0
22
0
Gagal Adalah Awal dari Kesuksesan Jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini
1 week 'ago'

Kegagalan merupakan momok yang sangat besar bagi siapapun yang sedang menuju suatu tujuan kesuksesan dalam hidup. Banyak kalimat-kalimat motivasi yang selalu mendorong kita untuk terus maju meskipun menghadapi kegagalan. Gak sedikit juga yang bilang bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Perlu kita tahu nih guys kegagalan memang bisa jadi awal kesuksesan, tapi bisa juga kegagalan itu menjadi penghalang untuk sukses. Nah, bagaimana caranya agar kegagalan yang kita miliki menjadi langkah awal menuju kesuksesan? Maka kamu perlu banget melakukan 5 hal ini.

1. Mampu memahami makna sukses dan gagal itu sendiri

Gagal Adalah Awal dari Kesuksesan Jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

Langkah pertama adalah pemahaman soal konsep gagal dan sukses itu sendiri. Apa sih sejatinya sukses yang kita inginkan tersebut? Bagaimana sesuatu itu bisa dianggap gagal menurut pandangan kita? Karena, hal ini benar-benar bersifat individual dan bisa jadi berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. 

Selain itu, dengan memahami makna sukses dan gagal itu sendiri, kamu jadi tahu betul apa yang harus dilakukan ketika menghadapi kegagalan.

2. Mengambil pelajaran dari kesalahan yang kamu buat

Gagal Adalah Awal dari Kesuksesan Jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

Mampu mengambil pelajaran dari kegagalan yang terjadi terdengar klasik banget ya. Tapi, memang begitulah adanya. Bagaimana kita bisa sukses jika setelah mengalami kegagalan kita malah cuek aja dan gak belajar apa-apa dari situ. Setuju kan? Makanya, jadikan kegagalan justru sebagai modal untuk kembali bangkit dan memulai meskipun harus dari awal lagi.

3. Memutuskan untuk gak berhenti berusaha setelah mengalami kegagalan

Gagal Adalah Awal dari Kesuksesan Jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

Selanjutnya, setelah berhasil memahami kenapa sih kegagalan sebelumnya bisa terjadi, yang perlu kita lakukan adalah mengumpulkan niat. Niat dan tekad yang kuat untuk kembali memulai dan gak akan berhenti berusaha demi tercapainya kesuksesan.

4. Yang pasti, gak membiarkan diri terlalu lama bersedih atas kegagalan tersebut

Gagal Adalah Awal dari Kesuksesan Jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

Menyesali yang sudah terjadi dan merutukinya untuk waktu yang terlalu lama hanya akan membuang waktu. Jangan sampai sebuah kegagalan membuat kita terlena untuk beristirahat terlalu lama dari usaha yang kita lakukan. Bersedih gak akan menyelesaikan masalah, cukup jadikan sebagai cambuk demi bangkit dan berusaha lebih giat lagi.

5. Gak perlu terus menerus mencari kambing hitam atas kegagalan yang sudah terjadi

Gagal Adalah Awal dari Kesuksesan Jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

Bisa jadi yang salah bukan kita, tapi pihak tertentu yang menyebabkan kegagalan tersebut. Misal, jika kamu dalam bisnis kuliner, kemudian ternyata ada pegawai yang curang sehingga keuntungan selalu kurang. Nah, kamu boleh saja memberhentikan atau memberi hukuman yang pantas untuk pegawai tersebut.

Tapi, tidak bijak jika terus menerus menyalahkan orang lain. Berkacalah juga, mungkin kamu sendiri kurang teliti atau terlalu mempercayakan hal tersebut pada orang lain, makanya pegawaimu sampai punya peluang untuk melakukan kecurangan.

Intinya, apapun dan bagaimanapun bentuk kegagalan tersebut, jangan sampai kamu sibuk mencari kambing hitam dan menyalahkan orang lain. Hal ini juga pada akhirnya gak memberi keuntungan apa-apa padamu.

So, sudah siap menjemput kesuksesan?

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow