak dari pengalaman saat kamu masih menjadi seorang mahasiswa.

Meski kamu seorang dosen tidak ada salahnya hangout bareng dengan mahasiswa kamu. Jabatan bukan hal yang bisa membuat sekat antara dosen dan mahasiswa apalagi umur kamu dan anak didikmu nggak beda jauh. Mahasiswa juga akan merasa senang jika bisa berteman baik dengan dosennya. Secara hal ini sangat sulit dilakukan dengan dosen-dosen yang sudah mempunyai jam terbang yang tinggi.

Tapi, harus tetap professional. Jangan karena kamu berteman baik dengan mahasiswa terus di dalam kelas mengajar seenaknya. Setidaknya kamu bisa membedakan saat santai dan serius. Jangan sampai mahasiswa memberikan image yang buruk kepada kamu.

3. Jika Kamu Memiliki Penampilan Yang Menarik, Bersiap-siaplah Dengan Gombalan Para Mahasiswa Cowok

Tidak Bisa dipungkiri bahwa di bangku perkuliahan kamu akan banyak bertemu dengan orang baru dan tentunya dengan karakter yang berbeda-beda. Tak hanya itu, kamu juga akan bertemu dengan mahasiswa mulai dari yang berpenampilan biasa saja sampai yang luar biasa kayak jeng Syahr*n*.

Nah seperti apa jadinya kalau yang berpenampilan menarik malah dosennya? Itu merupakan satu nilai plus buat kamu. Sudah dipastikan akan banyak mahasiswa yang ngefans sama kamu apalagi kalau dosennya mempunyai hati yang mulia dan loyal dalam memberi nilai. Benar-benar dosen idaman. Mahasiswa akan rajin mengikuti kuliah yang kamu ampuh dan akan memperhatikan dengan baik.

Tapi, ada kurangnya juga. Pasti kamu akan jadi bahan ledekan di kelas dan tak jarang para mahasiswa cowok akan sering mengeluarkan gombalan-gombalan yang berujung pada modus. Asal kamu bisa professional dan menanggapi tingkah mahasiswa yang suka modus semua pasti akan baik-baik saja.

4. Cobalah Untuk Mengingat Semua Nama Mahasiswa Yang Mengikuti Kelasmu

Karena kamu masih muda bukan hal yang sulit jika kamu menghapal semua nama mahasiswa yang mengikuti kelasmu. Mereka pasti akan terkesan jika saat bertemu di jalan dan saling bertegur sapa kamu bisa mengingat namanya. Dengan mengingat nama-nama dari anak didikmu kamu juga nggak akan kewalahan jika suatu saat ada mahasiswa yang bermasalah kamu bisa langsung mengenalnya.

Dan biasanya mahasiswa akan merasa bangga jika dosennya bisa mengingat namanya. Tentu kamu dosen muda juga turut senang dong kalau mahasiswa yang kamu ajar bisa loyal dan memperlakukan kamu dengan baik. Yang jelas mahasiswa akan sangat menghargai kamu.

5. Berilah Sedikit Motivasi Diselah-selah Jam Kuliahmu

Karena kamu sudah pernah mengalami apa yang sedang mereka jalani sekarang nggak ada salahnya kamu memberikan motivasi dan berbagi pengalaman yang sudah kamu dapatkan selama menempuh pendidikan di bangku kuliah. Selain materi kuliah, mahasiswa juga butuh motivasi ataupun cerita pengalaman hidup yang bisa mereka jadikan pelajaran kedepannya.

Kamu bisa bercerita tentang bagaimana kamu menjalani kuliah sampai bisa menjadi dosen seperti sekarang ini, apa yang kamu lakukan ketika dosen sedang memberikan materi kuliah, bagaimana kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen.

Banyak hal yang bisa kamu jadikan motivasi untuk para mahasiswa apalagi bagi mahasiswa perantau dan baru semester awal. Biasanya mereka masih bimbang dengan tujuan mereka berkuliah. Disamping sebagai dosen, kamu juga bisa menjadi teman yang baik bagi mereka.

6. Jangan Membanding-bandingkan Mahasiswa

Saat masih di bangku kuliah mungkin kamu pernah mempunyai dosen yang sangat pilih kasih dengan mahasiswa-mahasiswanya. Entah karena dia lebih pintar dari yang lain atau karena dia mempunyai penampilan yang menarik. Meski kamu pernah mengalaminya jangan sampai itu membuatmu melakukan hal yang sama.

Kamu sudah pernah mengalaminya berarti para dosen muda juga tahu dong rasanya seperti apa? Hal yang paling di benci mahasiswa ketika mereka dibanding-bangdingkan dengan mahasiswa yang lain. Cobalah untuk bersikap adil, tidak ada yang jadi anak emas ataupun anak tiri. Apalagi dalam hal pemberian nilai.

Kalau kamu bisa bersikap adil kepada semua mahasiswa mereka juga akan menghargai kamu. Contohnya saja jika kamu memberikan mereka tugas. Mereka akan dengan senang hati mengerjakannya. Bukankah suatu kebanggan tersendiri juga buat kamu kalau mereka melakukan apa yang perintahkan dengan baik?

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menjadi dosen muda yang disenangi para mahasiswa. Semoga kamu bisa menjadi salah satu dari dosen idola bagi mahasiswa.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow