0
17
0
Apakah TPS itu dalam SBMPTN? Tanya Jawab dengan Siswa/i SMA/K Yapim Taruna
2 weeks 'ago'

Pada tanggal 26 Januari tim Ruang Mahasiswa telah menyambangi sekolah SMA/K swasta Yapim Taruna Stabat di kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Ini adalah program Goes To School 2019 yaitu sebuah program untuk seminar & konsultasi masuk PTN dengan tema “Optimis Masuk PTN 2019”.

Beberapa rangkaian kegiatan seminar telah dilakukan, dan dari materi – materi yang disampaikan muncul beberapa pertanyaan yang belum sempat dijawab pada saat acara.

Sehingga kali ini kita jawab ya..

1. Jika kita mau masuk ke jurusan ilmu komputer, tapi kita sama sekali tidak memiliki skill di bidang itu, kita harus gimana? (oleh : Cansa Mayu Siva Nazla)

Jawab:

Seperti yang disampaikan oleh pemateri sebelumnya, memilih jurusan itu harus sesuai dengan “Kemauan dan Kemampuan”.

Memilih jurusan itu bukan harus yang kata orang hebat, yang dinilai orang jagoan.

Yang lebih penting adalah apakah kemauan dan ketertarikan kamu ada pada bidang studi yang kamu pilih. Ini dulu hal yang paling mendasar.

Jika sudah ada kemauan langkah selanjutnya adalah belajar agar kamu memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Namun jika kamu tidak memiliki ketertarikan dan kemauan untuk belajar di bidang ini, sebaiknya, sebaiknya jangan ambil jurusan itu.

Karena kuliah itu bukan coba – coba. Kamu yang tahu dirimu dan bakatmu ada dimana, pilihlah jurusan yang memang kamu pahami dan kamu idamkan. Itu lebih baik daripada memilih jurusan yang bahkan belum dipahami.

2. Kak, tadi ada tulisan kakak “KULIAH hak bagi seorang yang mau belajar”. Bagaimana jika seseorang malas belajar tapi bertekad untuk kuliah? ( oleh: Zulvita Nada)

Jawab :

Kuliah hak bagi seorang yang “Mau Belajar”.

Artinya adalah kalau kamu punya tekad yang kuat untuk kuliah, ya pasti kamu akan tekun belajar. Orang – orang yang tekun belajar pasti akan mendapat kesempatan – kesempatan yang baik untuk masa depannya.

Tapi bagaimana jika malas belajar, bisa kuliah?

Jawabannya sederhana saja, untuk belajar saja malas gimana untuk bisa kuliah? karena kuliah itu bukan sekedar main – main. Sangat dibutuhkan kemauan dan fokus belajar sangat tinggi.

ruang mahasiswa goes to yapim taruna

3. Penting gak sih anak SMK masuk kuliah? Kan SMK udah bisa kerja? Apa keuntungan anak SMK masuk kuliah? (oleh: Andi)

Jawab:

Kalo kata orang, SMK siap kerja. Tapi kalo kata kami, abang/kakakmu sebagai mahasiswa: “Tamat SMA/SMK saja tidak cukup”

Sekarang kamu mau kerja apa dulu sekarang? Kalo untuk sekedar kerja, bisa saja sebenarnya.

Berikut penjelasannya:

Kembali ke diri sendiri. Kuliah memang bukan cita – cita semua orang. Penting atau tidaknya kuliah itu sebenarnya tergantung pada dirimu sendiri, bukan karena kamu sekolah kejuruan.

Jika saya ditanya “Pentingkah kuliah“, maka jawabannya adalah penting.

Kalau anak SMK mau masuk kuliah, kenapa tidak? Apa keuntungannya?

Dengan kuliah, bukan hanya pengetahuan yang bertambah, lebih dari itu, wawasan akan semakin luas. Selain itu, bisa kita lihat bagaimana sistem melamar pekerjaan di Indonesia, ijazah dan gelar masih diperlukan untuk mencari pekerjaan, dan saat ini untuk menduduki posisi – posisi tertentu dibutuhkan minimal lulusan D3/S1.

Namun, bukan berarti gelar adalah yang kita dewakan untuk memperoleh pekerjaan. Anak SMK memang dibekali untuk mendirikan usaha, kalau kita bisa mendirikan usaha, itu juga bagus!

4. Gimana cara mengatasi orang yang sudah berusaha tapi gagal selalu untuk bisa mendapatkan kecerdasan apa yang harus dilakukan? ( oleh: Reza Rivaldi Surbakti)

Jawab:

Pernah mendengar istilah “Kegagalan adalah ibu kandung dari kesuksesan”? Ini berlaku untuk semua orang. Orang sudah berhasil pasti pernah “GAGAL”, bahkan kegagalannya selalu lebih banyak dari tingkat keberhasilannya.

Yang penting di sini adalah semangat dan usaha yang pantang menyerah.

Tetap percaya diri aja, gagal, coba lagi sampai berhasil. Semakin sering gagal, semakin dekat kita dengan keberhasilan. Kenali diri sendiri. Pasti kamu punya satu bakat yang bisa kamu kenali dengan menemukan hobby-mu.

Ini bisa membantu untuk menemukan keberhasilan. Semangat terus yaa!

5. Ada istilah baru yang saya dengar seperti saintek, TPS, dan TKA. Bisa gak dijelasin dan memberitahukan istilah lainnya yang harus diketahui dalam dunia perkuliahan ( oleh: Reza Rivaldi Surbakti)

Jawab :

Istilah seperti Saintek, TPS, dan TKA akan kita temui dalam sistem SBMPTN dan seleksi jalur mandiri. Saintek itu adalah ujian SBMPTN untuk kamu yang memilih jurusan IPA, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dll. Sedangkan ujian untuk yang memilih jurusa IPS seperti Hubungan Internasional, Ekonomi, dll, namanya ujian Soshum (Sosial Humaniora).

TPS itu singkatan dari Tes Potensi Skolastik yang menguji kemampuan penalaran peserta ujian, sedangkan TKA (Tes Kompetensi Akademik) adalah ujian pengetahuan yang diperoleh dari sekolah dan pengetahuan yang diperlukan sesuai dengan program studi yang dipilih.

ruang mahasiswa goes to yapim taruna stabat

Untuk istilah lainnya yang harus diketahui dalam dunia perkuliahan bisa dibaca di artikel Ruang Mahasiswa.

6. Gimana pendapat dan saran kakak untuk orang yang masih menganggap motivasi itu tidak penting atau tidak bisa berubah menjadi lebih baik oleh motivasi tersebut? (oleh  Claudia br Tarigan )

Jawab:

Pertama, kita harus ubah mindset dulu, “Motivasi Itu Penting”. Setiap orang dalam menjalani hidupnya harus punya motivasi tersendiri.

Orang yang tidak punya motivasi dalam hidupnya, pasti arah hidupnya tidak jelas.

Sebagai contoh, setiap orang pasti punya cita – cita. Untuk meraih cita – cita ini, dia pasti memiliki motivasi untuk hal tersebut.

Bagaimana cara menemukan motivasi?

Caranya gimana? Pertama, lihat dan ketahui orang – orang sukses di sekitarmu dan di belahan dunia sekarang.

Kemudian, boleh perbanyak membaca buku inspirasi, kata – kata bijak. Bisa juga dengan membuka diri terhadap nasehat, terlebih dari kedua orang tua. Semakin sering mendengar, membaca hal – hal yang memotivasi, semoga semakin mau juga untuk berubah.

Atau boleh juga kamu melihat sosok – sosok yang bisa dijadikan inspirasi. Contohnya, kamu mengagumi Christian Ronaldo karena sangat handal dalam bermain bola. Lalu pikirkan, kenapa dia bisa seperti itu? Pastinya karena gigih dan tekun belajar.

Pasti kamu punya sosok yang menginspirasi dalam pikiranmu. Kamu ingin seperti sosok yang kamu idamkan? Kuncinya adalah belajar, terus mencoba.

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow