0
10
0
Selain Gelar & Masa Depan, 8 Hal Ini Menjadi Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting
1 week 'ago'

Pernah kamu mendengar orang lain berkata “Untuk apa kuliah? Buang  buang waktu dan uang!”, “Lebih baik bekerja setelah lulus SLTA daripada kuliah!”, maupun ujaran – ujaran sejenis itu?

Pastinya kalimat – kalimat di atas pernah kamu dengar, walaupun tidak sering.

Kuliah memang menjadi pilihan bagi setiap orang. Tidak semua orang menjatuhkan pilihannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang diploma atau sarjana.

Namun, menganggap kuliah itu tidak ada gunanya merupakan suatu prinsip yang sebaiknya kamu hindari, apalagi jika status kamu saat ini adalah mahasiswa.

Banyak orang ingin kuliah adalah untuk menjamin masa depannya bisa lebih baik, dengan pendidikan tinggi dan gelar akan mendapat pekerjaan yang dicita – citakan.

Selain hal di atas, ada 8 hal yang menjadi alasan mengapa KULIAH itu penting menurut tim Ruang Mahasiswa

Berikut 8 hal berharga yang akan kamu dapatkan saat memilih untuk kuliah.

1. Kuliah membuat pengetahuan dan wawasan kamu lebih luas

Selain pengetahuan, kamu akan mendapatkan begitu banyak pengalaman yang tidak ternilai harganya. Kamu perlahan – lahan akan terbiasa memandang suatu permasalahan dari berbagai aspek.

Tugas – tugas di kampus terkadang menuntutmu untuk terjun ke luar kampus dan mengajakmu untuk berbaur dengan masyarakat.

Lingkungan kampus juga akan menghadirkan orang – orang dari latar belakang yang majemuk, kamu bisa belajar banyak dari orang di sekitarmu, dan kamu akan menyadari bahwa wawasan kamu pun semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

2. Kuliah membuatmu lebih disiplin dan mandiri

Kesibukan di kampus akan membuatmu terbiasa untuk mengatur waktu agar tidak keteter dengan tugas – tugas kamu. Hal ini akan melatihmu untuk lebih disiplin dan menghargai waktu.

Selain itu, kamu juga terlatih untuk tidak berharap pada bantuan orang lain setiap saat. Kuliah menuntutmu untuk mandiri, baik dalam mengerjakan tugas kuliah, maupun menyelesaikan masalahmu secara pribadi.

3. Kamu menyadari bahwa selain nilai, jaringan pertemanan juga sangat dibutuhkan

teman di kampus

Ketika mengikuti suatu organisasi, kamu akan diperkaya dengan pengalaman dan jaringan pertemanan yang lebih luas. Dengan adanya jaringan pertemanan yang luas, kuliah akan terasa lebih menyenangkan.

Jaringan pertemanan yang luas juga memudahkan dalam memperoleh informasi. Bahkan ketika kesulitan dan membutuhkan bantuan, teman dapat membantumu.

4. Kamu terlatih untuk bijaksana dan baik dalam menjalin komunikasi dengan teman

Walaupun jaringan pertemanan yang luas memberi keuntungan, lambat laun kamu akan menyadari bahwa selektif dalam berteman sangat diperlukan. Kamu akan terlatih dalam memahami karakter temanmu.

Kamu lebih mampu menyadari teman yang mendukungmu untuk maju, dan mana yang hanya ingin bersenang – senang denganmu.

5. Kamu terlatih untuk menjadi pemimpin

Dalam kegiatan presentasi di kelas maupun ketika berbicara dalam suatu organisasi kampus, kamu sebenarnya sedang melatih diri untuk menjadi pemimpin di masa mendatang.

Sedikit demi sedikit rasa grogi saat berbicara dapat teratasi dengan membiasakan diri untuk berbicara dan tampil di depan umum.

6. Kuliah melatihmu untuk mengambil keputusan yang tepat

Dari sekian banyak pilihan yang akan kamu hadapi di masa perkuliahan, pada akhirnya kamu harus memilih apa yang harus dilakukan.

Pilihan untuk memilih organisasi yang tepat dan sesuai dengan passion-mu, pilihan untuk bekerja sambil kuliah, pilihan untuk mengambil kelas atas, dan masih banyak pilihan yang dihadapkan di masa perkuliahan.

Pilihan – pilihan tersebut membuatmu lebih bijaksana dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal ini tentu menjadi bekal yang berharga untuk dunia pekerjaan nanti.

7. Kuliah menuntunmu lebih sabar dan mencintai proses perjuangan

mengapa kuliah itu penting

Segala problema dalam perkuliahan itu hal biasa, lambat laun kamu akan terbiasa untuk menghadapinya dengan kesabaran. Kamu juga akan menyadari bahwa tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan cara yang “instan”.

Kesabaran sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Di dunia perkuliahan, kamu akan terlatih untuk menjadi pribadi yang lebih sabar,

8. Kamu lebih mengenali dirimu

Perjuangan dalam dunia perkuliahan akan membuatmu lebih mengenali diri, apa yang menjadi kelebihan maupun kekuranganmu. Kamu akan lebih mudah dalam menemukan passion-mu yang sebenarnya.

Siapa bilang kuliah itu hanya untuk meraih gelar saja? Kamu sebagai mahasiswa perlu menyadari bahwa delapan hal di atas adalah manfaat dari kuliah. Hal – hal tersebut akan berguna bagi kamu dalam dunia kerja di masa mendatang.

Kuliah adalah pilihan. Jika memutuskan untuk kuliah, sebaiknya kita juga sudah mengetahui manfaatnya, ya guys! Semangat terus untuk kuliahnya, mahasiswa – mahasiswa pejuang masa depan!

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow