999 +
0
597
0
Nama - nama Malaikat Beserta Tugasnya
3 months 'ago'

Sebagai umat muslim, mengetahui nama nama malaikat dan tugasnya merupakan suatu hal yang wajib. Apakah kalian sudah mengetahuinya? Inilah 10 nama nama malaikat beserta tugasnya yang harus kamu ketahui. 
Rukun iman ke 2 adalah beriman kepada malaikat, 10 nama nama malaikat beserta tugasnya ini wajib diketahui oleh kita sebagai umat islam.

Malaikat adalah makhluk yang memiliki kekuatan dan tugas tugas yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah SWT.

Malaikat memiliki beberapa sifat dan karakteristik sendiri. Malaikat memiliki sifat yang berbeda dengan makhluk Allah lainnya seperti manusia, jin dan setan. Malaikat dibuat dari nur (cahaya).

Malaikat juga tidak memiliki hawa nafsu dan rasa lapar seperti jin dan manusia. Malaikat juga tidak tidur, tidak makan dan tidak minum.

Malaikat memiliki wujud yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia dan tidak seperti dengan yang banyak digambarkan dalam gambar gambar dan film film.


Malaikat jumlahnya sangat banyak, tapi ada 10 malaikat yang wajib diketahui dan diimani. Berikut pengertian dan nama nama Malaikat beserta tugasnya.

10 Nama-nama Malaikat Beserta Tugasnya, Pengertian dan Sifat

Sebagai umat islam, tentu istilah malaikat sudah tidak asing lagi di telinga kita kan?

Malaikat itu jumlahnya sangat banyak, namun ada 10 malaikat yang wajib untuk diketahui dan diimani. Di dalam artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian malaikat dalam islam, nama malaikat Allah dan tugas dari 10 malaikat tersebut.

 

Pengertian Malaikat

Secara etimologi “malaikat” (ملاءكة) merupakan jamak dari kata “malaka” (ملك)yang artinya adalah kekuatan, dan berasal dari masdar Al-alukah yang artinya Risalah atau Misi.

Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari An-Nur (cahaya), sebagai mana hadits Rosulullah yang artinya kurang lebih “telah diciptakan malaikat dari cahaya”.

Bagi seorang muslim wajib untuk beriman kepada malaikat, sebab beriman kepada malaikat merupakan bagian rukun iman yang kedua.

Beriman kepada malaikat disini maksudnya adalah dengan cara mengimani bahwa adanya malaikat, walau kita tidak dapat melihat malaikat sendiri, serta meyakini bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya.



Malaikat selalu menyembah Allah dan tidak pernah mempersekutukannya dan tunduk patuh terhadap semua perintah sang Khalik, sehingga para malaikat tidak pernah berbuat dosa.

Walaupun pada dasarnya manusia tidak mampu untuk melihat malaikat, akan tetapi dengan izin Allah jika Ia berkehendak, maka manusia akan bisa melihat malaikat, dan kejadian ini biasanya terjadi pada para Rosul dan Nabi Allah.

Meskipun para malaikat senantiasa taat dan selalu beribadah kepada Allah, sesungguhnya ibadah dari manusia dan jin lebih disukai oleh Allah Ta’ala.

Kenapa Allah lebih suka ibadahnya manusia dan jin dibanding malaikat? Sebab jin dan manusia ini bisa memilih dan menentukan pilihannya sendiri, berbeda halnya dengan malaikat yang tidak demikian.

Wujud para malaikat telah disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam Firmannya pada surat Fathir ayat 1 yang menyebutkan bahwa malaikat memiliki 2, 3, dan 4 sayap.

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


“ Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Selain dari ayat diatas, masih banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang malaikat. Kemudian banyak juga hadits-hadits dari Rasulullah Shalallah ‘Alaihi Wasalam yang menyebutkan tentang wujud Malaikat, dan salah satu haditsnya yang maknanya kurang lebih seperti ini:

“Jibril memiliki 600 sayap, Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-‘Arsy memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.”

Meski kita tidak bisa melihat malaikat kecuali dengan izin Allah, maka kita harus tetap mengimaninya. Wujud mereka tidak akan bertambah tua seperti manusia, malaikat akan tampak seperti pertama kali dia diciptakan oleh Allah Ta’ala.

 

Sifat Malaikat

Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT tanpa hawa nafsu, sehingga yang mereka tahu hanya ketaatan kepada Allah.

Dibawah ini merupakan sifat-sifat Malaikat yang disebutkan di dalam al-Quran dan hadits:

  1. Malaikat selalu patuh dengan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT dan tidak membantah perintah tersebut sama sekali.
  2. Malaikat tidak pernah melakukan apapun yang dilarang oleh Allah SWT.
  3. Malaikat selalu beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih, bersujud atau dengan apapun yang diperintahkan oleh-Nya.
  4. Malaikat tidak mempunyai sifat sombong atau berbangga sama sekali, meskipun mereka senantiasa beribadah kepada Allah hingga hari kiamat. Hal ini sangat berbeda dengan manusia yang terkadang memiliki perasaan ujub atau berbangga dengan amal ibadah yang telah dilakukan.
  5. Malaikat senantiasa memohonkan ampun kepada orang-orang beriman.
  6. Malaikat akan merasa bahagia saat ada seorang Muslim berhasil meraih lailatul qadar.
  7. Malaikat bisa berubah wujud menjadi manusia atau sesuai yang mereka kehendaki atas izin Allah.

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

Jumlah dari malaikat sangatlah banyak dan tidak ada yang tahu pasti tentang jumlah malaikat yang ada kecuali hanya Allah Ta’ala saja yang mengetahui jumlah mereka.

Namun ada 10 malaikat yang wajib kita ketahui yang mana mereka memiliki tugas masing masing yang berbeda, dan berikut ini nama nama malaikat beserta tugasnya:

1. Malaikat Jibril
Malaikat yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada Rasul-rasul Allah dan juga ditugaskan untuk meniupkan ruh pada setiap janin pada saat didalam kandungan Ibu.

“Dan tidaklah kami (jibril) turun, kecuali denga perintah Tuhanmu, Kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada dihadapan kita, apa-apa yang dibelakng kuta, dan apa-apa yang ada di antara keduany adan tidaklah Tuhanmu lupa”(QS Mawyam:64)

“(Dialah) yang Maha tinggi derajat- Nya, yang mempunyai Arsy, yang emngutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba Nya supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat).” (QS al Mukmin: 15)

2. Malaikat Mikail
Malaikat yang ditugaskan yang ditugaskan memberikan rizki kepada makhluk yang ada di dunia, serta malaikat Mikail juga yang bertugas mengatur hujan, angin, serta tanaman.

3. Malaikat Israfil
Malaikat yang ditugaskan unuk meniup sangkakala pada hari kiamat kelak.

4. Malaikat Izrail
Malaikat yang ditugaskan untuk mencabut seluruh makhluk hidup.

5. Malaikat Munkar
Malaikat Munkar dan Nakir ini memiliki tugas yang sama yaitu menanyai perkara manusia di alam kubur semasa hidupnya.

6. Malaikat Nakir
Tugasnya sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyai perkara manusia di alam kubur semasa hidupnya.

7. Malaikat Raqib
Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan baik manusia semasa di dunia.

8. Malaikat Atid
Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan buruk manusia semasa di dunia.
“Tiada satu ucapan pun pang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf: 18).

9. Malaikat Malik
Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Neraka Allah Ta’ala.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan kelmrgamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim: 6).

10. Malaikat Ridwan
Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Surga Allah Ta’ala.

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan “Inilah yangpernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah: 25).

Nah, itulah penjelasan tentang nama nama malaikat beserta tugasnya, tentulah kita sebagai muslim berkewajiban mempercayai keberadaan malaikat Allah sebagai tanda iman kita karena itu termasuk dalam pilar rukun iman kedua.

Demikian penjelasan mengenai nama nama malaikat beserta tugasnya sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga penjelasan di atas dapat menambah ilmu serta hafalan dan bermanfaat untuk kita semua.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow