0
193
0
12 Tanda Jika Kamu Punya Otak Cerdas
7 months 'ago'

Kecerdasan seseorang enggak cuma bisa diukur dari tingginya nilai pelajaran di sekolah atau dari nilai IQ-nya saja loh. Teryata ada banyak sekali tanda yang bisa menunjukan bahwa seseorang memiliki otak yang cerdas.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, semua tanda-tanda itu bisa dilihat dari kebiasaan dan sifat yang kita lakukan setiap hari. Enggak percaya? Mending kamu simak informasi berikut ini:

1. KIDAL

Buat yang selama ini mengalami kidal, enggak perlu berkecil hati. Sebab dari hasil penelitian, orang yang mengalami kidal memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari pada orang normal. Hal ini karena penggunaan tangan kiri mampu membuat kinerja otak lebih terstruktur.

Orang yang mengalami kidal, diperkirakan menggunakan kedua sisi otak untuk beraktivitas. Sementara orang yang menggunakan tangan kanan, hanya menggunakan satu bagian otak di sebelah kiri. Banyak orang-orang terkenal di dunia yang bertangan kidal, contohnya Leonardo da Vinci, Aristoteles, Mozart dan masih banyak lagi.

2. SERING KHAWATIR DENGAN HAL-HAL KECIL

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, orang yang sering merasa khawatir terhadap banyak hal cendrung memiliki kecerdasan tinggi. Selain itu, mereka adalah sosok yang dapat diandalkan untuk urusan pekerjaan.

3. SUKA BERCANDA

Siapa bilang orang yang suka bercanda itu tidak cerdas? Berdasarkan hasil studi uang dilakukan oleh ilmuan dari Univeristas New Mexico mengungkapkan, jika rasa humor yang dimiliki seseorang ternyata memperngaruhi kemampuan intelektual. Selain itu juga membuat otak dan sistem saraf lebih baik dan membuat otak lebih pintar.

4. SERING MERASA PENASARAN

Apakah kamu sering merasa penasaran dan ingin tahu akan hal-hal baru? Kalau iya, berarti kamu termasuk dalam golongan orang yang cerdas. Hal ini diungkapkan oleh seorang profesor bernama Tomas Chamorro-Premuzic dari Harvard Business Review. Menurutnya, anak-anak yang mendapat nilai tinggi dalam tes IQ adalah anak-anak yang memiliki rasa penasaran tinggi dan terbuka pada pengalaman baru.

5. MENDERITA INSOMNIA

Meski berdampak buruk bagi kesehatan, ternyata orang yang menderita insomnia memiliki tingkat kecerdasan otak lebih tinggi. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh majalah Personality and Individual Differences ditemukan fakta bahwa mayoritas orang pintar senang terbangun di malam hari untuk menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini karena pada saat malam hari, aktivitas otak sedang tinggi dan memudahkan seseorang untuk berpikir.

6. MUDAH TERPENGARUH HAL-HAL KECIL

Jika kamu sering merasa terpengaruh akan hal-hal kecil, kemungkinan kamu memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari pada orang lain. Sebab menurut sebuah studi, semakin sulit bagi seseorang untuk berkonsentrasi, semakin pintar orang tersebut. Hal ini karena orang tersebut sulit untuk mempertahankan aktivitas otak yang sangat tinggi.

7. SUKA BERJALAN

Ilmuan asal Amerika Serikat menemukan fakta bahwa orang yang suka berjalan kaki, memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan orang yang selalu menaiki kendaran. Maka dari itu, kalau kamu ingin cerdas usahakan selalu berjalan kaki setiap hari.

8. MERAGUKAN KEMAMPUAN

Dalam hasil penilitian yang dilakukan oleh Justin Kruger dan David Dunning, menyebutkan jika semakin cerdas seseorang semakin sering dia meragukan kemampuannya. Selain itu, orang yang memiliki kecerdasan tidak takut mengatakan 'tidak tahu' untuk hal yang baru ia temui. Namun saat mengetahui sesuatu, mereka bisa menemukan hal-hal yang unik dan kreatif.

9. MUDAH MENGENDALIKAN DIRI

Kamu punya sifat sabar dan mudah menekan amarah? Kalo iya, tandanya kamu memiliki kecerdasan otak yang tinggi. Hal ini karena orang cerdas mampu menekan emosi dan berpikir jernih Mereka juga terbiasa untuk memikirkan konsekuensi sebelum melakukan sesuatu.

10. SERING MENUNDA-NUNDA

Sebagian besar orang berpendapat jika kebiasaan menunda-nunda sesuatu adalah sikap yang harus dihindari. Namun sebagian profesor menganggap jika kebiasaan ini merupakan sebuah tanda dari kreativitas dan gagagsan bersar dari seseorang.

11. SERING TIDUR SIANG

Orang yang pintar cenderung memiliki kebiasaan tidur siang. Hal ini karena otak bekerja lebih intensif dan membuat seseorang menjadi cepat lelah. Untuk bisa memulihkan kinerja otak kembali, kamu harus tidur siang selama 20 menit.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow