0
41
0
Hati- Hati!! Lima Penyakit Berbahaya Ini Rentan Menyerang Anak Muda, Karena Penyakit Tidak Menunggu Kamu Tua.
3 months 'ago'

Saat usia muda banyak dari kita yang terlalu menganggap remeh mengenai kesehatan dan menganggap bahwa penyakit mematikan hanya menyerang seseorang yang dikategorikan berumur tua. Tapi ternyata banyak di sekitar kita pun seseorang yang berusia muda sudah terjangkit penyakit berbahaya, bahkan dikarenakan penanganan yang terlambat sehingga tidak sedikit juga kasus yang harus berujung kematian.

Nah, sebelum itu terjadi sama kamu, kamu mesti tahu penyakit-penyakit apa saja yang bisa menjangkit seseorang di usia muda, penyebabnya, dan pencegahannya.

1. Penyakit Jantung

Mungkin kamu masih berfikir kalau penyakit jantung atau jantung koroner hanya menyerang orang yang sudah berusia 60 tahun lebih, ternyata penyakit ini cukup banyak menyerang seseorang di bawah usia 40 tahun lho.

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit tidak menular yang terjadi akibat pola hidup dan lingkungan yang tidak sehat. Misalnya kebiasaan makan makanan tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, minum alkohol, merokok, obesitas, dan jarang berolahraga.

2. Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau yang biasa disebut gula darah ternyata masuk dalam tiga besar penyakit paling mematikan di Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, remaja hingga anak- anak pun bisa terkena diabates.

kita dapat mencegah diabetes sejak dini dengan membatasi asupan gula, konsumsi makanan cepat saji dan rutin olahraga. Hal ini karena makanan cepat saji umumnya memiliki kandungan kalori dan gula yang banyak

sebagai bentuk monitoringnya pun kita dapat melakukan pengecekan rutin gula darah kita ke puskesmas atau klinik terdekat.

3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah di atas batas normal.

Masih banyak yang menyepelekan penyakit hipertensi ini. gejala awal bisa ditandai dengan sakit kepala. Biasanya penderita enggan memeriksakan keadaannya dan hanya sekedar konsumsi obat bebas.

Padahal jika dibiarkan terus menerus, penyakit hipertensi ini dapat mengganggu fungsi organ lain seperti jantung dan ginjal, yang kemudian memicu komplikasi.

Kasus hipertensi banyak disebabkan karena kebiasaan makan makanan tinggi lemak jenuh dan garam. dengan membatasi jenis makanan tersebut dan periksa tekanan darah anda secara rutin, anda dapat mencegah kemungkinan hipertensi sedini mungkin.

4. Kanker

Kebiasaan jarang makan sayur dan buah serta dipadukan dengan jarang berloahraga membuat banyak dari kita terutama wanita muda yang masuk usia 30 tahun yang mulai terserang penyakit berbahaya seperti kanker payudara.

Selain kanker payudara, angka penderita kanker lain seperti kanker darah, kanker kelenjar getah bening, hingga kanker rahim pun semakin banyak. Penyebabnya beragam mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga kurangnya olahraga dapat memperparah kesehatan orang tersebut.

5. Stroke

Jika mendengar kata Stroke, sebagian besar dari kita berfikir bahwa itu adalah penyakit orang usia lanjut. Karena memang stroke umumnya menyerang orang yang sudah lanjut usia diatas 50 tahun.

Tapi belakangan ini sudah banyak orang dengan usia 30 tahunan juga mulai banyak terserang penyakit ini. Stroke sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat karena terhentinya aliran darah keotak akibat adanya sumbatan, atau karena terjadi pecahnya pembuluh darah di otak.

Untuk penyebab stroke pun beragam mulai merokok, jarang berolahraga, makanan tinggi lemak, garam, dan kolesterol.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow