999 +
0
15
0
Sekolah dengan Segudang Prestasi
2 weeks 'ago'

SMPN4 Tanjung Morawa

Oleh: Rhinto Sustono

LIMA tahun berkiprah bukanlah waktu yang panjang bagi sebuah institusi pendidikan. Perjuangan dan kerja keras pun dibutuhkan. Awal­nya, jangankan berobsesi untuk kualitas, bisa melengkapi jumlah ruang belajar (kelas) sesuai kebutuhan jumlah siswa pun, sudah patut disyukuri.

Begitu cita-cita Budi Siswoyo, SPd saat pertama kali dipercaya menjadi Kepala SMPN4 Tanjung Morawa pada 2012. Pada tahun pertama berdiri sekolah itu, ia pun mengalkulasikan rencana. Tidak muluk-muluk, hanya sebagai tahun membangun.

Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) yang dijalankan Pemkab Deliserdang melalui tiga pilar pemba­ngunan, peran pemerintah didukung sektor swasta/pengusaha dan partisipasi masyarakat, dipelajarinya seksama. Dikaitkan dengan Konsep Cerdas (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi terhadap Sekolah) yang juga melibatkan ketiga pilar.

“Tahun pertama ruang kelas dan be­berapa fasilitas kantor sudah terbangun. Kami pun menjalankan program berikutnya, yakni tahun kedua sebagai tahun berbenah diri,” ungkap Budi kepada Analisa, Selasa (2/5).

Memasuki tahun ketiga dan seterusnya, Budi menyebut sebagai tahun pres­tasi. “Alhamdulillah, program yang di­susun dapat terwujud. Kini prestasi yang kami raih tidak hanya pada siswa, tetapi juga prestasi kepala sekolah dan guru.”

Momen Hardiknas, 2 Mei 2017 men­jadi hari paling menggembirakan dan ber­sejarah bagi sekolah tersebut. Se­tidaknya, sekembali dari upacara Hardiknas di Alun-Alun Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam, mereka membawa empat tropi kejuaraan.

Pertama, Budi Siswoyo berhasil me­raih juara I Kepala Sekolah Berpres­tasi Tingkat Deli Serdang 2017. Kemu­dian pengelola laboratorium sekolah, Eva Juniar Simamora, SPd meraih juara II Laboran Berprestasi Tingkat Deli Serdang 2017.

Dua prestasi lainnya yang diraih, Afnita, SPd merebut juara III Pusta­kawan Berprestasi Tingkat Deli Serdang 2017 dan M Ikmal Fadly memboyong juara III Festival Lomba Seni Sis­wa Nasional (FLS2N) Tingkat De­liserdang 2017.

Nonakademik

Sebelumnya, pada tahun ketiga perja­lanan sekolah yang bervisikan, “Sekolah yang Berprestasi, Berbudaya, Berwawa­san Iptek dan Imtaq, serta Peduli lingku­ngan” itu juga sudah menjajarkan sejumlah piala di kantor sekolah. Di antaranya prestasi non-akademik, juara I Futsal Bupati Deli Serdang 2016, juara I Futsal Gubsu 2016, juara I dan III Futsal Alfamart Championship 2016, juara I Piala KNPI 2016, juara I Futsal SMK Telkom Medan.

Boleh jadi segudang prestasi yang diraih SMPN4 Tanjung Morawa tidak semata kebanggan sekolah, tetapi juga kebanggan orangtua siswa dan ma­sya­rakat setempat.

Budi mengatakan, terkait visi peduli lingkungan yang diterapkan di sekolahnya, SMPN4 begitu konsekuen mendu­kung Program Berseri ( Bersih Rapi, Se­juk, Rindang, dan Indah) yang dija­lankan pemkab setempat. Guna me­wu­jud­kan sekolah berwawasan ling­kungan, pihaknya juga menyambut baik penerapan model pengelolaan sekolah “Opung Sari Basah Bang” (Operasi Pu­ngut Sampah Setiap Hari Bank Sampah Pem­binaan Berjenjang) yang dica­nang­kan Dinas Pendidikan setempat.

“Konsep ini menyadarkan warga se­kolah untuk budayakan bersih. Maka­nya kami juga menyediakan bak sampah terpisah, dengan memilah sampah terlebih dulu. Ini semua demi cita-cita se­bagai sekolah adiwiyata,” tandasnya.

 

 
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow