999 +
0
228
0
CARA MENCARI NILAI FAKTORIAL DAN CONTOH SOALNYA
2 months 'ago'

Mengenal Faktorial Lebih Jauh

Sebelum kita membahas cara mencari nilai faktorial dan contoh soalnya, akan sangat baik jika anda memahami faktorial ini sendiri terlebih dahulu. Perlu anda tahu, faktorial adalah materi pelajaran kelas 12. Saat anda mempelajari faktorial ini, anda harus mendalami terlebih dahulu arti faktorial secara etimologi. Faktorial adalah jumlah faktor perkalian yang ada di dalam sebuah kalimat matematis.

Nilai Faktorial

Nilai Faktorial

Misalkan ada kalimat matematis

5 x 4 x 3 x 2 x 1 atau 5.4.3.2.1, maka kalimat ini bisa dirubah menjadi kalimat faktorial dengan bentuk

5.4.3.2.1 = 5!

Jadi ada 5 faktor perkalian di dalam kalimat matematis tersebut. Begitupun jika dikurangi menjadi 4 x 3 x 2 x 1 atau 4.3.2.1 maka kalimat matematis ini bisa dirubah menjadi

4.3.2.1 = 4!

Nilai faktorial ini bisa dituliskan dalam rumusan n! = n.(n-1) . (n-2) . (n-3) . …… hingga nilai akhir menjadi angka 1.

n! = n.(n-1) . (n-2) . (n-3)

Jika anda melihat 5.4.3.2.1 = 5! Dan 4.3.2.1 = 4! Maka anda bisa mengambil kesimpulan dari materi satu ini anda bisa merumuskan faktorial dengan metode :

5! = 5. (5-1)!

5! = 5. 4!

n! = n. (n-1)!

Lantas Bagaimana Jika dengan Nol Faktorial?

Nol faktorial dalam hal ini merupakan pengecualian. Dengan ini, cara mencari nilai faktorial dan contoh soalnya akan menjadi lebih mudah. Anda bisa menerapkan metode seperti di bawah ini.

Kita anggap kalau n = 1 dan anda sudah tahu bahwa rumusan umum dari faktorial itu sendiri adalah :

n! = n. (n-1)!

Jadi jika anda mengganti n dengan angka satu seperti pemisalan di atas, akan didapat perhitungan sebagai berikut.

1! = 1. (1-1)!

1! = 1. (0)!

1 = 0!

Jadi bisa diasumsikan kalau nol faktorial sama dengan satu.

Cara Mencari Nilai Faktorial dan Contoh Soalnya

Untuk menemukan penyelesaian nilai faktorial sudah tentu anda harus mengerjakan beberapa contoh soal di dalamnya. Caranya tidak terlalu sulit. Ikuti pembahasan di bawah ini secara teliti. Untuk memahami nilai faktorial anda harus memastikan kalau anda memahami permutasian terlebih dahulu. Caranya mudah. Ikuti beberapa langkah pembahasan mengenai permutasi di bawah ini.

Misalkan ada 3 orang pria yang hendak duduk di bangku panjang. Anggaplah nama ketiga pria tersebut adalah ABC. Berapa kemungkinan posisi duduk yang mungkin terjadi. Dalam hal ini anda bisa menggunakan formula faktorial untuk menghitungnya.

Diketahui : A, B, C duduk di bangku panjang maka n = 3

Ditanyakan : Posisi duduk yang mungkin?

Jawab :

n! = n.(n-1)!

3! = 3.(3-1).(3-2)!

3! = 3.(2).(1)!

3! = 6

Sedikit pembahasan mengenai nilai faktorial di atas sudah pasti bisa anda pahami dengan baik bukan? Itulah cara dasar dari materi faktorial yang bisa anda dalami. Telitilah dalam menentukan nilai n pada faktorial ini karena cara mencari nilai faktorial dan contoh soalnya ini dimulai dari menentukan nilai n tersebut.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Arifah
75
Lencana
Kongkow