999 +
0
128
0
7 Sifat Teladan yang Patut Kita Ditiru Dari Seekor Katak
6 months 'ago'

Katak adalah hewan amfibi pemakan serangga yang dapat hidup di dua alam, yakni di darat maupun di air tawar. Katak memiliki kulit yang licin. Pada umumnya berwarna hijau atau merah kecokelatan. 

Bagi sebagian orang, hewan ini terlihat menjijikkan. Namun, jika di perhatikan, hewan poikiloterm ini adalah hewan yang luar biasa. Meski tubuhnya mungil, katak menjadi suatu indikator apakah suatu lingkungan telah tercemar atau tidak. Katak juga memiliki filosofi tersendiri dalam kehidupan manusia. Ada beberapa sifat katak yang patut kita contoh agar hidup dapat lebih bermakna. 

1. Mudah beradaptasi

Seperti yang kita tahu, katak dapat hidup di dua alam. Ini menandakan bahwa katak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Manusia juga harus dapat beradaptasi dengan lingkungan dimana mereka tinggal agar dapat bertahan hidup

2. Selalu menatap ke depan

Katak tidak pernah melihat ke belakang. Ia selalu menatap ke depan dan terus melompat. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu bergerak maju dan pantang mundur. Apalagi kita sebagai kaum millenial, pemikiran harus ke depan. Jika ingin sukses, belajarlah dari hewan ini. Wujudkan impian untuk masa depan yang cerah.

3. Sabar dan berproses

Seekor katak melewati proses evolusi yang panjang mulai dari telur, berubah menjadi berudu dan tumbuh menjadi katak dewasa yang dimaknai sebagai proses yang sabar. Kita sebagai manusia juga harus senantiasa bersabar dan menikmati setiap proses dalam kehidupan.

4. Berani mengambil tindakan

Kita dapat membayangkan seekor katak yang akan melompat dari ketinggian untuk bisa sampai menuju teratai dengan selamat. Ini berarti, katak berani mengambil resiko terhadap apa yang dilakukannya. Artinya, jika ingin maju, seseorang harus berani mengambil tindakan seperti yang dilakukan katak.

5. Memiliki jiwa petualang

Pada dasarnya, katak adalah hewan penjelajah. Maka dari itu katak memiliki sifat petualang. Ia suka bertualang ke tempat-tempat baru. Dalam hidup, kita juga harus memiliki jiwa petualang agar kita dapat menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui.

6. Gesit dan lincah

Jelas kita lihat, katak memang sangat lincah melompat dari satu tempat ke tempat lain. Gesit menghindar jika dirinya merasa terancam. Pastinya kita tidak mau kalah dengan katak dong, kita juga harus gesit dan lincah dalam melewati setiap rintangan dalam hidup.

7. Periang

Katak ini hewan yang periang loh. Hal ini terbukti dengan nyanyian-nyanyian katak saat menanti datangnya hujan. Ia terus saja bernyanyi sampai hujan turun. Sama hal nya dengan manusia, harus riang serta gembira. Memiliki sifat periang memang sangat baik. Kita dapat menghibur orang lain dan membuat hidup lebih bahagia.

Nah, sudah tau kan kalau katak juga mengajarkan kita banyak hal. Sudah sepantasnya kita meneladani sifat-sifat katak tersebut. Intinya, teruslah melompat ke depan dan terus berjuang layaknya seekor katak.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow