Home » Kongkow » Tips & Trik » Ini Lho Tips Sehat Selama Liburan , Apa saja Sih?

Ini Lho Tips Sehat Selama Liburan , Apa saja Sih?

- Senin, 31 Desember 2018 | 17:00 WIB
Ini Lho Tips Sehat Selama Liburan , Apa saja Sih?

Berlibur bisa membuat kita lupa diri. Melakukan berbagai kegiatan wisata yang menyenangkan seringkali memicu kita untuk mengabaikan kesehatan badan. Padahal, kondisi badan yang sehat merupakan syarat utama untuk bisa menikmati liburan secara maksimal. Ingin tetap fit dan sehat selama liburan? Coba ikuti tips-tips di bawah ini.

1. Jaga Kebersihan

Kebersihan menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Badan tentu akan terasa kotor, lengket, dan berkeringat setelah melakukan berbagai kegiatan wisata, terutama yang bersifat outdoor seperti berenang, bersepeda, atau melakukan permainan outbound.Mandi akan membantu membersihkan tubuh dari bakteri, debu, dan keringat yang menempel selama berwisata. Selain itu, biasakan untuk mengganti pakaian yang sudah terkena keringat dan terasa lembab, khususnya pakaian dalam.

2. Pola Makan

Makan secara teratur menjadi hal yang sulit dilakukan selama bepergian. Biasanya, Anda akan melupakan urusan perut ketika sedang asyik memandangi indahnya lautan atau sejuknya udara pegunungan. Melupakan makan bisa menjadi hal yang fatal, terutama bagi Anda yang punya riwayat sakit maag. Usahakan makan secara teratur pada pagi, siang, dan sore hari. Selain itu, perhatikan pula menu makanan yang akan dikonsumsi.

3. Istirahat yang Cukup

Kegiatan-kegiatan selama liburan tentunya akan sangat menyita waktu istirahat Anda. Jika dilakukan secara terus-menerus, kegiatan tersebut bisa mengganggu kesehatan. Anda harus mengerti kondisi tubuh sendiri dan menentukan batasan kegiatan yang akan dilakukan selama berwisata. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh menjadi segar dan kembali siap melakukan berbagai aktivitas yang menguras tenaga.

4. Hindari Stres

Berlibur biasanya dilakukan untuk menghilangkan stres dan kepenatan setelah melakukan rutinitas harian. Saat berlibur, Anda sebaiknya tidak usah memikirkan pekerjaan atau masalah-masalah lain yang bisa memicu terjadinya stres. Nikmati saja keindahan atau pemandangan. Jika ingin menghilangkan stres, pilih tempat wisata yang tenang dan sepi tanpa banyak pengunjung.

5. Bawa Obat-obatan 

Siapkan obat dan taruh selalu obat dalam tas bawaan disertai salinan resep dari dokter/apotek. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu misal jantung, pastikan membawa obat terkait. Perhatikan jadwal minum obat meskipun sedang berlibur. Penting juga menyiapkan obat-obatan emergensi terutama bila liburan membawa anak-anak di bawah umur.

Liburan adalah saatnya istirahat dari pekerjaan, menyegarkan kembali pikiran dari stres. Namun, yang perlu diperhatikan liburan bukan berarti istirahat dari gaya hidup yang sehat.
 

Cari Artikel Lainnya