999 +
0
21
0
Kembalikan Semangat ke Sekolah Usai Liburan dengan 4 Cara Ini!
2 weeks 'ago'

Liburan hampir usai! Sekarang saat-saat terberat bagi siswa-siswi untuk kembali belajar di sekolah. Setelah liburan panjang, mengumpulkan niat dan semangat untuk kembali ke sekolah memang bukan hal mudah. Otak sudah terbiasa dengan kebiasaan saat liburan.

Selama liburan bangun siang, tidak mandi dari pagi sampai sore hari, aktivitas yang dilakukan di rumah hanyalah makan, menonton televisi, lalu tidur. Badan akan otomatis terbiasa untuk bangun siang setiap harinya, dan hanya ingin bermalas-malasan di rumah sambil makan dan nonton TV. Jika hal tersebut berlanjut setelah tanggal masuk sekolah tiba, siap-siap saja akan datang telat dan ketiduran di kelas.

Untuk mencegah kebiasaan kurang baik itu terjadi, mari simak empat tips yang bisa dterapkan di rumah agar semangat kembali untuk pergi dan belajar di sekolah. Namun, lakukan minimal seminggu sebelum masuk ke sekolah ya!

1. Melatih diri kembali ke rutinitas sehari-hari

Ayo mulai nyalakan kembali alarm jam bekermu! Latih diri kita untuk bangun seperti seakan-akan besok akan pergi ke sekolah. Jangan berpikiran tidak ada yang bisa dikerjakan jika bangun pagi saat liburan. Karena ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan, seperti jogging di sekitar rumah. Selain badan sehat, dijamin semangat pun akan meningkat!

Setelah mandi dan makan, lanjutkan dan isi hari-harimu seproduktif mungkin, misalnya dengan membaca santai buku pelajaran baru yang akan digunakan saat masuk sekolah. Dengan begitu, kamu akan mencuri start lebih dulu dari teman-temanmu, sehingga dijamin kamu tidak akan kesulitan saat menerima pelajaran nantinya. Tidak perlu terfokus pada buku pelajaran, karena kamu juga bisa mencari berita-berita terkini yang bermanfaat dengan membaca melalui portal media online.

Yang terpenting, jangan tidur lebih dari jam 10 malam, alias jangan bergadang. Tidurlah yang cukup, agar esok hari rutinitas yang sama bisa terus terulang kembali. Hingga akhirnya pada saat hari masuk sekolah tiba, kamu tidak akan kaget ataupun kesulitan lagi mengumpulkan semangat dalam menjalani rutinitas kembali ke sekolah.

2. Penampilan serba baru

High fashion woman carries a handful of shopping bags

Gaya rambut baru, baju baru, tas baru, alat tulis baru, ataupun sepatu baru dapat mempengaruhi moodkita dalam menjalani suatu hari. Mengganti semuanya menjadi baru bisa menjadi suatu cara yang tepat bagi kamu yang memang gampang bosan atau jika ingin memulai awal yang baru dan penuh semangat setelah menikmati liburan.

Tidak harus mengganti atau membeli baru semua barang, karena sebenarnya semua yang baru itu diibaratkan sebagai suatu simbol awal baru yang memberikan semangat dan motivasi. Jadi, cukup misalnya dengan mengganti gaya rambut agar tampak lebih fresh dan rapi. Jangan lupa pastikan gaya rambut yang kamu pilih cocok ya!

3. Persiapkan di malam hari

A backpack, a watch, a “Little Prince” book and coins against a black background

Mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa pada malam hari sebelum masuk ke sekolah esok paginya, adalah hal wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Luangkan waktumu beberapa menit untuk membayangkan apa saja kira-kira yang akan terjadi pada esok har untuk pergi ke sekolah. Setelah membayangkannya, mulai siapkan keperluan yang harus dibawa besok ke sekolah. Mulai dari menyusun buku-buku pelajaran yang akan digunakan besok, menyiapkan seragam, sepatu, kaus kaki yang akan dikenakan besok, menyiapkan alat tulis, meraut pensil, mengecek isi pena, sampai memasukkan semua alat tulis ke dalam kotak pensil.

Kamu juga bisa mengatur dan merencanakan jadwal kegiatanmu setelah pulang dari sekolah. Misalnya bermain futsal bersama teman atau belajar kelompok, kamu bisa langsung menelpon atau chat malam itu juga. Karena dengan berkomunikasi terlebih dahulu dengan teman-teman yang akan kamu temui pada keesokan harinya secara tidak langsung akan memberikan tabungan semangat untuk pergi ke sekolah atau memulai rutinitas kembali!

4. Membaca buku inspiratif

A man reading his book while sitting on a bench in a meadow

Tidak semua orang beruntung, tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan di sekolah. Bagi kamu yang sekarang ini sedang merasa “mager” dan tidak memiliki niat untuk pergi ke sekolah karena terlalu lama liburan, kamu harus sadar kalau kamu termasuk orang yang beruntung masih bisa sekolah. Banyak teman-teman di luar sana yang ingin sekolah namun tidak memiliki biaya bahkan tempat untuk bersekolah. Sebagai orang yang beruntung mari kita bersyukur dan mengumpulkan semangat untuk kembali bersekolah.

Sulutkan api semangat dengan membaca novel-novel inspiratif yang dapat memotivasi seperti Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, ataupun novel 9 Summers 10 Autumns. Dengan membaca novel-novel ini, selain bisa bersyukur dan belajar dari kisah-kisah menarik dan inspiratif mengenai pendidikan, kita juga bisa sekaligus melatih konsentrasi dan tingkat fokus kita. Hal ini dapat memudahkan kita untuk bisa berkonsentrasi dan fokus pada pelajaran di sekolah dengan baik.

Empat tips di atas memang harus dilakukan dengan kesadaran penuh, karena kalau setengah hati tanpa diniati, tidak akan memiliki efek yang maksimal. Yakinlah bahwa dengan niat dan pikiran positif, hal-hal tersebut akan ampuh menghalau rasa “mager” kita!

Follow Us On :
Ranking
1
Leen
20
2
Ummi
-5
3
4
Lencana
Kongkow