999 +
0
184
0
Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!
7 months 'ago'

Minum air es saat cuaca sedang panas memang menyegarkan. Apalagi jika meminum air es setelah berolahraga, tentu akan sangat melegakan dahaga. Namun, terlalu sering minum air es juga tidak baik lho untuk kesehatan. Sebab, air es bisa membekukan lemak yang ada pada darah kita, sehingga membuat peredaran darah menjadi tidak lancar.

Akibat peredaran darah yang tidak lancar ini, membuat proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga bisa menyebabkan tubuh mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan dan berakibat kegemukan.

Tak hanya beresiko mengalami kegemukan saja lho, terlalu sering minum air es juga bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan kamu juga. Nah, penasaran 'kan apa saja bahaya jika terlalu sering minum air es? Yuk, Simak ulasan berikut ini tentang tujuh bahaya yang akan menimpamu jika terlalu sering minum air es!

1. Penyumbatan pada usus

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Terlalu sering minum es, terutama setelah makan dapat menyebabkan penyumbatan pada usus lho, mengapa bisa? Karena seringnya meminum air es setelah makan dapat menyebabkan proses penghancuran dan penyerapan makanan di dalam usus menjadi terganggu. Suhu air es menyebabkan struktur makanan menjadi beku dan membuat lemak pada saluran usus menjadi mengendap, sehingga terjadi penyumbatan pada usus.

2. Memicu radang tenggorokan

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Meski sangat menyegarkan jika diminum saat cuaca sedang panas, terlalu sering minum air es juga bisa membuatmu terkena radang tenggorokan lho. Mengapa bisa? Karena terlalu sering meminum air es dapat menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Jika hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan saluran tenggorokan menjadi mudah terkena infeksi dan radang serta juga bisa memicu gangguan pada sistem pernafasan.

3. Gangguan fungsi pencernaan

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Terlalu sering minum air es tidak baik lho untuk pencernaan, karena dapat memperlambat proses pencernaan, nyeri di bagian perut, dan mual. Selain itu, air es dapat membekukan makanan dan tidak dapat membantu untuk menghancurkan lemak secara maksimal, sehingga menyebabkan perut kembung dan juga sembelit.

4. Memperlambat detak jantung

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Menurut sebuah penelitian, meminum air es terlalu sering bisa mempengaruhi saraf vagus, yaitu saraf dalam tubuh yang bertugas untuk mengontrol aktivitas bawah sadar tubuh seperti detak jantung. Air es bisa mempengaruhi kinerja saraf vagus ini sehingga membuat detak jantung menjadi lambat.

5. Meningkatkan berat badan

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Banyak orang beranggapan bahwa minum air tidak akan bisa membuat gemuk, karena air tidak mengandung kalori. Hal tersebut memang benar adanya, tetapi akan berbeda faktanya jika yang kita minum adalah air es atau air dingin. Minum air es bisa membuat berat badan kita menjadi meningkat lho.

Penyebab air es dapat meningkatkan berat badan yaitu karena air es dapat membekukan lemak yang ada pada peredaran darah sehingga membuat peredaran darah menjadi terhambat dan tidak lancar. Akibatnya, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga menyebabkan tubuh mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan yang berakibat kegemukan.

6. Mudah haus

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Tujuan utama dari minum air es adalah untuk menghilangkan rasa haus dan menyegarkan dahaga. Namun, pada faktanya minum air es justru akan membuatmu menjadi mudah haus lho, mengapa? Karena air es bisa menyempitkan pembuluh darah. Begitu juga dengan dehidrasi yang malah membuat aliran darah dan oksigen menjadi menurun, sehingga membuat kita akan selalu merasa haus meskipun telah meminum air es dengan jumlah yang banyak. Dengan meminum air es hanya akan memperburuk keadaan tubuh kita.

7. Memicu sakit kepala

Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Minum air es setelah makan dan berolahraga dapat membuat kepala kamu menjadi sakit lho, mengapa? Karena terjadinya pelebaran pembuluh darah di sekitar kepala yang disebabkan oleh perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba berubah setelah minum air es.

Itulah ulasan singkat tentang bahaya yang akan mengintaimu jika sering minum air es, lebih baik jangan terlalu sering meminum air es dan ganti dengan air mineral biasa agar kesehatan tetap terjaga.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Arifah
75
Lencana
Kongkow