999 +
0
38
0
Mengantuk Saat Bekerja? Hindari Makanan Ini
3 months 'ago'

Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk mendapatkan energi dan semangat kembali dalam beraktivitas. Sebab jika kurang tidur akan memberikan dampak seperti mengantuk saat bekerja dan konsentrasi akan menurun. Selain akibat kurang tidur, mengantuk juga bisa disebabkan oleh makanan. Seringkali orang mengonsumsi makanan tanpa memikirkan dampak bagi tubuh mereka. Tahukah Anda walaupun Anda sudah tidur cukup, rasa kantuk bisa saja datang jika Anda mengosumsi makanan ini? Ada baiknya Anda hindari beberapa makanan ini yang bisa membuat konsentrasi Anda tidak terkendali. Apa saja makanan tersebut?

Pisang
Ternyata, buah yang satu ini sangat bisa membuat Anda lebih mudah ngantuk. Hal ini disebabkan oleh kandungan magnesium dan potassium dalam pisang yang bisa membuat otot tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, pisang juga mengandung triptofan yang bisa bereaksi menjadi serotonin dan melatonin sehingga otak menjadi lebih tenang dan mudah mengantuk.

Oatmeal
Oatmeal memang sering dijadikan sarapan. Tapi, gandum pada oatmeal bisa meningkatkan gula darah dengan cepat. Hal ini bisa terjadi karena oatmeal mengandung produksi insulin dan meningkatkan kadar gula didalam darah sehingga siapa saja yang mengonsumsinya akan mudah sekali merasakan ngantuk. Selain itu oatmeal mengandung melantonin yang bisa membuat tubuh lebih tenang dan mudah tertidur.

Kacang almond
Kacang yang sering dicampur dengan bahan coklat ini banyak dikonsumsi orang karena rasanya yang renyah dan gurih. Tapi, tahukah Anda kalau ternyata kacang almond memiliki kandungan magnesium tinggi yang bermanfaat untuk relaksasi otot. Kacang almond membuat rasa kantuk semakin cepat dengan cara mematikan siklus adrenalin dan meningkatkan rasa kantuk ketika di konsumsi. Selian itu kacang almon menjaga kadar gula darah untuk tetap stabil.

Kedelai
Fitoestrogen yang terkandung di dalam kacang kedelai sangat baik untuk mengendalikan rasa gelisah sehingga membuat seseorang yang mengonsumsinya lebih mudah untuk mengantuk. Oleh sebab itu, lebih baik hindari makan kedelai jika kamu tidak ingin mengantuk saat bekerja.

Buah Ceri
Buah Ceri merupakan salah satu asupan makanan yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Hal ini disebabkan oleh peningkatan melatonin yang diproduksi setelah mengonsumsi buah ini. Orang yang mengidap insomnia disarankan untuk mengonsumsi buah merah mungil ini.

Jadi, hindari makanan ini ketika Anda sedang beraktivitas. Jika Anda sudah hindari makanan ini tapi tetap merasa kantuk, cobalah untuk mengatur pola tidur Anda dan tidurlah yang cukup agar tubuh Anda tetap seimbang dan semangat kembali dalam menjalankan aktivitas.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow