0
10
0
12 Tips Agar Tidak Ngantuk Saat Sedang Bekerja Siang Hari
2 weeks 'ago'

Pernah tidak Anda merasa ngantuk berat pada siang hari? Padahal, Anda sedang mengerjakan banyak tugas kantor. Namun, rasa kantuk datang tidak mengenal kompromi. Meskipun nampaknya sepele, ngantuk saat kerja bisa membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Belum lagi jika Anda mendapat teguran dari atas. Wah, pasti rasanya sangat memalukan! Adakah tips agar tidak ngantuk saat sedang bekerja siang hari? Tentu saja ada. Dimulai dari beberapa kebiasaan sederhana, Anda bisa menghindari rasa kantuk yang melanda di siang hari. Yuk, intip tips ampuh dari Bacaterus berikut ini.

12 Tips Agar Tidak Ngantuk Saat Sedang Bekerja

1. Hindari begadang dan istirahat yang cukup Dewasa ini, banyak orang yang begadang untuk hangout, bekerja, nonton film, atau sekedar berselancar di dunia maya. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan begadang ini dapat membuat Anda merasakan kantuk yang hebat dan tubuh yang selalu letih pada siang hari? Tips agar tidak ngantuk di siang hari adalah mendapatkan istirahat tidur yang cukup pada malam hari. Waktu tidur ideal adalah 7 – 8 jam setiap malam. Apabila kurang dari waktu tersebut, maka Anda akan mudah mengantuk pada saat bekerja di siang hari.

2. Minum 8 gelas air sehari Apa hubungan antara minum air 8 gelas sehari dan tips agar tidak mengantuk di siang hari? Tentu saja ada. Apabila Anda minum kurang dari 8 gelas air sehari, maka Anda bisa mengalami dehidrasi. Perlu Anda ketahui bahwa dehidrasi ini dapat membuat Anda mudah lesu dan ngantuk. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu proses hidrasi tubuh, sehingga Anda merasa lebih segar saat menjalani berbagai aktivitas. Nah, berapa banyak Anda minum air hari ini? Sudahkah minum 8 gelas air? Jika belum, mari penuhi kebutuhan air untuk tubuh Anda.

3. Olahraga Jurus ampuh untuk mengusir kantuk ketika sedang bekerja adalah dengan olahraga. Tak perlu olahraga ekstrem seperti cardio atau angkat bebas. Beberapa gerakan olahraga ringan, seperti jalan-jalan di sekitar kantor, naik turun tangga, atau menggerakkan tangan dan kaki selama 15 – 30 menit bisa membuat Anda merasa lebih segar, lho. Ketika Anda merasa lebih segar, rasa kantuk pun hilang seketika. Namun, jangan berolahraga sampai Anda merasa sangat lelah karena kelelahan bisa membuat Anda jadi lebih mudah mengantuk.

4. Konsumsi minuman berkafein Selalu sedia kopi atau teh saat Anda sedang berada di tempat kerja. Tips agar tidak ngantuk dengan mengonsumsi minuman berkafein ini terbukti ampuh. Apabila kantuk berat melanda, minumlah secangkir kopi untuk mengusir kantuk. Mengapa kopi dan teh bisa mengatasi ngantuk? Karena keduanya mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan kewaspadaan manusia. Apabila Anda tidak ingin mengonsumsi minuman kafein yang terlalu berat, maka minumlah secangkir teh hitam saja.

5. Konsumsi Omega-3 Omega-3 bisa Anda dapatkan di dalam ikan salmon. Asam lemak omega-3 dapat membuat Anda tetap terjaga. Oleh karena itu, konsumsi ikan salmon atau jenis ikan lain yang diperkaya dengan omega-3 pada saat Anda makan siang dan makan malam. Apa mungkin Anda sangat jarang mengonsumsi ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang mengandung omega-3? Jangan khawatir karena Anda bisa mendapatkan asupan Omega-3 dari minyak ikan atau suplemen khusus.

6. Turunkan suhu AC Banyak yang bilang jika suhu ruangan terasa sejuk, maka bawaannya pasti mengantuk dan ingin segera meletakkan kepala untuk tidur. Akan tetapi, hal yang satu ini juga efektif untuk membuat Anda terbebas dari rasa kantuk di siang hari, lho. Di sini, Anda hanya perlu menurunkan suhu AC hingga benar-benar dingin. Menurut sebagian orang, kedinginan bisa membuat orang tidak bisa tidur nyenyak. Namun, cara ini hanya berlaku bagi Anda yang bekerja di ruangan pribadi agar Anda tidak mendapatkan protes dari rekan kerja Anda yang juga merasa kedinginan.

7. Ngobrol dengan orang lain Tips agar tidak ngantuk saat Anda sedang bekerja adalah dengan mengajak orang lain untuk ngobrol. Jika obrolan tersebut cukup seru, maka Anda bisa dengan mudah melupakan rasa kantuk yang melanda. Apabila Anda terserang rasa kantuk ketika bekerja, ajaklah teman Anda untuk mengobrol sejenak di luar kantor. Pergantian suasana juga bisa membuat kita jadi lebih segar.

8. Basuh muka dengan air Pernahkah Anda mendengar tips untuk mengatasi ngantuk secara sederhana, Anda bisa membasuh muka dengan air terlebih dahulu. Air akan memberikan sensasi kesegaran pada wajah. Selain itu, air juga bermanfaat untuk mendinginkan area mata yang terasa sangat berat karena mengantuk.

9. Dengarkan musik dengan tempo cepat Bingung mencari tips agar tidak ngantuk saat Anda bekerja pada siang hari? Solusinya sebenarnya sangat mudah. Suasana kantor yang terlalu sepi dapat mengakibatkan kita cepat merasa bosan dan diserang rasa kantuk yang cukup kuat. Untuk mencegah dan mengatasi kantuk, putar lagu-lagu favorit Anda yang memiliki tempo yang cepat. Bila perlu, Anda juga bisa ikut menari mengikuti irama lagu yang sedang diputar. Perpaduan antara sedikit gerakan dan lagu favorit Anda bisa mengenyahkan rasa kantuk secara langsung.

10. Makan atau ngemil Untuk mencegah ngantuk saat sedang bekerja, siapkan makanan di dekat meja kerja Anda. Apabila Anda memiliki aktivitas mengunyah makanan niscaya rasa ngantuk akan hilang dengan sendirinya. Sayangnya, banyak wanita yang takut menjadi gemuk apabila terlalu sering ngemil. Nah, Anda bisa menyiapkan buah-buahan segar untuk ngemil di kantor. Buah dapat melancarkan sistem pencernaan dan pastinya tidak membuat tubuh jadi bertambah gemuk.

11. Tarik napas beberapa kali Percaya atau tidak, hal sederhana seperti menarik napas dalam-dalam sebanyak beberapa kali ternyata bisa membuat rasa ngantuk hilang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari posisi duduk yang tepat, lalu ambil napas dalam-dalam sebanyak 5 – 10 kali sambil memejamkan mata. Cara sederhana ini bisa membuat tubuh jadi lebih segar. Opsi lain adalah Anda bisa menarik napas dalam-dalam di luar ruangan kerja Anda. Carilah ruangan terbuka agar Anda bisa lebih bebas menarik napas.

12. Sempatkan diri untuk keluar dari tempat kerja Ruangan yang Anda lihat setiap hari bisa membuat Anda mengalami kebosanan. Alhasil, Anda akan lebih mudah mengantuk apabila bekerja di dalam ruangan tersebut. Tips agar tidak ngantuk saat bekerja adalah dengan menyempatkan diri keluar dari tempat kerja saat jam istirahat. Misalnya saja Anda bisa makan di luar tempat kerja Anda. Jika tidak, usahakan untuk memandang tanaman-tanaman hijau selama beberapa saat agar mata jadi lebih segar. Rasa kantuk pada siang hari juga bisa disebabkan oleh efek obat-obatan tertentu. Hindari konsumsi obat yang memberikan efek samping mengantuk di siang hari apabila tidak benar-benar diperlukan.

Yuk, coba 12 tips agar tidak ngantuk ini agar Anda menjadi lebih segar saat harus bekerja di siang hari.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Dewi Chusnul Khotimah, S.Pd.SD
Stupid Badges
Dewi Chusnul Khotimah, S.Pd.SD
Good Badges
Kongkow