0
57
0
6 Info Penting tentang Bidikmisi 2019
3 weeks 'ago'

Pada tanggal 14 Januari 2018 telah dilakukan Konferensi Pers terkait Kuota Bidikmisi tahun 2019 oleh Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti Prof. Ismunandar bersama Direktur Kemahasiswaan Dr. Didin Wahidin, serta Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Drs. Ismet Yus Putra MM. Di Gedung Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Dari hasil konferensi pers tersebut di dapat beberapa info penting tentang Bidikmisi di tahun 2019 ini, apa sajakah itu.

Silahkan disimak poin berikut ini:

1. Kuota Bidikmisi Meningkat 44% dari tahun 2018

Kuota nasional Bidikmisi tahun 2019 sebanyak 130.000 penerima (meningkat 44% dari tahun 2018 yang hanya 85.000 penerima saja). Dengan demikian, pemerintah akan menaikkan anggaran Bidikmisi pada tahun 2019 dengan alokasi untuk Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta termasuk Vokasi dan mahasiswa ongoing yang eligible.

2. Living Cost menjadi 700 ribu per bulan

Selain meningkatkan kuota penerima, biaya hidup atau Living Cost penerima Bidikmisi juga dinaikkan dari tahun – tahun sebelumnya sebesar Rp. 650.000-/bulan menjadi Rp. 700.000,-/bulan. Dengan begitu penerima Bidikmisi akan menerima Rp. 4.200.000,-/semester.

PENTING : Ini berlaku bagi seluruh penerima aktif bidikmisi (on going), bukan hanya untuk angkatan 2019 saja.

3. Alokasi Bidikmisi juga ada untuk Program Profesi Guru (PPG)

Sebelumnya Bidikmisi juga dialokasikan kepada profesi dokter, dokter gigi, dokter hewan, ners dan apoteker. Untuk tahun 2019 ditambah ke Program Profesi Guru (PPG)

4. 1.000 kuota untuk calon mahasiswa difabel

info penting tentang bidikmisi 2019

Menambah alokasi penerima Bidikmisi khusus mahasiswa difabel. Kemenristekdikti menyediakan sekitar 1.000 kuota yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa difabel.

“Sebelumnya sudah ada, namun sebagian besar tidak terpenuhi,” ujar Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin, di Jakarta, Senin (14/1).

Pak Didin menjelaskan kuota untuk mahasiswa difabel sebenarnya sudah disediakan sejak beberapa tahun yang lalu, namun yang mendaftar sangat sedikit. Untuk itu, dia meminta agar calon mahasiswa yang dalam kondisi difabel tetap semangat melanjutkan pendidikannya.

5. Integrasi Data agar lebih Transparan, Akuntabel & Tepat Sasaran

Selain hal – hal penting di atas, dilakukan integrasi data Bidikmisi dengan pangkalan data Kemendikbud dan Kemensos untuk mendorong proses penerimaan yang lebih transparan, akuntabel dan tepat sasaran.

Karena dianggap selama ini masih ada penerima yang tidak tepat sasaran dan tidak sesuai dengna kriteria Bidikmisi

6. Pemilik KIP boleh daftar langsung

Siswa penerima KIP dapat langsung mendaftar ke laman sistem Bidikmisi di alamat http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id//. Namun, pendaftar KIP tetap harus melalui proses yang sama dengan pendaftar lain. Jadi tidak otomatis langsung lulus.

Namun hal ini akan lebih memudahkan siswa/i penerima KIP tanpa harus menunggu pendaftaran dari pihak sekolah.

Itulah 6 hal penting tentang Bidikmisi 2019, dari hal – hal tersebut di atas terlihat bahwa pihak pemerintah sangat peduli dengan anak – anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan beragam kemudahan yang diberikan

Semangat buat kamu yang berjuang mendapat Bidikmisi tahun ini ya.

Follow Us On :
Lencana
Sandrina M.Drone
Good Badges
Kongkow